Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

4 Poin Yang Mempengaruhi Nilai Pertanggungan Asuransi Mobil Anda

Asuransi mobil merupakan salah satu produk finansial yang sangat bermanfaat bagi anda para pemilik mobil, selain memberikan berbagai rasa ketenangan dan kenyamanan ketika berkendara, asuransi mobil juga dapat menghindarkan anda dari berbagai macam kerugian akibat insiden atau kecelakaan yang bisa saja menimpa mobil anda sewaktu - waktu.

Berbagai manfaat asuransi mobil ini dapat anda nikmati dengan membayarkan sejumlah uang perbulan atau pertahun nya kepada perusahaan penyedia layanan asuransi mobil yang anda percaya, biaya tersebut merupakan suatu hal yang disebut sebagai premi. Nantinya premi tersebut akan secara rutin anda bayarkan kepada perusahaan asuransi mobil tersebut dan sewaktu ketika anda mengalami sebuah musibah seperti insiden kecelakaan saat menggunakan mobil yang diasuransikan, perusahaan asuransi mobil anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk menanggung kerugian anda sebagai seorang nasabah asuransi, besaran uang inilah yang dinamakan biaya atau nilai pertanggungan asuransi anda.

Untuk nilai pertanggungan asuransi sendiri berbeda - beda karena dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, Faktor - faktor yang mempengaruhi nilai pertanggungan asuransi anda antara lain adalah :

layanan asuransi mobil


Besaran Premi Yang Dibayarkan Secara Rutin

Besaran premi yang dibebankan kepada setiap nasabah yang memiliki produk asuransi tertentu untuk setiap kendaraan yang diasuransikan biasanya akan berbeda - beda. Perbedaan besaran nilai premi ini akan berdampak juga pada manfaat dan nilai pertanggungan asuransi nya.

Seperti misalnya pada produk asuransi dari Garda Oto yang terdiri dari TLO dan comprehensive, biaya asuransi comprehensive atau yang sering juga disebut sebagai all risk biasanya lebih mahal akan tetapi manfaat dan perluasannya lebih banyak jika dibandingkan dengan TLO. Sehingga anda perlu menentukan jenis produk asuransi apa yang anda butuhkan serta bagaimana besaran maksimal  nilai pertanggungannya nanti.


Kondisi Fisik Kendaraan Saat Didaftarkan Asuransi

Kondisi kendaraan yang diasuransikan juga sangat mempengaruhi besaran nilai pertanggungan, hal ini dikarenakan meskipun kedua mobil memiliki tipe dan model yang sama, akan tetapi biaya premi yang dibayarkan dan nilai tanggungan maksimalnya bisa berbeda - beda tergantung apakah mobil tersebut merupakan mobil bekas atau baru.

Mobil bekas biasanya memiliki premi yang lebih mahal karena asumsi kalau kondisi mesin mobil bekas yang sudah sering dipakai sehingga lebih rentan untuk rusak dibandingkan mobil yang baru dibeli dari dealer.. Jika anda memiliki mobil dengan rentang umur dibawah 5 tahun, sebaiknya anda mengambil jenis asuransi all risk karena juga mengcover berbagai macam kerusakan kecil yang terjadi pada mobil anda, sedangkan untuk diatas 5 tahun disarankan menggunakan asuransi TLO karena cenderung rentan mengalami kerusakan besar.


Penggunaan Kendaraan Sehari - Hari

Cara seorang nasabah menggunakan kendaraan yang diasuransikan sehari - harinya juga dapat mempengaruhi nilai pertanggungannya. Kendaraan yang dipakai untuk pribadi jika dibandingkan kendaraan yang disewakan atau digunakan untuk melakukan aktivitas komersial tentunya akan sangat beda perlakuannya.

Untuk hal tersebut kebijakan asuransi yang dikeluarkan oleh perusahaan biasanya berbeda - beda antara satu sama lain. Sehingga anda perlu membaca ulang polis asuransi anda dan  mendiskusikan hal tersebut dengan perusahaan asuransi yang anda miliki.


Tahun Pembuatan dan Jenis Kendaraan Yang Diasuransikan

Jenis kendaraan juga sangat mempengaruhi besaran nilai pertanggungan asuransi nya karena resiko yang dapat muncul sewaktu pemakaian akan berbeda pula. Hal ini sangat wajar karena mobil yang diperuntukan untuk dipakai di jalanan perkotaan tidak bisa disamakan dengan mobil yang bisa dipakai menerjang jalanan berbatu.

Disamping itu tahun pembuatan kendaraan juga mempengaruhi nilai pertanggungannya karena semakin tua umur sebuah mobil maka risiko dan kecenderungan kerusakannya pun semakin tinggi pula. Perusahaan asuransi mobil sendiri pun biasanya menetapkan batasan umur mobil yang bisa diasuransikan

Apapun jenis asuransi yang akan pilih nantinya haruslah didasari dari analisis dan evaluasi kebutuhan serta kondisi keuangan anda. Pastikan produk asuransi tersebut memang cocok dan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Sehingga manfaat dari asuransi mobil tersebut akan bisa menjadi optimal dan menambah kenyamanan anda dalam berkendara.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak