Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Cara memperluas jangkauan bisnis anda

Penjualan yang tinggi adalah impian setiap pebisnis. Tapi yang jadi masalah adalah jika toko yang dimiliki baru ada satu, maka sangat sulit untuk memperluas daya jangkau dari bisnis anda. Apalagi jika bisnis anda adalah bisnis dengan sistem tunggu bola, atau toko yang hanya menunggu calon konsumen untuk datang.

Cara memperluas jangkauan bisnis anda

Ada banyak cara memperluas jangkauan bisnis anda. Ada yang membutuhkan biaya kecil, besar, bahkan ada yang gratis. Dan setiap usaha memiliki perbedaan cara untuk memperluas daya jangkaunya, tergantung mana yang cocok.

Jika anda memiliki dana yang cukup besar anda bisa membangun atau membuat cabang di kota lain dengan merk yang sama, cara ini lumayan efektif karena bisa menguatkan brand anda, dan cara membangun cabang bisa menarik minat dari orang yang mau bergabung dengan bisnia anda, anda bisa membuat franchise untuk bisnia anda.

Jika anda memiliki dana yang relatif kecil untuk pengembangan bisnis anda, anda bisa mencoba untuk membuat bisnis anda menjadi online. Memang kekuatan branding di dunia online tidak sekuat dengan branding di dunia real. Tapi daya jangkau dari internet adalah UNLIMITED, atau tidak terbatas jadi anda bisa memasarkan produk anda ke seluruh Indonesia. 

Untuk mewujudkan daya jangkau yang Unlimited ini tentunya anda harus membuat website dengan sistem yang bisa 24 jam online, 24 jam layanan pelanggan dari perusahaan anda, sistem order dan billing yang terintegrasi di website anda, jadi bisnis anda bisa berjalan 24 jam, mahal? Kan saya sudah bilang ini buat yang memiliki dana yang relatif kecil, dan saran saya pilihlah webdeveloper yang mengerti marketing, karena hanya sedikit webdeveloper yang mengerti marketing.

Mau yang gratis? Tapi ya nggak gratis banget si, minimal ada telpon dan anda harus rajin-rajin datang  ke pameran, seminar dan silaturahmi dengan saudara, teman atau bahkan kenalan di mana saja. Penasaran? Freelance Salesperson!. Jangan mencoba untuk membuat sistem gaji pada salesperson anda, anda tau kan resikonya? Jualan belum tentu, cost dari perusahaan sudah keluar. 

Sistemnya gimana? Ya itu tadi banyak-banyak kenalan, silaturahmi, dan tawarkan untuk kerjasama bisnis dengan anda, jadi nanti anda tinggal kasih harga jual untuk dia dan terserah dia untuk jual berapa, karena setiap daerah memiliki nilai pasar yang berbeda-beda. Untuk awal-awal saya sarankan untuk pembelian cash baru anda kirim barang, kalau memang sudah terbukti berhasil baru anda bisa berikan sistem kirim baru bayar, atau bahkan bisa di hutang. Anda pernah dengar faktor kali? Inilah yang disebut faktor kali.

Nah, anda sudah belajar cara memperluas jangkauan bisnis anda, kalau masih tanya juga yang bagus yang mana? Tergantung uang anda!. Kalau mau modal kecil dengan efek yang luar biasa silahkan coba tips ke dua dan ketiga secara bersamaan, dan jangan lupa, selalu test dan ukur, untuk melihat dan mengevaluasi strategi bisnis anda.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak