Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik?

Tidak ada yang suka berburu pekerjaan. Menjelajahi postingan pekerjaan online, mengirim resume dan mempersiapkan wawancara yang sulit bukanlah kegiatan yang menyenangkan. Menulis surat lamaran yang efektif bagi banyak orang adalah bagian tersulit dari prosesnya. 

Ada begitu banyak saran yang saling bertentangan sehingga sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Apakah Anda membutuhkannya, terutama jika Anda mengirimkan aplikasi lamaran kerja Anda secara online?

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik


Apa Kata Pakar

Jawabannya hampir selalu afirmatif. Jodi Glickman, pakar komunikasi dan penulis Great on the Job, menyarankan agar menyertakan surat lamaran bila memungkinkan saat mengirimkan aplikasi online. Ini adalah kesempatan terbaik Anda untuk menarik perhatian HRD dan terlihat menonjol dari dibandingkan kandidat pelamar kerja lainnya.

Dalam pasar kerja yang kompetitif, tampil menonjol sangat penting, namun, seperti yang diketahui oleh siapa pun yang pernah menulis surat lamaran, sulit untuk  membuat surat lamaran yang menonjol dengan baik. 

Berikut adalah beberapa petunjuk bermanfaat terkait penulisan surat lamaran yang baik;


Lakukan penelitian terlebih dahulu. 

Sebelum Anda mulai menulis surat lamaran, teliti perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Anda harus membaca deskripsi pekerjaan dengan cermat, tetapi Anda juga harus memeriksa situs web perusahaan, feed Twitter para eksekutifnya, dan profil karyawan perusahaan tersebut di LinkedIn. 

Penelitian ini akan membantu Anda dalam mempersonalisasi surat lamaran Anda, karena Anda harus menghindari membuat surat lamaran yang terlalu umum. Selain itu, meneliti perusahaan yang akan dilamar juga akan membantu Anda menentukan format surat lamaran yang sesuai. 

Glickman menyarankan, "Pikirkan tentang budaya organisasi yang Anda lamar." "Jika itu adalah agensi kreatif, seperti studio desain, Anda mungkin mengambil lebih banyak risiko, tetapi jika itu adalah organisasi yang lebih konservatif, seperti bank, Anda mungkin lebih berhati-hati."

Sebelum menulis surat lamaran Anda, Lees menyarankan untuk menghubungi HRD atau orang lain yang Anda kenal di perusahaan, jika memungkinkan. Anda dapat mengirim email atau pesan LinkedIn "mengajukan pertanyaan cerdas tentang posisi yang dibutuhkan."  

Anda dapat mengatakan, "Terima kasih atas percakapan informatif minggu lalu" atau "Saya baru-baru ini berbicara dengan si anu di perusahaan Anda." Jelas, tidak selalu mungkin untuk menghubungi seseorang, dan mungkin tidak ada tanggapan. Tidak apa-apa. Namun cara ini tetap layak untuk dicoba.


Fokus pada masa depan. 

Menurut Glickman, sementara resume Anda dimaksudkan untuk melihat kembali pengalaman Anda dan di mana Anda berada, surat lamaran Anda harus fokus pada masa depan dan apa yang ingin Anda lakukan. 

"Akan sangat membantu untuk melihatnya sebagai jembatan antara masa lalu dan masa depan, menjelaskan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya dan mengapa." 

Karena pandemi, ada sedikit harapan bahwa Anda akan melamar posisi yang pernah Anda pegang sebelumnya. 

"Jutaan orang secara sukarela atau tidak sengaja mengubah karier dan harus berputar dan memikirkan kembali bagaimana keahlian mereka terkait dengan peran atau industri yang berbeda," kata Glickman. 

Anda dapat menggunakan surat lamaran Anda untuk menjelaskan transisi karir Anda, misalnya, dari perhotelan ke pemasaran. Anggap ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan keterampilan Anda.

"Kebanyakan orang memulai surat lamaran mereka dengan, 'Saya melamar pekerjaan X yang saya lihat di lokasi Y,'" "Itu sia-sia," kata Lees. Sebaliknya, mulailah dengan kalimat yang kuat. "Mulailah dengan penentu: mengapa pekerjaan ini menggairahkan Anda dan apa yang dapat Anda tawarkan," saran Glickman. 

Misalnya, Anda dapat menulis, "Saya seorang profesional penggalangan dana lingkungan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun mencari kesempatan untuk menerapkan keterampilan saya dengan cara baru. Saya ingin membawa keahlian dan antusiasme saya ke tim Anda ."

Kemudian, Anda dapat memasukkan satu atau dua kalimat tentang latar belakang dan pengalaman yang relevan, tetapi hindari mengulangi resume Anda.

Anda harus menarik perhatian HRD, tapi hindari mencoba untuk menjadi lucu. "Humor sering kali gagal atau terdengar sombong," kata Lees. 

Hindari juga ekspresi klise. "Katakan sesuatu yang langsung dan menarik, seperti, 'Izinkan saya menyoroti dua alasan mengapa saya bisa menjadi nilai tambah yang bagus untuk tim Anda.'"

Sebutkan dalam satu atau dua kalimat pertama jika Anda memiliki hubungan pribadi dengan perusahaan atau karyawan di sana. Dan selalu tujukan surat Anda langsung kepada penerimanya. .


Tekankan nilai pribadi Anda. 

HRD mencari kandidat yang dapat membantu mereka dalam pemecahan masalah. Dengan menggunakan penelitian Anda sebelumnya, tunjukkan bahwa Anda memahami misi perusahaan dan beberapa tantangannya. 

Hal Ini tidak perlu spesifik, tetapi Anda dapat menyebutkan bagaimana pandemi telah memengaruhi industri. Kemudian, jelaskan bagaimana pengalaman Anda telah Anda persiapkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut; misalnya, jelaskan bagaimana Anda sebelumnya telah menyelesaikan masalah serupa atau berbagi pencapaian yang relevan. Anda harus memberikan bukti kualitas unik Anda.

Kemampuan beradaptasi dan kemampuan untuk belajar dengan cepat adalah dua keterampilan yang relevan dengan hampir semua pekerjaan saat ini, menurut Lees. Sertakan contoh singkat yang menunjukkan keterampilan ini jika Anda memilikinya. Misalnya, jika Anda membantu tim Anda dengan transisi ke pekerjaan jarak jauh, jelaskan bagaimana Anda melakukannya dan keterampilan apa yang Anda gunakan.


Ekspresikan antusiasme Anda

Anda harus dapat menjelaskan mengapa Anda menginginkan posisi tersebut.   

"Sebagian besar surat lamaran yang saya lihat terlalu panjang," kata Lees. "Itu harus cukup singkat untuk dibaca dalam sekali pandang." 

Anda harus menutupi banyak hal, tetapi Anda harus melakukannya dengan singkat. Di sinilah akan terasa manfaat memiliki teman, mantan rekan kerja, atau mentor untuk meninjau surat lamaran kerja Anda. Mintalah mereka membacanya dan mengidentifikasi tempat-tempat di mana Anda dapat melakukan pemotongan, untuk kemudian mendapatkan umpan balik. 

Pada saat ini banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem aplikasi online, dan tidak mengizinkan surat lamaran konvensional yang diketik manual di atas selembar kertas. Anda mungkin dapat menemukan cara untuk memasukkan surat lamaran dalam dokumen yang sama dengan resume Anda, tetapi itu tidak dijamin, terutama karena beberapa sistem hanya mengizinkan data untuk dimasukkan dalam kotak tertentu. Gunakan format yang disediakan untuk menunjukkan bakat dan minat Anda untuk posisi tersebut.


Lakukan:

  • Sampaikan alasan kuat yang menjelaskan mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu dan apa yang dapat Anda tawarkan.
  • Singkat dan jelas - HRD harus dapat membaca surat Anda secara sekilas..
  • Bagikan kesuksesan yang menunjukkan kemampuan Anda untuk mengatasi tantangan pemberi kerja.


Jangan lakukan:

  • Mencoba untuk melucu walaupun pada akhirnya terasa datar leluconnya. 
  • Jangan mengirim surat lamaran kerja yang terlalu umum; sebagai gantinya, sesuaikan surat lamaran kerja dengan posisi tertentu.
  • Berlebihan dengan sanjungan — jadilah profesional dan dewasa.; bersikaplah dengan dewasa dan profesional.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak