Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Samuel Morse, Penemu dan Pemegang Hak Paten Telegraf Listrik, Yuk Simak Kisahnya

Seorang Penemu Amerika Samuel Morse menyempurnakan telegraf listrik, perangkat yang dapat mengirimkan serangkaian impuls listrik di sepanjang kabel berinsulasi. Dia mengirim pesan telegraf pertamanya pada tahun 1844 dari Washington, D.C., ke Baltimore.

Telegraf listrik Morse memiliki tiga bagian, semuanya dihubungkan oleh kawat, antara lain yaitu:

  • baterai untuk memasok listrik; 
  • kunci yang digunakan untuk menyelesaikan atau memutus rangkaian listrik, 
  • elektromagnet, yang terdiri dari gulungan kawat berinsulasi yang diputar di sekitar inti besi. 

Pada awal ditemukan, telegraf listrik menggunakan baterai yang terdiri dari toples kaca yang diisi dengan larutan kimia (biasanya tembaga sulfat) dengan elektroda tembaga dan seng yang direndam dalam larutan.

penemu telegraf listrik


Reaksi kimia antara elektroda dan larutan menghasilkan tegangan listrik |dilarang copas tanpa ijin - www.blogmasadi.com| . Kunci dalam telegraf awal awalnya terdiri dari dua potong tembaga atau perunggu yang dapat ditekan bersama untuk menyelesaikan rangkaian.

Elektromagnet telegraf menarik sepotong besi ketika arus listrik melewati kawat melingkar. Pesan berjalan di sepanjang kabel dari satu telegraf ke penerima di telegraf lain ketika operator menekan tombol, menyelesaikan sirkuit dan membuat tanda pada pita kertas yang digunakan untuk merekam pesan—titik untuk sambungan listrik jangka pendek, garis putus-putus untuk waktu yang lebih lama. koneksi. Setiap huruf dalam alfabet memiliki pola titik dan garis sendiri (yang kemudian dikenal sebagai kode Morse) sehingga pesan dapat diterjemahkan ke dalam bahasa.


Perkembangan telegraf listrik

Masyarakat dengan cepat menerima telegraf Morse, dan penemuan ini merevolusi komunikasi jarak jauh. Pesan kode morse terkirim dengan kecepatan listrik, menghubungkan kota dan kota dengan komunikasi instan untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pada tahun 1858, sebuah jalur telegraf diletakkan melintasi Samudra Atlantik dari Amerika Serikat ke Eropa. Pada tahun 1861, Western Union telah memasang jalur telegraf lintas benua pertama di seluruh Amerika Serikat. Baru pada abad ke-20 teknologi baru membayangi penemuan luar biasa ini.


Cek Buku Original 200 Tokoh Inspiratif Penemu Dan Pengubah Dunia - Ismadi dengan harga Rp124.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5UuF3Qwt3w?share_channel_code=1

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak