7 Ide Usaha Di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

Konten [Tampil]

Apakah anda seorang ibu rumah tangga? Ibu rumah tangga identik dengan pekerjaan rumah tangga, merawat anak dan ikut serta dalam perkumpulan ibu-ibu di lingkungan sekitar. Ibu rumah tangga cenderung mengerjakan hal tersebut dan tidak memiliki memiliki sumber pendapatan selain dari suami. Namun ibu rumah tangga sebenarnya juga bisa berwirausaha di tengah kesibukannya tersebut.

Banyak jenis-jenis usaha yang bisa dijadikan sumber pendapatan oleh ibu rumah tangga. Mulai dari usaha kuliner hingga usaha perkebunan. Namun usaha selalu memiliki hambatan dalam pelaksanaannya. Hambatan ini terkadang terasa lebih besar bagi ibu-ibu rumah tangga. Sehingga ibu rumah harus selektif dalam memilih jenis usaha. agar waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga dan merawat anak-anak tidak tersita. Berikut ini adalah 7 pekerjaan terbaik yang dapat dijadikan sumber pendapatan bagi ibu rumah tangga. Mari simak baik-baik penjelasannya sebagai berikut.


7 Ide Usaha Di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga


Bisnis sayuran hidroponik

Apakah anda pernah mendengar tentang bisnis ini? bisnis sayuran hidroponik sangat populer saat ini di tengah masyarakat modern. Sayuran hidroponik dapat ditanam di tempat-tempat dengan lahan sempit seperti di kota besar. Pengaturan tanaman hidroponik juga fleksibel. Bisa diatur secara horizontal ataupun vertikal, tergantung ruang yang tersedia di rumah anda. Anda dapat menanamnya di lahan sempit di samping rumah anda. atau anda dapat mengaturnya secara menggantung di dinidng belakang rumah.

Untuk memulai usaha ini, sebaiknya pastikan bahwa diri anda memiliki minat dalam hal merawat tanaman. Karena nantinya diri anda akan disibukkan dengan merawat sayuran-sayuran. Carilah informasi seputar sayuran hidroponik seperti sayuran apa saja yang bisa dihidroponikkan, peralatannya, resiko dan cara menanamnya. Proyeksikan dana yang dibutuhkan dan keuntungan yang akan didapatkan nantinya. Rencanakan juga tatanan kerangka hidropoik yang akan dibangun. Akan lebih baik bila anda mencari video terkait cara menanam  sayuran hidroponik di internet. karena penjelasan lewat video akan lebih jelas daripada penjelasan lewat kata-kata. `

Setelah anda merencanakan usaha ini dengan matang, anda mulai dapat membeli perlengkapan dan bahan-bahan yang diperlukan. Anda bisa mendapatkan peralatan hidroponik dengan mudah di kota anda, apalagi jika anda hidup di kota besar. Karena hidroponik sangat populer di kota besar. Jika anda ingin cara yang lebih mudah, anda bisa mencari penyedia perlengkapan hidroponik secara online. Biasanya toko online hidropnik akan menyediakan segala keperluan hidroponik mulai dari bibit hingga set paralon yang dibutuhkan.


Membuka toko online

Toko online merupakan usaha yang dapat dengan mudah dijalankan di rumah, apalagi bagi ibu rumah tangga. Apabila anda tidak ingin direpotkan dengan permasalahan pengiriman barang, anda dapat memilih sistem dropship. Dengan sistem ini supplier anda kan menangani segala kegiatan pengiriman barang, mulai dari stock barang, pembungkusan, hingga pengiriman ke alamat tujuan. Terlebih lagi, barang tersebut akan dikirim atas nama toko online anda. sangat mudah bukan?

Untuk memulai bisnis ini, pastikan anda termasuk individu yang familiar dengan penggunaan media sosial dan internet. karena bisnis ini akan melibatka banyak kegiatan di media sosial dan aktivitas internet. pastikan juga anda memiliki konektivitas internet yang tidak bermasalah. Anda bisa mengelola toko anda hanya dengan smartphone saja. Cukup praktis dan mudah dibawa kemanapun.


Agen pulsa, token listrik/ PPOB

Banyak rumah yang menggunakan sistem token listrik saat ini. kondisi ini dapat anda manfaatkan sebagai peluang usaha rumahan. Pengelolaannya pun cukup mudah. anda hanya tinggal menyediakan stock pulsa token yang mencukupi dan berpromosi ke tetangga sekitar.

Bisnis ini sangat mudah dan santai. Usaha ini sangat cocok untuk anda ibu rumah tangga dengan setumpuk kegiatan sosial. pengelolaannya yang mudah dan tidak menyita waktu akan memberikan keluasaan bagi anda menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yang lain. di samping itu, anda tidak perlu ke luar rumah untuk mengisi ulang token listrik anda sendiri.


Menerima jasa jahit

Jahit menjahit sangat identik dengan kaum wanita. Bagi anda para ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit, anda dapat menjadikannya sebagai sumber pemasukan pendapatan. Jasa jahit banyak dicari oleh orang-orang saat ini. enatah untuk menjahit seragam sekolah, seragam kerja maupun kebaya wisuda.

Sebelum anda memulai usaha ini, pastikan anda telah menguasai keterampilan menjahit yang baik. pasikan pula  anda memiliki mesin jahit yang tidak bermasalah. Jika anda memiliki mesin jahit yang bermasalah, sebaiknya anda mengeluarkan sedikit uang untuk berinvestasi pada mesin jahit berkualitas. Karena kinerja mesin akan sangat berpengaruh pada bisnis anda. hasil jahitan yag kurang baik dan waktu pengerjaan yang lama akan menuai komentar negatif dari pelanggan anda. jika hal ini terjadi, bisnis jahit anda tidak akan bertahan lama.


Catering

Jika anda seorang  ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan memasak, usaha ini cocok untuk anda. untuk memulai usaha ini, pastikan anda memiliki keterampilan memasak yang baik. anda juga dituntut  untuk dapat memasak dalam waktu cepat. akan lebih baik bila anda menyediakan paket  dengan harga bersaing. Pengelolaan catering sedikit rumit.karena anda dituntut untuk bisa mengantarkan makananke tempat yang diminta. Namun jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan menyewa kendaraan beserta sopirnya untuk mengangkut kesemua makanan tersebut. bisnis catering sangat menjanjikan dengan pasar yag ramai. Usahaini termasuk salah satu usaha yang palig mendatangkan keuntungan bagi ibu rumah tangga.


Rias pengantin

Rias pengantin merupakan salah satu usaha terbaik yang patut dicoba oleh ibu rumah tangga. Untuk memulai usaha ini, anda dituntut untuk memiliki skill merias yang tinggi. anda juga perlu mengeluarkan sejumlah modal untuk membeli gaun pernikahan dan dayangnya. Bisnis ini mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Pasar untuk usaha ini selalu ada, karena tertarik menjalankan bisnis ini namun tidak memiliki keterampilan merias, anda dapat mengikuti kursus. Pastikan kursus merias yang  anda ikuti memiliki ciri riasan yang bagus dan sesuai dengan tren pernikahan masa kini. Dengan mengikuti kursus selama beberapa bulan, anda dapat mulai membuka usaha rumahan yang menjanjikan ini.


Menerima pesanan kue ulang tahun

Usaha rumahan yang terakhir adalah menerima jasa pembuatan kue ulang tahun. Percaya atau tidak, bisnis ini mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Banyak ibu rumah tangga yang membuka jasa ini karena keuntungan dan aspek pengerjaannya yang tidak rumit. Usaha ini sesuai untuk anda ibu rumah tangga yang hobi membuat kue.

Anda perlu memiliki peralatan membuat kue lengkap, mulai dari mangkuk adonan, mixer hingga oven. Pastikan pula kue ulang tahun buatan anda memiliki rasa yang nikmat. Jangan pertaruhkan nama anda jika anda tidak mahir membuat kue ulag tahun. Anda dapat belajar membuat kue terlebih dahulu dengan mengambil kelas khusus atau secara otodidak. Kini telah banyak tutorial-turorial membuat kue di internet. anda hanya harus mencarinya dan berlatih dengan tekun hingga dapat menghasilkan kue yang berdaya jual tinggi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak