Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Seperti Apa Keuntungan Manajemen Logistik Melibatkan Pihak Ketiga

Tidak bisa dipungkiri, logistik yang lancar sangat mendukung distributor produk ke tangan konsumen. Sebagai pelaku bisnis logistik tentu mereka harus dapat beradaptasi dengan demand yang terus meningkat dengan menerapkan manajemen logistik yang kuat. Ini karena manajemen logistik menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan pengelolaan operasional bisnis yang akan berpengaruh kepada keuntungan secara langsung.

Agar Anda dapat lebih memahami seperti apa manajemen logistik, mari simak di artikel berikut ini!

Manajemen Logistik

Apa Sebenarnya Manajemen Logistik Itu?

Manajemen logistik adalah bagian dari manajemen rantai pasok yang terdiri dari perencanaan, penerapan, dan mengendalikan arus. Tidak hanya itu saja, ini juga termasuk dalam pengelolaan logistik yang terdiri dari penyimpanan produk sampai kepada informasi terkait memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selain itu, manajemen logistik juga bisa mendukung bisnis untuk memenuhi permintaan pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik.

Salah satu yang dapat menunjang manajemen logistik berjalan lancar adalah dengan menggunakan aplikasi logistik


Apa Tujuan dari Penerapan Manajemen Logistik?

Manajemen logistik berkaitan erat dengan manajemen distribusi. Ini karena logistik memang salah satu bagian dari distribusi. Penerapan manajemen logistik akan mempermudah arus distribusi barang hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen. Itulah tujuan utama dari manajemen logistik.

Namun, untuk melakukan manajemen yang baik, perlu didukung dengan implementasi teknologi yang memadai. Implementasi teknologi ini juga akan menunjang efektivitas dari manajemen logistik itu sendiri.

Tapi, saat Anda ingin mengimplementasikan teknologi perlu juga untuk mengukur seberapa efektif itu. Poin-poin yang bisa menjadi pengukur seberapa efektif itu adalah sebagai berikut:

  1. Apakah dapat meningkatkan pendapatan
  2. Apakah dapat memperbaiki struktur biaya operasional
  3. Apakah dapat mengurangi biaya transportasi secara keseluruhan
  4. Apakah dapat meningkatkan layanan pelanggan


Penggunaan 3PL untuk Manajemen Logistik

Manajemen logistik terbilang sangat kompleks dan tidak mudah dijalankan, untuk itu saat ini semakin banyak perusahaan yang sadar akan kebutuhan manajemen logistik dengan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan pihak ketiga (3PL). Penggunaan pihak ketiga akan menyederhanakan proses manajemen sehingga dapat lebih efektif dan efisien.

3PL sendiri adalah third party logistics yang menyediakan layanan yang memudahkan sistem logistik. Penggunaannya memungkinkan perusahaan Anda mengelola pergudangan hingga pengiriman dengan sistem yang sudah terotomatisasi, sehingga memungkinkan organisasi untuk lebih fokus kepada pengembangan bisnis.

Penggunaan 3PL untuk manajemen logistik juga memberikan bisnis keunggulan sehingga bisa diandalkan dan memaksimalkan profitabilitas melalui teknologi yang mutakhir.

Dengan mengimplementasikan perangkat teknologi dari pihak ketiga, Anda dapat mengidentifikasi dan mengisi celah dalam rantai pasok serta dapat mengintegrasikan ke dalam proses bisnis. Integrasi ini penting untuk menghilangkan kompleksitas dana manajemen logistik dan menjadikan rantai pasok lebih cepat dan responsif.


Apakah Harus Menggunakan 3PL untuk Manajemen Logistik

Memanfaatkan pihak ketiga untuk manajemen logistik Anda akan membawa dampak besar dalam memperluas basis pelanggan, mendukung bisnis untuk memasuki pasar baru dan juga  meningkatkan customers experience.

Implementasinya juga dapat mempermudah manajemen logistik jadi semakin lebih efektif dan efisien. Penggunaannya juga dapat membantu mengidentifikasi bagaimana pelanggan, vendor, sampai mitra rantai pasok.

Perkembangan teknologi logistik membuat semua jadi lebih sederhana, cepat dan mudah. Aplikasi logistik adalah jawaban yang tepat untuk mendukung segala operasional sehingga bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Saat ini Anda dapat memanfaatkan aplikasi logistik di dalam aplikasi ERP Terbaik seperti RedERP. Penggunaan aplikasi ERP RedERP dapat mendukung operasional bisnis berjalan lebih sederhana dan cepat karena mendukung Anda melakukan digitalisasi, otomatisasi, serta integrasi bisnis. Modul-modul dalam RedERP lengkap dan sudah berbasis cloud sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang kapasitas penyimpan dan keamanan data. Anda dapat mengetahui lebih lanjut dengan mengunjungi website resminya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak