Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Elemen Kerja Sama Tim di Tempat Kerja

Anda telah melakukan banyak pekerjaan untuk menemukan orang-orang terbaik untuk dipekerjakan. Anda telah membantu orang tersebuut tumbuh,  memberi contoh, dan bekerja keras untuk membangun budaya perusahaan yang baik. Anda melakukan semua ini karena Anda tahu bahwa mengerahkan upaya ke dalam tim Anda akan membantu bisnis Anda. Lihat tim Anda untuk melihat apakah mereka bekerja bersama dan di mana Anda dapat menambahkan aktivitas membangun tim untuk membuatnya lebih baik.

Elemen Kerja Sama Tim


Komunikasi Terbuka dan Saling Menghormati

Komunikasi yang terbuka dan sopan adalah bagian penting dari sebuah tim untuk bisa bekerja dengan baik. Dalam lingkungan tim yang baik, orang berbicara satu sama lain tentang ide, pendapat, dan bahkan masalah tanpa ego atau kritik. Tim tahu bahwa informasi perlu dibagikan dalam organisasi untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.

Seorang pemimpin dapat melihat ini dengan cara yang sederhana, seperti saat rekan kerja langsung saling memberi tahu saat jadwal atau ketersediaan mereka berubah. Lebih jelas lagi ketika orang-orang bekerja sama dan menghasilkan ide-ide. Rekan kerja saling mendengarkan dan menghormati ide-ide unik dan berbeda satu sama lain, menunggu dengan sabar giliran mereka, dan berkontribusi dengan pengetahuan bahwa ide-ide mereka dihargai.


Resolusi Konflik yang Efektif

Masalah dan dinamika perubahan adalah hal yang normal dalam berbisnis. Jika seseorang dalam tim mengetahui adanya masalah dengan klien, mereka harus berbicara dengan cara yang baik dan menjelaskan situasinya dengan jelas. Ini akan mencegah masalah menjadi lebih buruk. Ketika ada konflik, tidak ada karyawan yang merasa harus menyelesaikan masalah sendiri. Tim ada untuk membantu memecahkan masalah secepat mungkin dengan pengalaman dan pengetahuan mereka.

Ada kemungkinan bahwa masalah pelanggan bukan dengan bagian penjualan tetapi dengan layanan pelanggan. Sebuah tim yang baik tidak akan saling menyalahkan, sebaliknya, mereka memperlakukan setiap masalah sebagai masalah tim dan bekerja sama untuk menyelesaikannya.


Peran yang Ditetapkan dan Tindakan yang Bertanggung Jawab

Memiliki peran yang jelas dalam tim adalah bagian penting dalam sebuah kelompok. Di lapangan, setiap pemain dalam tim bola basket memiliki tugas dan tempat untuk berdiri. Pemain tahu apa yang harus mereka lakukan dan tidak hanya terburu-buru mengejar bola. Dalam pengaturan kantor, itu sama. Agar ada kerja sama tim yang baik, manajer harus meluangkan waktu untuk menjelaskan peran setiap karyawan dan bagaimana tim bekerja secara keseluruhan.

Tidak hanya masalah siapa menjawab siapa. Ini tentang bagaimana departemen penjualan dan penagihan bekerja sama, atau mengapa layanan pelanggan perlu mengetahui bagaimana pusat pemenuhan mengatur pesanan. Semua orang di tim tahu apa pekerjaan mereka dan bagaimana itu cocok dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan. Ketika ini terjadi, orang-orang mengambil alih peran dan tanggung jawab mereka dalam pekerjaan.


Saling Mendukung Satu Sama Lain

Ketika Anda bekerja sebagai sebuah tim, Anda tidak akan menyusahkan orang di sebelah Anda. Salah satu bagian terpenting dari bekerja sebagai tim adalah saling membantu menjadi lebih baik, karena ketika satu orang melakukannya dengan baik, semua orang semakin dekat untuk melakukannya dengan baik. Jika satu orang mengalami masalah, itu dapat menjatuhkan anggota tim lainnya. 

Dorongan mencakup hal-hal seperti merayakan keberhasilan, membantu orang yang mengalami kesulitan, dan menjaga satu sama lain di jalur untuk mencapai tujuan.

Misalnya, anggota tim dengan lebih banyak pengalaman mungkin memperhatikan bahwa pekerja baru mengalami kesulitan menerima pesanan dengan cepat dan benar. Hal ini akan mengakibatkan in-efisiensi sehingga pelanggan menjadi marah, dan akan lebih banyak orang yang harus melakukan lebih banyak pekerjaan untuk memperbaiki kesalahan. 

Alih-alih mengkritik orang tersebut karena membuat kesulitan bagi semua orang, anggota senior tim dapat menawarkan bantuan dan meninjau prosesnya. Ini akan membantu semua orang di tim agar dapat melakukannya dengan baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak