Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Koneksi Internet Anda Lambat? Ini Cara Meningkatkan Kecepatan WIFI

Pelajari cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi di perangkat Anda dengan mengoptimalkan pengaturan untuk meningkatkan sinyal dan memperluas jangkauan.

Anda mungkin tidak terlalu memikirkan tentang berapa kecepatan WIFI Anda sampai film yang Anda putar melalui layanan streaming ngadat di tengah jalan. Atau ketika Anda mengunggah file Anda ke layanan cloud progressnya terhenti. Atau browser web Anda terus berputar tanpa memuat halaman yang Anda inginkan.

Dengan jutaan pengguna dengan perangkat nirkabel yang terhubung ke Wi-Fi di seluruh dunia, tidak mengherankan jika orang ingin tahu cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi mereka untuk pengalaman yang lebih baik dengan streaming hiburan, pengunggahan dan pengunduhan file besar, dan game online.

Inovasi teknologi Wi-Fi saat ini, membuat Wi-Fi memiliki kecepatan hampir 3x lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dan karena kecepatan Wi-Fi sering dikaitkan dengan jangkauan koneksi internet, ada beberapa cara untuk membantu meningkatkan kinerja WiFi di rumah Anda.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda di bawah ini cara menentukan generasi Wi-Fi di perangkat Anda. Berikut adalah beberapa istilah tambahan yang perlu Anda ketahui tentang koneksi Wi-Fi:

  • Kecepatan—Teknologi Wi-Fi baru mengirimkan data lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Koneksi yang lebih cepat menghasilkan kecepatan Wi-Fi yang lebih cepat.
  • Cakupan & Kapasitas—Kecepatan Wi-Fi adalah salah satu bagian dari teka-teki. Anda menginginkan router yang dapat memberikan kecepatan Internet yang lebih baik ke lebih banyak perangkat dan pada jarak yang lebih jauh. Router baru berkemampuan 160MHz menawarkan keduanya – kapasitas dan jangkauan yang lebih besar.

Dengan koneksi Wi-Fi yang lebih cepat, Anda dapat dengan mudah melakukan streaming film, game, video, dan aplikasi berat data lainnya dengan keandalan yang lebih besar, latensi yang lebih rendah, dan kualitas data yang lebih tinggi untuk gambar, grafik, dan komunikasi.


Mengapa Wi-Fi Anda Lambat

Ada banyak kemungkinan alasan untuk kecepatan koneksi yang lambat. Hambatan fisik, seperti dinding dan lantai, dapat memengaruhi sinyal nirkabel. Jarak antara perangkat dan titik akses serta jumlah perangkat yang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda juga akan memengaruhi kecepatan koneksi. Bahkan hal-hal sederhana seperti menyesuaikan ketinggian router Anda dari lantai dapat memengaruhi kinerjanya.

Pastikan untuk berbicara dengan provider penyedia layanan Internet/ ISP Anda untuk memastikan Anda membayar untuk kecepatan yang Anda butuhkan. Penyedia yang berbeda menawarkan kecepatan yang berbeda, dan Anda mungkin tidak memiliki paket yang paling sesuai dengan kebutuhan konektivitas Anda.

Tiga faktor utama memengaruhi kecepatan koneksi Internet Anda—penempatan router, teknologi, dan perangkat yang terhubung dengannya.


Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi Anda

Cara Meningkatkan Kecepatan WIFI


1. Tempatkan router Anda di tempat terbuka. 

Karena Wi-Fi hanyalah—nirkabel—kecepatan koneksinya dipengaruhi oleh jarak, rintangan (seperti dinding, lantai, dan langit-langit), interferensi elektronik, dan jumlah pengguna di jaringan. Semua hal ini berkontribusi pada melambatnya kecepatan koneksi Wi-Fi.

Untuk sinyal terbaik, letakkan router nirkabel di tempat terbuka di lantai utama rumah Anda, jauh dari dinding dan penghalang. Idealnya, Anda ingin memposisikannya dari lantai, di atas furnitur. Jauhkan dari perangkat elektronik lain yang dapat menyebabkan gangguan, seperti microwave, monitor bayi, dan telepon nirkabel. Anda juga dapat mencoba mengarahkan antena secara tegak lurus, dengan satu secara horizontal dan satu secara vertikal.

Ingin tahu di mana titik mati nirkabel di sekitar rumah Anda? Coba gunakan aplikasi seluler, seperti CloudCheck*, untuk mengujinya. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi di mana kekuatan sinyal terbaik, sehingga Anda dapat menemukan tempat yang bagus untuk router Anda. Anggap saja sebagai feng shui Wi-Fi untuk router nirkabel Anda.


2. Gunakan teknologi Wi-Fi saat ini. 

Teknologi berubah dengan cepat, dan salah satu cara terbaik untuk mempercepat jaringan nirkabel Anda adalah dengan menggunakan perangkat keras terbaru. Wi-Fi 6 (802.11ax) adalah lompatan terbesar dalam teknologi nirkabel dalam lebih dari satu dekade, memungkinkan kecepatan lebih cepat2, latensi lebih rendah3, dan kapasitas lebih besar4 di PC, ponsel, dan router serta gateway untuk rumah. Teknologi lama dengan performa lebih rendah seperti Wireless-N (802.11n) dan Wireless-AC (802.11ac) masih ada di sebagian besar perangkat seluler dan IoT, sementara teknologi lainnya hampir usang.

Router Wireless-AC yang lebih baru memiliki kecepatan transfer data hingga tiga kali lebih cepat daripada model Wireless-B/G/N yang lebih lama, dan mereka menawarkan "dual-band" secara fungsional sehingga Anda dapat mengosongkan saluran untuk diakses oleh perangkat nirkabel lama.

Router Wi-Fi 6 baru memiliki kecepatan transfer data hampir 3x lebih cepat2 daripada solusi Wi-Fi 5 standar, dan mereka menawarkan "dual-band" secara fungsional sehingga Anda dapat mengosongkan saluran untuk diakses oleh perangkat nirkabel lama.

Dan, tentu saja, Anda ingin memilih Wi-Fi terbaru dengan WPA dan mengamankan jaringan Wi-Fi Anda dengan kata sandi sehingga tetangga Anda tidak dapat melakukan streaming film mereka di koneksi nirkabel Anda.


3. Batasi perangkat dan optimalkan pengaturan. 

Memainkan game online, melakukan obrolan video, dan streaming film dan video menghabiskan banyak bandwidth, dan dapat memperlambat kecepatan dan akses Internet untuk semua orang yang terhubung ke jaringan Wi-Fi tersebut. Beberapa router memiliki pengaturan Quality of Service (QoS) yang memungkinkan Anda mengontrol aplikasi mana yang memiliki akses prioritas ke bandwidth Internet. Misalnya, Anda mungkin ingin memprioritaskan panggilan video jika Anda memiliki banyak rapat, dan tidak memprioritaskan unduhan file dari cloud. Anda selalu bisa mendapatkan file Anda nanti, tetapi Anda tidak ingin memutuskan panggilan dengan klien atau anggota keluarga penting.

Anda juga ingin memastikan bahwa router nirkabel Anda memiliki pembaruan terbaru untuk firmware dan drivernya. Meskipun banyak perute yang lebih baru memiliki proses pembaruan bawaan, Anda mungkin perlu mengakses pengaturan perute Anda untuk memulai pembaruan secara manual atau mengunjungi situs web produsen perangkat Anda untuk perbaikan bug.

Anda juga dapat menyempurnakan pemilihan saluran di router Anda. Secara default, banyak router nirkabel diatur untuk berjalan di saluran 6. Ini berarti bahwa router tetangga Anda mungkin juga berjalan di saluran 6, menyebabkan kemacetan di saluran itu karena jumlah perangkat yang terhubung dengannya. Menggunakan alat seperti Penganalisis Wi-Fi* atau Pemindai Wi-Fi* dapat membantu Anda mengidentifikasi saluran router dengan lebih banyak bandwidth yang memberi Anda peningkatan kecepatan Internet.

Jika router Anda relatif baru, router harus dapat beralih di antara dua frekuensi radio—2.4 GHz (standar yang lebih lama) dan 5 GHz (standar yang lebih baru). Router nirkabel pintar dapat memilih frekuensi terbaik untuk Anda dan lingkungan Anda. Setiap frekuensi memiliki beberapa saluran: 14 pada 2,4 GHz dan 30 pada 5GHz. Jadi, jika router Anda memiliki kemampuan untuk beralih antar frekuensi secara otomatis, router dapat memilih di antara 44 saluran. Anda dapat memeriksa pengaturan router nirkabel Anda untuk melihat apakah itu beralih otomatis antara saluran dan frekuensi untuk pengaturan yang optimal.


Tips lainnya

Mencari lebih banyak cara untuk mencoba meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda dan memperluas jangkauan koneksi Internet?

1. Gunakan pemanjang jangkauan nirkabel. 

Meskipun ini mungkin tidak mempercepat koneksi, ini dapat meningkatkan sinyal ke titik-titik mati di rumah atau kantor Anda. Misalnya, jika router Anda berada di lantai pertama rumah Anda, Anda mungkin ingin menambahkan perluasan jangkauan nirkabel di lantai lain untuk meningkatkan sinyal. Ini bisa sangat membantu di area dengan dinding tebal atau struktur fisik lainnya yang dapat menghalangi sinyal nirkabel.


2. Tambahkan jalur akses. 

Pikirkan titik akses seperti membuat jaring nirkabel di sekitar rumah Anda. Mereka mengirimkan sinyal Internet satu sama lain untuk membuat jaringan nirkabel. Mereka dibuat untuk ruang besar dengan beberapa lantai.


3. Mempercepat aliran data. 

Koneksi nirkabel yang tidak terlihat itu dapat berdampak besar pada kehidupan kita sehari-hari—menentukan seberapa banyak yang bisa kita selesaikan atau seberapa banyak kita bisa bersantai dan bersantai. Tidak ada yang ingin panggilan video terputus, streaming video terputus-putus, atau unduhan file lambat. Dengan sedikit pengetahuan, router yang sesuai, dan beberapa ketekunan, Anda dapat mengubah pengaturan router nirkabel Anda untuk meningkatkan lebar saluran Anda dengan opsi 20, 40, 80, dan bahkan 160 MHz untuk meningkatkan kecepatan koneksi Wi-Fi dan memperluas jangkauan.


4. Perbarui router, gateway, dan perangkat ke standar Wi-Fi 6 terbaru. 

Rasakan kecepatan Gigabit dan peningkatan responsivitas dengan PC dan router yang menampilkan teknologi Intel® Wi-Fi 6 (Gig+) terbaik di kelasnya.


Artikel asli: 
How to increase WIFI Speed

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak