Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari YouTube?

Siapa sih yang tidak kenal dengan YouTube? Hampir semua orang saat ini kenal dengan platform berbasis video yang satu ini, mulai dari anak kecil, remaja, bahkan orang tua. Selain terkenal menjadi gudang konten video yang menghibur dan informatif, YouTube juga dikenal sebagai mesin pencetak uang.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube?

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube. Apalagi di era serba online seperti sekarang ini, dimana hampir setiap orang punya smartphone yang bisa digunakan untuk mengakomodir kebutuhan belanja berbagai kebutuhan.

Nah, jika kamu tertarik untuk belajar cara mendapatkan uang dari YouTube, berikut ini sudah kami siapkan ulasan yang bisa dijadikan sebagai rujukan.  

cara mendapatkan uang dari YouTube


1. Menjalankan Bisnis Afiliasi

Jika kamu tidak punya produk sendiri dan belum menerima tawaran endorse, kamu bisa mencoba mendapatkan uang dari bisnis afiliasi. Apa itu afiliasi? Sederhananya, kamu akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual lewat link yang kamu berikan.

Untuk memulai bisnis afiliasi juga relatif gampang, kamu hanya perlu mendaftar ke perusahaan yang membuka peluang afiliasi, baik produk fisik maupun produk digital, kemudian mulai mempromosikan dan mengajak audiens untuk beli lewat link kamu.

Ada banyak peluang afiliasi yang mampu memberikan komisi hingga jutaan, misalnya seperti afiliasi shopee, afiliasi web hosting atau domain murah DomaiNesia, dan lain sebagainya.


2. Mendaftar Google AdSense

Cara pertama mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan mendaftar ke layanan periklanan Google AdSense. Seperti kita ketahui, Google AdSense adalah platform yang bisa membantu para content creator seperti YouTubers dan Blogger untuk bisa mendapatkan penghasilan besar dari komisi penayangan iklan.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah per bulan dari Google AdSense jika kamu punya konten video yang banyak dilihat oleh netizen. 

Kendati demikian, sayangnya kamu tidak bisa begitu saja mendaftar ke Google AdSense. Ada beberapa peraturan serta persyaratan yang perlu kamu penuhi sebelum akhirnya bisa menayangkan iklan.

Beberapa contoh persyaratan tersebut di antaranya seperti, minimal harus sudah punya 1,000 subscriber, punya jam tayang tertentu dalam periode satu tahun, serta masih ada beberapa syarat lainnya.

cara mendapatkan penghasilan dari youtube


3. Melakukan Promosi Produk Buatan Sendiri

Jika kamu belum memenuhi persyaratan untuk mendaftar ke layanan Google AdSense, kamu masih bisa mendapatkan uang dari YouTube dengan cara melakukan promosi produk sendiri. 

Dengan kata lain, kamu menjadi sales yang menjelaskan manfaat produk dan kelebihan produk buatanmu kepada para penonton. Harapannya tentu agar mereka tertarik untuk membeli produk yang kamu jual, dengan begitu kamu akan mendapatkan keuntungan.

Metode ini lebih mudah dilakukan oleh para YouTubers pemula, karena meskipun audiens mereka belum terlalu besar, mereka tetap bisa melakukan promosi produk tanpa harus menunggu jumlah subscriber atau jam tayang sesuai standar Google AdSense.


4. Endorse dari Brand

Cara lainnya untuk mendapatkan uang dari YouTube adalah melalui kerjasama atau endorse dari brand. Konsep dan cara kerja endorse produk hampir sama seperti ketika kamu jualan produk sendiri, bedanya produk yang dipromosikan milik orang lain.

Di Indonesia peluang endorse produk ini sangat besar dan masih punya potensi pertumbuhan yang tinggi. Terutama seiring meningkatnya perusahaan konvensional yang beralih ke platform digital untuk mendongkrak penjualan.

Sebagai informasi, skema dan bentuk kerjasama endorse sendiri dibagi dalam beberapa kategori, mulai dari nano influencer, micro influencer, hingga seleb yang punya ratusan atau bahkan jutaan audiens.

Bagi kamu yang masih merintis sebagai YouTubers pemula, tidak perlu berkecil hati. Karena kamu tetap berpeluang untuk mendapatkan endorse dari beberapa brand yang memang lebih suka mengajak kerjasama influencer kecil karena lebih tertarget.


5. Dukungan Fans Berbayar

Tahukah kamu, saat ini YouTube punya fitur yang bisa digunakan untuk memberikan dukungan berupa uang. Jadi, penonton video kamu bisa memberikan dukungan berupa tips uang yang akan langsung masuk ke dompet sebagai penghasilan.

Fitur ini akan lebih efektif jika kamu sering membuat konten tutorial atau karya original yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Konten tutorial sendiri menjadi pertimbangan utama karena setelah penonton merasa terbantu, biasanya mereka rela menyisihkan uang kecil untuk diberikan sebagai tips ke kamu. Sangat menarik, bukan?


6. Menjual Merchandise

Langkah ini bisa kamu jalankan jika channel YouTube sudah besar dan populer. Strategi jualan merchandise sendiri saat ini sudah banyak dilakukan oleh YouTubers lokal dalam negeri, biasanya mereka membuat kaos merchandise edisi spesial, topi, gantungan kunci, tumbler, dan beberapa pernak-pernik lain yang bisa dijadikan koleksi.


7. Pendapatan dari YouTube Premium

Terakhir, kamu bisa mendapatkan uang dari skema bagi hasil yang diberikan YouTube ketika video kamu dilihat oleh user premium. Nominal pendapatan dari sini memang tidak terlalu besar, karena sebagian penonton YouTube pada dasarnya masih menggunakan versi gratisan.

Namun kamu tetap bisa mencoba cara ini dengan rutin membuat konten premium yang hanya bisa dilihat oleh user yang melakukan langganan.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan. Selamat mencoba!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak