Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

10 Ide dan Peluang Usaha yang Menguntungkan di Desa

Bukan hanya kota-kota besar tempat bisnis berkembang; desa ini memiliki segudang peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan.

Dengan adanya usaha kecil-kecilan yang menguntungkan di desa, Anda dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar tanpa harus menempuh perjalanan jauh untuk bekerja.

Ide Usaha Di Desa

Budidaya Lela Padat Tebar Sistem Bioflok
Budidaya Lela Padat Tebar Sistem Bioflok tidak membutuhkan area yang luas dengan hasil tetap maksimal. Photo: Ukmkreatif.com


Ada beberapa bisnis yang menguntungkan di desa yang dapat Anda coba untuk meningkatkan rekening bank Anda.


1.  Rumah Makan/ Restoran

Bisnis yang ingin menjual barangnya setiap hari bisa memilih warung makan sebagai pilihan yang menarik. Anda dapat membatasi jam kerja Anda pada pagi hari dan hanya menyajikan sarapan.

Orang-orang terlalu sibuk pada jam ini untuk menyiapkan sarapan di rumah atau pergi ke pasar. Selain itu, Anda dapat menawarkan kue basah atau jajanan pasar untuk mengubah menu restoran atau rumah makan Anda.

Biaya membuka warung makan di desa juga tidak terlalu mahal. Dalam kebanyakan kasus, Rp 3-4 juta cukup untuk membeli peralatan dan bahan baku yang diperlukan untuk menyiapkan makanan.


2. Agen Gas Elpiji 3 kilogram 

Menjual agen gas LPG 3 kg untuk desa setempat bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Untuk penjualan melon gas tidak sulit karena permintaan di masyarakat sangat tinggi. Modal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda. Anda dapat memulai bisnis penjualan tabung gas jika Anda memiliki uang untuk berinvestasi dengan menjadi sub-agen atau agen basis gas LPG jika Anda mampu menginvestasikan lebih banyak uang dalam bisnis ini.


3. Pertashop/ SPBU Mini 

Ada peningkatan permintaan untuk bisnis pompa mini, terutama di daerah pedesaan dengan beberapa pompa bensin. Alih-alih menggunakan corong dan botol, SPBU mini ini menjadi standar baru untuk penjualan bensin.

Permintaan bahan bakar harus meningkat dalam menanggapi peningkatan mobil di jalan. Di daerah pedesaan, pompa bensin seringkali sulit atau tidak mungkin. Menjalankan pompa bensin kecil tidak memerlukan pengetahuan atau kemampuan khusus. Jika ingin mempromosikan BBM bisa membuka SPBU mini binaan Pertamina, seperti Pertashop.


4. Peternakan Ayam

Peternakan ayam adalah salah satu bisnis yang paling umum di daerah pedesaan. Sumber protein hewani penting lainnya di Indonesia adalah daging ayam dan telur yang banyak dikonsumsi. Anda bisa memulai bisnis sendiri di lingkungan sekitar dengan beternak ayam. Memelihara ayam pedaging dan ayam petelur untuk daging dan telur dapat bermanfaat secara finansial. 

Pastikan ukuran petak sesuai dengan jumlah ayam yang akan dipelihara saat persiapan. Berinvestasi dengan menggunakan benih dan makanan berkualitas tinggi

Anda dapat menjual ke tetangga atau ke pasar tradisional, atau bergabung dengan organisasi lain untuk memasarkan produk Anda.


5. Budidaya Ikan Lele

Produksi sistematis ikan segar yang banyak dicari juga bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Budidaya ikan lele bukanlah bisnis baru di daerah tersebut. Namun, itu bisa sangat menguntungkan karena permintaan yang stabil dan potensi ekspor ke negara lain. Tempat terbaik untuk beternak lele dan ayam adalah di desa dengan lahan yang luas dan lingkungan yang cocok untuk beternak.


6. Produk UMKM yang disesuaikan dengan wilayah tertentu

Penjualan produk UKM lokal saat ini sedang menjadi tren yang populer dan menggiurkan di desa saat ini.  UKM di wilayah tersebut harus disurvei untuk mengetahui produk apa yang mereka hasilkan yang unik atau menyerupai oleh-oleh. Selain keripik kue dan makanan kering serta telur asin hanyalah beberapa contohnya. Meskipun ini adalah makanan khas daerah, Anda dapat memperbarui desain kemasannya agar lebih mudah dipasarkan.


7. Stand makanan 

Keberadaan warung sembako di pedesaan sangat penting dan kompetitif dalam menghadapi persaingan minimarket yang semakin ketat. Sungguh menakjubkan betapa banyak uang yang bisa dihasilkan dari bisnis kecil jika dijalankan dengan benar. Area, kualitas masakan, dan jumlah modal yang dibutuhkan untuk membuka warung makan atau toko kelontong adalah pertimbangan penting jika Anda ingin melihat kesuksesan bisnis Anda dengan cepat.


8. Bercocok tanam hidroponik.

Meskipun hidroponik adalah konsep baru untuk penduduk perkotaan, ini tidak menghalangi penggunaannya di daerah pedesaan. Dengan sebagian besar penduduk desa memiliki pengalaman bertani, bisnis hidroponik seperti ini dapat dikelola dengan mudah. Bisnis ini dapat menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi daripada pertanian lahan biasa jika Anda berdedikasi dan fokus menjalankannya.


9. pangkas rambut

Layanan barbershop adalah layanan sepanjang tahun, terlepas dari waktu sepanjang tahun. Siapa pun dapat menggunakan layanan ini kapan saja, tetapi ini sangat umum selama liburan dan akhir pekan. Jika ada bisnis lain seperti tempat pangkas rambut di sekitar, kemungkinan besar mereka akan berhasil. Untuk menjadi penata rambut yang sukses, Anda harus bisa memotong rambut dengan baik dan merawatnya dengan baik.  


10. Jasa jahit

Membuka jasa jahit tampaknya menjadi peluang bisnis yang sangat baik dengan risiko minimal dan biaya awal yang rendah. Jasa menjahit sangat diminati di desa ini terutama untuk pembuatan seragam sekolah dan pakaian lainnya untuk pengajian PKK, hajatan, dan acara lainnya.

Demikian 10 ide usaha yang dapat Anda pilih dan aplikasikan di desa. Salam sukses

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak