Apa Itu Hotspot? - Definisi dan Detail Informasi Tentang Hotspot WiFi

Konten [Tampil]

Pelajari tentang hotspot, termasuk cara menggunakannya dengan aman untuk mendapatkan akses Internet ke perangkat seluler Anda melalui Wi-Fi1.

Hotspot—apa itu, di mana mereka, dan bagaimana Anda bisa terhubung dengannya sambil melindungi privasi dan keamanan Anda?

Jika Anda pernah mencoba menjawab email atau menjelajahi Internet dari perangkat seluler Anda di tempat umum—atau bahkan di kantor atau rumah Anda—kemungkinan Anda terhubung ke hotspot Wi-Fi. Tidak hanya koneksi ini sangat nyaman, Anda juga tidak perlu menggunakan data ponsel cerdas Anda. Tidak mengherankan, hotspot menjadi bagian penting dari infrastruktur publik—dan pengalaman Internet kita.

Jutaan orang setiap hari terhubung ke hotspot publik untuk kebutuhan data mereka. Menurut beberapa perkiraan, ada hampir 200 juta titik api di seluruh dunia, dan akan ada satu titik api untuk setiap 20 orang di bumi pada tahun 2018. Berkat gaya hidup digital modern kita yang selalu aktif, orang berharap untuk selalu terhubung, dan Wi- Titik akses Fi diperluas ke jaringan hotspot global untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apa itu hotspot


Terminologi

Sebelum kita menyelami cara menghubungkan ke hotspot dan masalah keamanan terkait, mari kita definisikan apa yang kita maksud. Sementara beberapa orang menggunakan istilah "hotspot" dan "hotspot seluler" secara bergantian, mereka memiliki arti yang berbeda.

Hotspot: 

Hotspot adalah lokasi fisik di mana orang dapat mengakses Internet, biasanya menggunakan Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dengan router yang terhubung ke penyedia layanan Internet. Kebanyakan orang menyebut lokasi ini sebagai "hotspot Wi-Fi" atau "koneksi Wi-Fi". Sederhananya, hotspot adalah tempat fisik di mana pengguna dapat menghubungkan perangkat seluler mereka secara nirkabel, seperti smartphone dan tablet, ke Internet.

Hotspot bisa di lokasi pribadi atau publik, seperti di kedai kopi, hotel, bandara, atau bahkan pesawat terbang. Sementara banyak hotspot publik menawarkan akses nirkabel gratis di jaringan terbuka, yang lain memerlukan pembayaran. Nanti di artikel Anda akan mempelajari cara menghubungkan perangkat seluler ke hotspot Wi-Fi.

Hotspot seluler: 

Hotspot seluler (terkadang disebut hotspot portabel) adalah hotspot yang hanya itu—seluler! Sementara hotspot Wi-Fi "biasa" terikat ke lokasi fisik, Anda dapat membuat hotspot seluler dengan menggunakan koneksi data ponsel cerdas Anda untuk menghubungkan laptop Anda ke Internet. Proses ini disebut "penambatan." Lebih lanjut tentang proses ini nanti.

Anda juga harus mengetahui istilah-istilah ini ketika Anda berbicara tentang hotspot Wi-Fi.

Titik akses (titik akses nirkabel): Titik akses nirkabel (WAP) adalah perangkat jaringan yang memungkinkan perangkat yang mendukung Wi-Fi untuk terhubung ke jaringan kabel. WAP dapat dihubungkan secara fisik ke router atau diintegrasikan ke dalam router itu sendiri. WAP bukanlah hotspot, yang merupakan lokasi fisik tempat akses Wi-Fi ke WLAN tersedia.


Wi-Fi: 

Wi-Fi adalah teknologi yang memungkinkan ponsel cerdas atau komputer Anda mengakses Internet melalui koneksi nirkabel. Ini menggunakan sinyal radio untuk mengirim dan menerima data antara perangkat Anda yang diaktifkan dan WAP.


SSID: 

Pengidentifikasi set layanan (lebih dikenal sebagai SSID) adalah nama unik dari jaringan nirkabel. Anda harus mengetahui nama jaringan nirkabel untuk menyambungkannya. Komputer atau ponsel cerdas Anda dapat mencari jaringan nirkabel yang tersedia; sering kali orang memberi nama jaringan mereka untuk memudahkan identifikasi—mulai dari “ponsel Bob” hingga “tamu hotel” hingga “Turunkan LAN saya.”

Sekarang setelah Anda memahami beberapa istilah yang terkait dengan hotspot, mari pelajari cara menghubungkannya.


Cara Menghubungkan ke Hotspot Wi-Fi

Anda mungkin menghubungkan ponsel cerdas atau laptop ke Internet melalui beberapa hotspot Wi-Fi sepanjang hari, baik di kantor, di rumah, atau di lokasi umum seperti kedai kopi dan bandara. Menggunakan hotspot adalah cara mudah untuk tetap terhubung dengan kesibukan Anda.

  • Menghubungkan ke hotspot nirkabel adalah proses yang sederhana. Mari kita gunakan smartphone Anda sebagai contoh. Anda ingin menjawab email di bandara sambil menunggu penerbangan Anda, dan Anda tidak ingin menggunakan data Anda. Anda dapat mengatur ponsel cerdas Anda untuk memberi tahu Anda saat berada dalam jangkauan jaringan nirkabel, atau Anda dapat menemukan jaringan nirkabel melalui pengaturan ponsel Anda. Langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menyambung ke hotspot Wi-Fi akan bergantung pada perangkat—Android*, iPhone*, atau merek lain—namun berikut adalah ikhtisarnya.
  • Klik ikon nirkabel pada perangkat Anda untuk melihat nama jaringan nirkabel terdekat. Pilih jaringan nirkabel; dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga harus mengeklik “Hubungkan”.
  • Masukkan kunci keamanan atau kata sandi. Sebagian besar jaringan nirkabel diamankan dan memerlukan kata sandi untuk menerima koneksi. Beberapa jaringan tidak aman atau terbuka dan tidak memerlukan kata sandi; Anda harus berhati-hati saat mengaksesnya karena dapat menimbulkan risiko keamanan.
    Pilih jenis jaringan (rumah, kantor, atau publik, jika Anda menggunakan perangkat Windows*). Memilih jenis jaringan akan menetapkan tingkat keamanan yang sesuai untuk lokasi Anda. Jika Anda memilih "rumah" atau "kantor", perangkat Anda akan dapat ditemukan oleh perangkat lain. Pastikan untuk memilih "publik" jika Anda berada di lokasi publik seperti kedai kopi, hotel, restoran, bandara, dan lokasi serupa lainnya.

Voila! Anda akan online dalam sekejap.


Tergantung di mana Anda berada dan jenis hotspot di dekat Anda, Anda mungkin berada di jaringan nirkabel terbuka dan tidak aman atau jaringan nirkabel berbayar/komersial. Anda mungkin diminta untuk mendaftar akun atau menggunakan layanan berbayar seperti Boingo* atau iPass*, yang menawarkan berbagai paket akses Wi-Fi tergantung pada berapa lama Anda berencana menggunakan Internet.

Namun, katakanlah Anda tidak dapat menemukan hotspot Wi-Fi di dekat Anda. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai hotspot portabel.


Menggunakan Ponsel Cerdas Anda sebagai Hotspot Seluler

Jika Anda berada di lokasi yang tidak memiliki hotspot dan ingin menghubungkan laptop ke Internet, Anda dapat menggunakan ponsel sebagai hotspot Wi-Fi seluler melalui proses yang disebut "penambatan". Ini memungkinkan laptop Anda untuk mengakses Internet dan berbagi koneksi data ponsel cerdas Anda.

Meskipun langkah-langkah pengaturan bervariasi tergantung pada ponsel cerdas dan penyedia layanan Internet Anda, Anda biasanya dapat menemukan petunjuk di menu Pengaturan atau Kelola Koneksi telepon Anda. Demi keamanan, pastikan Anda menggunakan kata sandi Wi-Fi sehingga pengguna Internet di sekitar tidak dapat mengakses ponsel atau laptop Anda. Perlu diketahui juga bahwa menambatkan laptop ke ponsel Anda akan menggunakan kuota data ponsel Anda; jadi pastikan untuk mengawasi penggunaan Anda untuk menghindari biaya lebihan.

Sekarang setelah Anda terhubung, itu saja, bukan? Yah, tidak persis. Anda harus menyadari bahwa saat menggunakan hotspot Wi-Fi adalah cara yang nyaman untuk tetap terhubung dengan pekerjaan, keluarga, dan teman. Konektivitas hotspot juga menghadirkan beberapa risiko keamanan.


Keamanan Hotspot

Salah satu risiko terhubung ke Internet adalah bahwa teknologi yang membantu kita mengikuti pekerjaan dan kehidupan pribadi kita dapat rentan terhadap peretas dan pencuri identitas.

Saat mencari hotspot Wi-Fi publik, pastikan untuk menghubungkan ponsel cerdas atau laptop Anda hanya ke penyedia terkemuka—misalnya, jaringan nirkabel hotel atau kedai kopi. Berhati-hatilah saat menghubungkan ke hotspot yang memiliki salah eja seperti Bongo, bukan Boingo, karena peretas terkadang menggunakan nama yang tampaknya tidak bersalah ini untuk memikat pengguna sibuk yang tidak memperhatikan dengan seksama.

Peretas juga dapat menyebarkan malware (perangkat lunak yang dapat merusak atau menonaktifkan komputer Anda) melalui koneksi Wi-Fi yang tidak aman, terutama jika Anda menggunakan program berbagi file melalui jaringan yang sama.


Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

Jika Anda memiliki masalah keamanan tentang penggunaan hotspot Wi-Fi publik, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat jaringan pribadi virtual (VPN), yang memungkinkan Anda untuk menggunakan ke Internet melalui koneksi terenkripsi. Meskipun ini dapat mencegah peretas karena data Anda dienkripsi, perlu diketahui bahwa ini akan memperlambat akses Internet Anda karena kekuatan pemrosesan yang diperlukan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data yang Anda kirimkan.


Penggunaan VPN

Jika Anda tertarik menggunakan VPN untuk melindungi diri Anda saat online:

  • Investasikan dalam layanan bulanan. Ini adalah salah satu solusi yang paling umum digunakan. Pastikan untuk melakukan riset sebelum Anda membeli.
  • Pertimbangkan untuk membeli router yang mendukung VPN. Ada beberapa model di pasaran yang memudahkan pengaturan VPN Anda sendiri.

Dengan lebih dari 9 miliar perangkat seluler berkemampuan Wi-Fi yang diperkirakan akan digunakan pada akhir tahun, pentingnya hotspot dan Wi-Fi dalam kehidupan kita benar-benar tidak dapat dilebih-lebihkan.


Read Original Article here:
What Is a Hotspot? - WiFi Hotspot Definitions and Details

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak