Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Tokoh-tokoh cerdas di balik penemuan Internet dan perkembangannya

Internet dideskripsikan pertama kali oleh ilmuwan komputer J.C.R. Licklider, yang menggambarkan "jaringan galaksi" untuk berbagi informasi.

Sejak itu, Internet telah berubah dari perangkat berbagi data sederhana yang sebelumnya hanya digunakan oleh pejabat pemerintah dan ilmuwan, menjadi jaringan yang diandalkan oleh kebanyakan orang di seluruh dunia setiap hari.

Selama tahun-tahun pada masa Perang Dingin (1947–1991), Amerika terjebak dalam perlombaan senjata intelektual dengan Uni Soviet. Khawatir bahwa sumber utama komunikasi masyarakat, telepon, mungkin menjadi sasaran, pemerintah mendesak para ilmuwan dan universitas untuk membangun sistem komunikasi alternatif yang memungkinkan komputer berinteraksi satu sama lain. Pada saat itu, komputer adalah perangkat berukuran sangat besar yang bekerja dengan kecepatan lambat.

Pada tahun 1969, pendahulu Internet, Arpanet, mengirim pesan pertama dari komputer di Universitas California, Los Angeles, ke salah satu di Universitas Stanford di Palo Alto. Pesan "login" hanya berhasil sebagian, karena komputer langsung mogok setelah diterima.


Penggunaan TCP/IP

penemuan internet


Seiring dengan kemajuan teknologi, universitas dan organisasi mengembangkan jaringan yang terisolasi, tetapi sistem yang rumit membuat koneksi antar jaringan menjadi sulit. Insinyur Amerika Vinton Cerf memecahkan masalah pada akhir 1970-an menggunakan Protokol Kontrol Transisi, yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP. Protokol baru ini memungkinkan semua jaringan untuk berpartisipasi dalam koneksi virtual.

Untuk sebagian besar tahun 1980-an, Internet ada murni sebagai cara bagi para ilmuwan dan organisasi untuk mengirim data ke komputer lain. Namun pada tahun 1991, Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris dan pemrogram komputer dari Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, atau CERN) mendirikan World Wide Web (WWW)—sebuah web informasi—yang dapat diakses oleh semua orang. mengakses.

Sejak saat itu web tumbuh lebih ramah pengguna dan beragam, kreasi Berners-Lee memungkinkan semua orang untuk berbagi informasi tanpa batas, dan Era Internet lahir.


Cek Buku Original 200 Tokoh Inspiratif Penemu Dan Pengubah Dunia - Ismadi dengan harga Rp124.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5UuF3Qwt3w?share_channel_code=1


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak