Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Punya Komputer Baru? Pelajari Cara Memindah File Antar Komputer, Mudah Kok

Mentransfer file dari satu komputer ke komputer lain dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa kehilangan data.

Tidak ada yang lebih menarik daripada membeli komputer baru yang kuat yang memungkinkan Anda melakukan banyak pekerjaan, meluncurkan program baru, dan bermain game dengan kecepatan sangat tinggi. Namun, tidak ada yang lebih menakutkan selain Anda harus mentransfer semua musik, foto, dokumen, dan hal-hal lain dari komputer lama ke komputer baru.

Anda tidak perlu mengemis atau menyuap teman Anda untuk membantu Anda saat ingin memindahkan data Anda di komputer lama. Ada banyak metode untuk berbagi file dan mentransfer program dari komputer lama ke komputer baru sambil menjaga keamanan data Anda.


cara memindah file antar komputer


Metode Do-It-Yourself: Mentransfer File Secara Manual

Memindahkan file Anda secara manual adalah salah satu cara paling sederhana untuk mentransfernya ke komputer baru Anda jika Anda adalah tipe orang yang aktif. Ada beberapa cara untuk mencapai ini.

Colokkan komputer lama Anda ke flash drive USB atau hard drive eksternal, yang harganya bisa bervariasi tergantung pada jumlah penyimpanan, kecepatan, dan fungsionalitas yang Anda butuhkan. Cukup salin data Anda ke drive eksternal, keluarkan, sambungkan ke komputer baru Anda, lalu balikkan proses untuk memuat konten ke dalamnya. Beberapa komputer menawarkan port eSATA yang dibuat khusus untuk hard drive eksternal dan mentransfer data lebih cepat daripada port USB.

Jika Anda tidak ingin membeli hard drive eksternal, Anda juga dapat mentransfer dan menyimpan file Anda di awan menggunakan layanan penyimpanan berbasis Internet seperti Microsoft OneDrive*, Google Drive*, atau Dropbox*. Sekali lagi, cukup seret dan jatuhkan file Anda dari komputer lama ke layanan cloud, lalu ke mesin baru Anda. Biasanya, layanan ini gratis untuk jumlah penyimpanan tertentu dan kemudian membebankan biaya bulanan saat kebutuhan penyimpanan Anda bertambah.


Gunakan Kabel  Data Transfer untuk Meningkatkan Efisiensi

Jika Anda merasa penyimpanan awan memakan waktu atau jika Anda ingin menghindari membayar biaya bulanan untuk layanan awan, Anda dapat mentransfer data Anda menggunakan kabel transfer. Kabel dapat dimasukkan ke port pada komputer baru dan lama Anda. Saat memutakhirkan dari komputer Windows* 10, 8.1, 8, 7, Vista, atau XP yang lebih lama ke komputer yang lebih baru, kabel biasanya dilengkapi dengan perangkat lunak yang menyederhanakan transfer file. Kabel untuk transfer data lebih efisien daripada hard drive eksternal karena komputer lama terhubung langsung ke komputer baru, memotong perantara (drive eksternal).


Manfaatkan Perangkat Lunak All-in-One

Versi Windows sebelumnya menyediakan layanan yang disebut Easy Transfer* yang memungkinkan pengguna memindahkan file antar komputer dengan mudah. Sayangnya, itu dihapus dengan Windows* 10. 

Namun, jangan takut: Microsoft bermitra dengan vendor Laplink PC Mover* untuk menduplikasi fungsi yang ditawarkan oleh Easy Transfer. PCMover Express* vendor mentransfer data dan pengaturan dari komputer yang menjalankan Windows* XP ke komputer yang menjalankan Windows* 8.1 atau yang lebih baru. Biaya layanan sekitar $15. 

PC Mover Professional lebih mahal, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memindahkan aplikasi. Jika Anda memiliki masalah, kedua layanan menawarkan bantuan 24/7.

Metode ini memerlukan biaya, tetapi mengotomatiskan proses dan dapat memandu Anda untuk memastikan Anda tidak mengabaikan file yang mungkin ditempatkan di tempat asing di komputer lama Anda.


Transfer File dari Mac ke PC atau PC ke Mac

Anda dapat mentransfer file secara manual antara Mac dan PC dengan cara yang sama seperti antar PC menggunakan drive eksternal, cloud, atau jaringan lokal. Atau, Anda dapat mengizinkan komputer bertindak sebagai asisten pribadi Anda yang bertanggung jawab atas berbagi file dan relokasi. Migration Assistant  adalah aplikasi praktis yang disertakan dalam Mac OS X Lion dan sistem operasi yang lebih baru yang mentransfer kontak, kalender, dan akun email Anda dari PC ke lokasi yang tepat di Mac baru Anda.


Clean Up, Jauhkan Data Lama Anda dari Tangan yang Salah

Setelah mentransfer file Anda, Anda harus menyimpan komputer lama setidaknya selama dua minggu jika Anda melewatkannya. Namun, jika Anda menjual, membuang, atau menyumbangkan komputer lama Anda, Anda harus menghapus semua data dan informasi pribadi Anda. Bahkan menghapus file atau memformat ulang disk masih dapat memungkinkan para ahli untuk mengambil informasi yang Anda tidak ingin mereka miliki, seperti informasi bank atau email lama Anda. Untungnya, aplikasi pemusnah data gratis seperti Darik's Boot And Nuke (DBAN) dapat menghapus semua yang ada di komputer lama Anda, memastikan Anda tidak meninggalkan jejak (data).


Agar Tetap Aman: Lakukan Back Up

Sekarang setelah Anda terbiasa mentransfer informasi dari PC lama Anda, ada baiknya untuk membuat sistem cadangan jika Anda perlu memulihkan file-file itu lagi. Fungsi File History di Windows* 8 dan versi yang lebih baru memungkinkan Anda untuk secara otomatis dan sering mencadangkan file ke hard drive eksternal. Fungsionalitas ini memastikan bahwa data Anda akan bertahan dari skenario terburuk.

Bergantung pada versi OS X yang Anda gunakan di Mac, Anda memiliki sejumlah opsi dan platform untuk mencadangkan data, termasuk iCloud dan Time Machine.

Ingatlah bahwa meskipun ada banyak cara sederhana untuk memindahkan dan bertukar data, Anda hanya dapat memindahkan data yang dapat Anda akses, jadi pastikan bahwa dokumen, gambar, dan data berharga lainnya tetap aman meskipun komputer Anda hilang atau rusak. Sangat mudah untuk mengotomatisasi dan memastikan bahwa transfer (komputer) masa depan Anda akan berjalan lebih lancar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak