Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

7 Tips Terbaik Untuk Mempermudah Anda Mendapatkan Pekerjaan

Mencari pekerjaan yang relevan dengan latar belakang pendidikan kita membutuhkan teknik dan strategi yang tepat, agar perusahaan calon pemberi kerja bisa melihat potensi kita secara maksimal.

Terlebih dengan adanya pandemi COVID-19, persaingan di dunia kerja menjadi semakin ketat dan kompetitif. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan, sementara di sisi lain, dunia kerja juga dibanjiri oleh lulusan fresh graduate setiap tahunnya.

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk meraih pekerjaan impian kita.  

Namun tak perlu cemas, dengan strategi yang tepat dan memaksimalkan potensi yang ada, kita bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi yang kita miliki.

Berikut ini merupakan tips untuk mempermudah Anda mendapatkan pekerjaan;

Tips Terbaik Untuk Mempermudah Anda Mendapatkan Pekerjaan


 1. Membangun Resume Anda

Memiliki resume yang sempurna akan membantu Anda tampil lebih menonjol di antara pencari kerja yang lain. Selain itu, resume kita juga akan lebih diperhatikan oleh pihak rekrutmen.

Kemampuan yang Anda cantumkan dan penggunaan kata-kata yang Anda soroti dalam resume harus sejalan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda mencantumkan hal-hal yang terlalu umum, akan menyulitkan pihak rekrutmen dalam memahami sejauh mana keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki, apakah cocok atau tidak dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar.

Anda dapat menambahkan berbagai proyek yang Anda tangani sebelumnya atau pengalaman berorganisasi di masa lalu, sebagai nilai tambah dalam resume Anda.

Tetapi, jika Anda seorang fresh graduate dan tidak memiliki pengalaman sebelumnya, Anda dapat menulis tentang pencapaian Anda selama menempuh pendidikan atau pengalaman berorganisasi lainnya sehingga membuat kesan yang lebih baik.

Untuk contoh-contoh resume dan panduan membuat resume yang lebih “menjual”, Anda bisa dapatkan detail lebih lanjut di situs ini. Ada banyak contoh resume dengan berbagai profesi yang bisa menjadi referensi Anda dalam membuat resume profesional.

 

2. Perbarui Keterampilan dan Pengalaman Anda

Jika Anda mencoba memasuki dunia kerja baru atau ingin merintis sebuah karir pekerjaan, maka Anda harus menambahkan pengalaman Anda dengan cara yang menarik. Uraikan semua pencapaian Anda di masa lalu, dan tonjolkan keterampilan Anda, termasuk keterampilan yang bersifat teknis maupun yang terkait dengan bidang pekerjaan  yang Anda lamar.

 

3. Jaringan/ networking

Kemampuan dalam berinteraksi sosial sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan.  Kita dapat menggali informasi dari jaringan pertemanan yang kita miliki.

Menghadiri seminar atau acara sosial akan membantu kita berinteraksi dengan orang baru dan memungkinkan kita mengembangkan kontak professional dengan mereka. Hal tersebut akan membuat kita terhubung dengan  orang-orang yang bekerja di organisasi atau perusahaan yang berbeda. Nah dari jaringan tersebut, Anda akan mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan impian Anda.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengunjungi kompas.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di berbagai bidang.

 

4. Identifikasi Tujuan Karir Anda

Untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih disukai adalah dengan mengidentifikasi karir yang Anda inginkan. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang melamar kerja untuk pertama kalinya atau untuk mereka yang ingin mengubah jalur karirnya.

Pastikan bahwa tujuan yang ingin Anda capai realistis. Ada baiknya jika Anda juga mendengarkan saran dari keluarga, teman, atau mentor Anda terkait karir yang hendak Anda capai.

Rencanakan dan atur diri Anda sebaik-baiknya, hal ini akan mempercepat seluruh proses pencarian kerja Anda.

 

5. Riset Tentang Perusahaan

Setelah mengidentifikasi tujuan karir Anda, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan riset tentang perusahaan yang Anda incar. Kumpulkan informasi tentang budaya kerja, kisaran gaji, tunjangan, layanan, dan sebagainya, yang akan membantu Anda di masa depan.

Dari hasil riset ini juga akan terlihat apakah Anda memenuhi syarat atau tidak, untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut.


6. Lamar Pekerjaan yang Diinginkan

Bergantung pada posisinya, pemberi kerja mungkin ingin mempekerjakan orang-orang memiliki motivasi, cepat belajar dan beradaptasi dan mampu  menjalani proses pelatihan di tempat kerja dengan baik.

Jika Anda ingin melamar bidang pekerjaan tertentu dan tidak memenuhi sebagian kualifikasi, tetapi Anda yakin bisa berhasil, lanjutkan langkah Anda untuk melamar dengan percaya diri. Hal ini akan membantu Anda dalam mempelajari hal-hal baru dan menjadi tambahan yang bagus untuk resume Anda.

 

7. Mempersiapkan Wawancara dengan Baik

Sebelum menghadiri wawancara, Anda dapat memoles keterampilan wawancara Anda dengan berlatih di depan keluarga, teman, atau bahkan cermin. Ini akan membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan diri Anda, dan membuat Anda merasa nyaman pada saat wawancara.

Bersiaplah untuk semua pertanyaan yang mungkin diajukan dan pastikan Anda memiliki jawaban untuk masing-masing pertanyaan.

Demikian 7 Tips Terbaik Untuk Mempermudah Anda Mendapatkan Pekerjaan yang dapat Anda terapkan.

Semoga bermanfaat


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak