Blog ini disponsori oleh :

Quotex Broker : Platform Investasi Cerdas Untuk Orang Cerdas 

Bisnis Sampingan Karyawan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama

Apakah bisa karyawan punya usaha sampingan? usaha sampingan karyawan merupakan satu usaha yang lumrah yang sebenarnya tidak dilarang oleh perusahaan, tetapi ingat tidak boleh mengganggu waktu kerja Anda. 

Yang tidak boleh dilakukan adalah Anda bekerja di perusahaan, kemudian Anda menjual produk-produk milik perusahaan untuk menguntungkan diri Anda sendiri.  Bahasa sederhananya, Anda mendirikan perusahaan di dalam perusahaan, itu yang tidak boleh dilakukan.

Lalu bagaimana saya bisa memiliki usaha sampingan jika saya masih full-time berada di sebuah perusahaan yang sifatnya profesional? prinsip dasar Anda yang ingin memiliki bisnis atau usaha sampingan, kalaupun Anda adalah karyawan;

  • Pertama, harus berjalan secara autopilot 
  • Kedua, harus simple
  • Ketiga, mudah dikontrol, 

Contoh Bisnis Sampingan Karyawan

Bisnis laundry

Bisnis Sampingan Karyawan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama


Saat ini banyak sekali laundry yang bisa dijalankan secara autopilot. Kalau Anda punya tempat,  investasi di mesin, kemudian merekrut karyawan, mengoperasikan laundry Anda, lalu Anda mempromosikan jasa laundry ini ke rumah-rumah sekitar tempat usaha Anda. Ketika bisnis laundry Anda semakin dikenal, maka orang-orang yang membutuhkan jasa laundry akan mendatangi tempat usaha Anda.

Bisnis jual pulsa elektrik 

jual pulsa elektrik

Pulsa elektrik adalah kebutuhan, sekolah di rumah harus online, bekerja di rumah online sehingga banyak sekali orang yang membutuhkan pulsa atau data yang bisa Anda jalankan secara autopilot. Anda tinggal mendaftar di server jual beli pulsa, melakukan deposit, maka bisnis jualan pulsa Anda bisa berjalan. 

Tidak hanya pulsa saja, ada beberapa layanan lain yang dapat ditransaksikan misalnya jualan token listrik PLN, bayar BPJS hingga bayar angsuran kredit motor pun bisa dilakukan.

Ada kasus yang cukup menarik dialami oleh saya pada masa saya masih menjadi karyawan dulu, waktu saya masih karyawan. Saya berusaha untuk mendapatkan uang sampingan dengan cara masak di rumah kemudian saya jual di tempat kerja. 

Caranya sederhana, 

Waktu itu saya membawa makanan, misalnya arem-arem, roti kukus, bolu kukus, kue sus, lemper lalu saya tinggalkan, saya berikan harga, lalu sediakan kotak pembayaran. Ketika ada orang yang makan,  silahkan masukkan uangnya di dalam kotak. Saya asumsikan semua orang yang makan memiliki kejujuran, dan yang menarik adalah saya bisa mendapatkan penghasilan ekstra dari menjual sarapan.

Jualan foto

jualan foto di shutterstock

Sebagai orang yang senang foto-foto, bisa jadi Anda bisa menjual foto anda di internet. Ada begitu banyak situs upload foto yang bisa Anda gunakan untuk memposting foto-foto Anda, dan kalau ada orang yang suka maka orang tersebut akan membeli foto Anda dan mengunduhnya, Anda akan mendapatkan pembayaran dari foto-foto yang laku terjual. 

Contoh website yang dapat Anda gunakan untuk menjual foto Anda yaitu shutterstock. Dan mudahnya lagi, shutterstock juga menyediakan aplikasinya di playstore. Anda dapat menginstallnya di ponsel Anda, dan mulai menjual koleksi foto Anda. Tentunya tidak sembarang foto, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, agar foto Anda dapat ditampilkan di shutterstock.

Menulis blog

Bisnis Sampingan Karyawan


Bagi Anda yang senang menulis, Anda bisa membuat blog. Anda bisa menceritakan kejadian-kejadian menarik atau bahkan kisah hidup anda di dalam blog tersebut. Blog tersebut dapat Anda daftarkan di google Adsense atau layanan penyedia iklan lainnya, misalkan MGID, Propeller Ads, Media.net maupun yang lain.

Dari penyedia iklan tersebut maka Anda akan mendapatkan penghasilan dari klik iklan yang dihasilkan pengunjung blog Anda, atau berapa kali iklan tersebut ditayangkan.

Anda juga dapat menjual slot banner di blog Anda. Seperti blog yang sedang Anda baca saat ini juga mendapatkan penghasilan rutin tiap bulan dari menyewakan slot banner, selain penghasilan dari google adsense tentunya.

Menjadi youtuber

Masih bicara tentang google adsense, selain melalui blog, Anda juga berkesempatan mendapatkan gajian dari google adsense melalui youtube. Tidak hanya google adsense, jika Anda memiliki banyak subscriber, Anda juga berpeluang untuk diendorse perusahaan tertentu untuk memasarkan produk mereka melalui channel youtube Anda. Atau mungkin Anda juga bisa dibayar karena ada yang ingin kolaborasi dengan Anda.

Dan jangan lupa kalau Anda punya channel yang bagus, Anda bisa menjual produk Anda sendiri di channel Anda. kuncinya dalam membangun bisnis adalah memulai tidak harus sempurna yang penting serius.

Semoga bermanfaat 


bisnis jalan langit

Dapatkan buku Buku Bisnis Jalan Langit karya Riza Zacharias | Bisnis Ala Rasulullah | Bisnis Jalan Langit, Garansi Uang Kembali -
Dengan membaca buku ini Anda akan dibawa ke berbagai tahap membangun bisnis dari sang pemilik Syaamil Grup, dari tangan pertama pendiri bisnis. Jatuh bangun, penderitaan, kebangkrutan, pengkhianatan, terlilit utang, semua hal yang pasti menjadi mimpi buruk para pebisnis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak