7 Kesalahan Dalam Melakukan Penjualan

Konten [Tampil]

Sebagai seorang network marketer selain mencari distributor baru sebagai tugas utama, ada satu tugas lain yang tidak kalah penting, yaitu menjual produk. Dengan menjual produk maka roda bisnis bisa terus berputar, karena jika proses itu tidak dilakukan maka barang akan banyak menumpuk dirumah, dan pada akhirnya secara perlahan bisnis anda juga akan terhenti. Mengapa seorang network marketer gagal dalam melakukan penjualan?

Salah satu kunci sukses di bisnis network marketing adalah kemampuan menjual dari distributor. Kenaikan omzet tidak hanya tertumpu pada dari rekrut member baru saja, melainkan dari proses repeat order yang di konsumsi sendiri dan dijual langsung ke konsumen. Cara-cara menjual ke konsumen bisa dengan cara langsung / offline atau dengan media internet atau online.

Untuk sukses menjadi penjual ada banyak hal yang harus anda pelajari, terutama kesalahan-kesalahan seorang penjual yang harus anda hindari sebagai berikut:

7 Kesalahan Dalam Melakukan Penjualan


Kurang menguasai produk

Kesalahan pertama, yaitu minimnya penguasaan tentang produk atau product knowledge nya kurang. Coba anda sadari jika anda kurang menguasai produk yang anda jual, bagaimana anda bisa menjelaskan manfaat produk anda kepada calon konsumen anda. Kandungan, cara konsumsi, karakter produk, testimoni konsumen, dan lain lain bisa anda jadikan bahan untuk menjelaskan secara detail keunggulan dari produk anda. Penjelasan tentang efek samping produk, refferensi dari pakar yang terkait dengan produk bisa juga menjadi faktor utama menambah keunggulan produk anda. Intinya bagaimana anda menghindari kesalahan ini, agar anda bisa mendapatkan konsumen yang yakin dengan produk anda. Bukti lain keyakinan konsumen anda adalah adanya repeat order.


Menyerang produk lain yang sejenis

Kesalahan kedua, yaitu menyerang produk lain yang sejenis. Jika anda memahami betul betul karakter produk anda maka kesalahan ini seharusnya tidak akan terjadi, karena dengan menyerang produk lain suatu ketika akan menjadi bomerang bagi anda sendiri, karena anda akan merasakan hal yang sama, diserang balik oleh kompetitor anda.  Dalam melakukan penjualan produk bisa dilakukan dengan cara kompetisi tanpa saling menyerang.


Banting harga

Kesalahan ketiga, yaitu melakukan banting harga atau cutting price. Proses cutting price secara perlahan akan membunuh bisnis anda sendiri, karena hal tersebut tentu akan dilakukan oleh distributor anda. Selain itu anda akan mematikan distributor anda yang baru gabung, bahkan yang paling buruk akan merusak hubungan antar distributor dalam bisnis anda.


Terlalu agresif mengejar konsumen

Kesalahan keempat, yaitu Mengejar-ngejar konsumen anda, Konsumen anda akan risih jika terus anda kejar-kejar dan justru tidak akan mau membelinya. Cukup jelaskan tentang produk anda, tidak perlu anda kejar sampai ada semacam keharusan membeli. Dengan informasi yang lengkap dan kebutuhan konsumen tentu akan melakukan pembelian dengan sendirinya. Tugas kita sebagai penjual adalah memberikan informasi manfaat produk kita.


Takut gagal

Kesalahan kelima, Takut gagal. Ketakutan akan gagal akan membawa kita kepada kegagalan yang sesungguhnya. Apa yang akan terjadi berawal dari apa yang kita pikirkan, jadi dalam hal apapun kita harus selalu optimis terhadap apa yang sudah kita lakukan.


Kaca mata kuda

Kesalahan keenam, yaitu Kaca Mata kuda, anda terus berjalan lurus kedepan tanpa menghiraukan pesaing. Apa yang dilakukan pesaing mesti harus kita lihat, agar kita terpacu untuk melakukan dan mencari cara cara baru yang lebih efektif dan evaluasi cara lama kita yang sudah tidak update.


Negative Thinking

Kesalahan ke tujuh, yaitu Negative Thinking, berfikir negatif akan selalu mengakibatkan hasil negatif. Contoh misal ada konsumen yang bertanya tanya tetapi anda sudah berfikir negatif, ah paling juga hanya bertanya tidak jadi beli, karena tampilan konsumen anda yang tidak meyakinkan, maka hasilnya akan betul, bahwak calon konsumen anda tersebut tidak jadi membeli. Kuncinya jangan under estimate terhadap siapapun agar anda juga akan dilakukan hal yang sama

Dan masih banyak lagi yang bisa anda hindarkan dari kesalahan-kesalahan proses menjual. Seiring dengan jam terbang anda maka akan bisa mengambil manfaat dari pengalaman anda sebagai penjual, Kuncinya selalu evaluasi terus apa yang telah anda lakukan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak