Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Ide Usaha Warung Sembako dan Tips Agar Laris Berkembang

 Anda bisa menjadikan warung sembako sebagai salah satu peluang bisnis. Karena Anda dapat menjual produk yang dibutuhkan orang setiap hari dengan bisnis ini, seperti kebutuhan pokok, kebutuhan mandi, dan bahan masakan. 


Memahami konsep bisnis warung sembako

Warung sembako menjual kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, gula, minyak goreng, air mineral, perlengkapan mandi, dan kebutuhan dasar lainnya.

Banyak orang membuka warung sembako sederhana karena barang yang dijualnya banyak diminati karena setiap orang membutuhkannya setiap hari.

Warung sembako ini berbentuk toko kelontong, yaitu toko kecil yang membutuhkan modal yang sedikit. Namun, ada juga toko agen yang menyediakan barang dalam jumlah besar.

Toko agen ini biasanya merupakan tempat berbelanja barang untuk dijual kembali di toko kelontong, dengan harga barang yang dijual adalah harga grosir.

Karena toko agen menyediakan barang dalam jumlah banyak dengan harga murah, maka membeli barang disini untuk dijual kembali tetap akan menguntungkan anda dibandingkan membeli barang di supermarket.


Kiat untuk memulai usaha warung sembako

ide usaha warung sembako

Jika Anda berencana menjalankan ide usaha warung sembako, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis Anda berjalan lancar dan tanpa masalah atau kendala keuangan. Berikut adalah tujuh tips untuk memulai sebuah warung makan.


Pemilihan Lokasi

Saat membuka toko, salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan adalah lokasi. Mengapa demikian? Karena pendapatan dari toko Anda juga ditentukan oleh lokasinya.

Selanjutnya, lokasi akan menentukan ramai tidaknya kios atau pembeli. Buka warung atau toko di lokasi yang sepi dan terpencil karena akan sulit ditemukan orang yang berpotensi menjadi pembeli.

Kemudian, jangan mendirikan warung makan di dekat supermarket atau minimarket, karena akan meningkatkan daya saing warung itu sendiri.

Mendirikan warung di dekat kompleks perumahan, sekolah atau perguruan tinggi, kawasan industri, dan tempat-tempat lain yang sering dilewati orang.


Lakukan Survey Harga Kompetitor

Anda harus mengetahui harga pasaran dari barang yang Anda jual. Jangan sampai Anda menjual barang-barang dengan harga lebih mahal daripada warung makanan pokok lainnya.

Lakukan survei harga dan bandingkan harga di toko kelontong lain atau di pasar. Anda melakukan survei ini untuk memastikan bahwa Anda tidak menjual barang yang lebih mahal dari yang dijual oleh warung sembako lain.  

Menjual produk dengan harga di bawah pasar, di sisi lain, bukanlah ide yang baik. Cobalah untuk mendapat untung, walaupun kecil, tetapi barang yang Anda jual selalu habis. Alhasil, keuangan warung sembako yang Anda kelola akan tetap stabil.


Cari Supplier atau Pemasok dengan Harga Yang Wajar.

Kiat berikut untuk memulai warung sembako adalah menemukan pemasok untuk barang-barang yang Anda butuhkan. Temukan pemasok dengan harga yang wajar sehingga Anda dapat memaksimalkan keuntungan Anda.

Selanjutnya perhatikan kelengkapan dan kualitas barang yang tersedia dari supplier sehingga Anda tidak perlu mencari supplier untuk setiap itemnya.

Jangan lupa untuk menanyakan tentang layanan pengiriman dari pemasok agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan barangnya.


Ragam Barang Dagangan di Warung Anda

Setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lainnya, dan selalu berubah. Alhasil, Anda harus bisa menyesuaikan hal ini dengan produk yang Anda jual di toko Anda.

Variasikan barang dagangan Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda, atau Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang meningkat untuk memastikan barang jualan Anda terjual dengan baik.

Misalnya, jika pelanggan meminta produk yang tidak tersedia di toko Anda, Anda dapat mencoba menyediakan barang tersebut pada hari berikutnya. Namun, barang tersebut tetap menjadi bagian dari barang dagangan Anda.


Memperhatikan kualitas barang yang dijual, tidak hanya harga

Sekalipun Anda menawarkan harga murah di toko Anda, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas atau quality control dari barang yang dijual.

Pelanggan akan beralih ke warung atau toko lain jika hanya mengandalkan harga murah namun kualitas produk yang Anda jual buruk. Akibatnya, pelanggan akan kapok dan tidak akan datang lagi untuk berbelanja di warung sembako Anda.

Pertimbangkan cara menjual dengan berfokus pada kualitas barang dagangan Anda. Pelanggan akan setia dan senang berbelanja di warung sembako Anda jika barangnya berkualitas.

Pelanggan dapat membedakan antara produk yang baik dan buruk. Bahkan jika harganya sedikit lebih tinggi, mereka tetap akan membeli barang-barang unggulan.


Pelayanan prima

Sebaiknya pemilik toko memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan karena hal ini akan membuat pelanggan merasa nyaman berbelanja di toko Anda.

Berbasa-basi, menanyakan kabar, dan menyapa. Apalagi jika pembelinya adalah tetangga atau orang yang Anda kenal. Untuk menjalin hubungan yang dekat dan membuat kesan yang baik, undang mereka untuk mengobrol.


Menjaga Stok dan membuat catatan pembukuan secara cermat

Kiat terakhir untuk memulai warung sembako adalah melacak stok Anda dan mencatat pembukuan dengan cermat.

Pembukuan warung sembako ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kinerja warung sembako  Anda dan barang mana yang laris manis sehingga Anda bisa menambah stok lagi.


Modal usaha Warung Sembako

Modal usaha ini harus dibagi menjadi dua bagian. Satu bagian didedikasikan untuk bisnis, sementara yang lain didedikasikan untuk keuangan pribadi.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pengelolaan keuangan yang lebih profesional. Karena menggunakan modal untuk keperluan pribadi umumnya akan menimbulkan kekacauan dalam usaha. Pertahankan keuangan bisnis dan pribadi yang terpisah sehingga Anda tahu berapa banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dari bisnis Anda.


sumber:

gobiz.co.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak