10 Pedang Legendaris dalam Mitologi Jepang

Pedang telah memainkan peran penting dalam mitologi dan budaya Jepang selama berabad-abad. Pedang pertama yang digunakan di Jepang diimpor dari Cina dan Korea pada abad ke-4. Pedang-pedang ini disebut "shin-ken" dan biasanya digunakan untuk tujuan upacara.

Pengembangan pedang Jepang dimulai selama periode Heian (794-1185). Pada saat itu, tukang pedang Jepang mulai mengembangkan teknik pembuatan pedang yang unik, yang menghasilkan pembuatan katana dan Tachi.

pedang legendaris dalam mittologi Jepang

Katana adalah pedang Jepang yang paling terkenal dan ikonik. Ini dikembangkan selama periode Kamakura (1185-1333) dan dicirikan oleh bilah yang melengkung dan bentuk yang khas. Selama periode Edo (1603-1867), tukang pedang mulai mengembangkan gaya dan teknik baru untuk membuat pedang. Selama masa ini, tukang pedang bereksperimen dengan bahan-bahan dan teknik baru dan menciptakan beberapa pedang yang paling indah dan legendaris yang pernah dibuat.

Hari ini, pedang masih merupakan bagian penting dari budaya Jepang. Mereka dianggap sebagai simbol kehormatan, keberanian, dan kekuatan, dan sering diberikan sebagai hadiah atau dipajang di rumah-rumah dan kuil sebagai karya seni.


1. Dojikiri Yasutsuna

pedang legendaris dalam mitologi Jepang
Dojigiri Yasutsuna, foto: japaneseswordlegends.wordpress.com


Dojikiri Yasutsuna adalah salah satu pedang terkenal yang legendaris di Jepang. Ia juga dikenal sebagai Slayer of Shuten-Doji. Selama abad ke-10 hingga ke-12 M, pedang itu dibuat oleh salah satu tukang pedang terkenal yang dikenal sebagai Hoki-no-Kuni Yasutsuna.

Seperti Mikazuki Munechika, Dojikiri Yasutsuna dianggap sebagai Warisan Nasional dan sekarang disimpan di Museum Nasional Tokyo. Orang-orang berkunjung untuk mempelajari sejarah dan melihat pedang yang luar biasa ini.


2. Onimaru Kunitsuna

Onimaru Kunitsuna
Onimaru Kunitsuna, foto: japaneseswordlegends.wordpress.com


Pedang Onimaru Kunitsuna adalah salah satu pedang terkenal di sejarah Jepang. Dikatakan telah ditempa oleh tukang pedang legendaris, Kunitsuna, selama periode Heian. Pedang itu diberikan sebagai hadiah kepada Kaisar oleh clan Minamoto dan dikenal karena kekuatannya yang luar biasa dan kecepatannya.

Pedang Onimaru Kunitsuna dikatakan telah digunakan dalam pertempuran oleh clan Minamoto dan dikatakan menjadi senjata pilihan samurai legendaris, Minamoto no Yoshitsune. Dikatakan telah disimpan di istana kekaisaran selama berabad-abad dan sekarang dipajang di Museum Nasional Tokyo.

Pedang Onimaru Kunitsuna terbuat dari baja berkualitas tinggi dan terkenal karena tajamnya yang seperti pisau cukur. Ia terutama terkenal karena desain unik dan rumitnya, dengan tombaknya terbuat dari emas dan bilahnya memiliki pola yang unik. Dikatakan memiliki "kehidupan sendiri" dan dipercaya mampu menembus baja.


3. Mikazuki Munechika

Mikazuki Munechika


Pedang Mikazuki Munechika ditempa pada abad ke-10 dan ke-12 M oleh tukang pedang terkenal Sanjo Kokaji Munechika. Bentuk melengkung dari pedang memberikan namanya Mikazuki.

Pedang Mikazuki Munechika masih dipertahankan sampai sekarang dan dianggap sebagai Warisan Nasional. Sekarang dimiliki oleh Museum Nasional Tokyo. Inari adalah orang yang memberkati pedang Mikazuki.


4. Odenta Mitsuyo

Odenta Mitsuyo
Odenta Mitsuyo - foto: japaneseswordlegends.wordpress.com


Di Jepang terdapat banyak pedang legendaris, salah satunya adalah pedang Odenta Mitsuyo. Nama pedang ini memiliki arti yang besar seperti Great Denta atau The Best among Swords Forged by Denta.

Pedang Odenta dianggap sebagai salah satu dari tiga pedang kekaisaran bersama dengan Futatsu-mei dan Onimaru. Pedang-pedang kekaisaran milik Shoguns dari clan Ashikaga.


5. Juzumaru Tsunetsugu

Juzumaru Tsunetsugu
Juzumaru Tsunetsugu, foto: https://wikia.nocookie.net/

Pedang Juzumaru Tsunetsugu juga dikenal sebagai Rosary atau Josumaru. Juzumaru Tsunetsugu diciptakan oleh Aoe Tsunetsugi. Pedang ini saat ini digunakan sebagai relik Buddha di Honkoji Temple, Amagasaki yang memilikinya.

Selama abad ke-12 hingga ke-14 M, pedang ini dipercaya milik Nichiren, seorang biarawan Buddha selama periode Kamakura. 


6. Muramasa

Muramasa
Muramasa, foto: soranews24.com

Pedang Muramasa adalah salah satu pedang terkenal di Jepang. Pedang Muramasa dinamakan sesuai dengan nama keluarga Muramasa Sengo. Keluarga Muramasa Sengo adalah salah satu tukang pedang terkenal di Jepang yang hidup pada abad ke-14 hingga ke-16 M di era Muromachi.

Kemudian, clan Tokugawa mendirikan Sekolah Muramasa untuk mengajari tukang pedang masa depan tentang teknik pembuatan pedang Muramasa. Pedang Muramasa terkenal karena kecepatannya yang luar biasa dan tajamnya yang tajam. Pedang ini juga dianggap memiliki kekuatan ajaib dan dipercaya mampu mengalahkan apa saja yang ditemuinya. Saat ini, pedang Muramasa dianggap sebagai Warisan Nasional dan disimpan di Museum Nasional Tokyo.


7. Kusanagi

Kusanagi
Kusanagi - Foto: https://ferdfound.wordpress.com/


Kusanagi adalah salah satu pedang legendaris di Jepang yang dikenal sebagai "The Grasscutter". Pedang ini dipercaya telah ditempa oleh tukang pedang legendaris, Amakuni, selama periode Kofun (300-710).

Pedang ini dianggap sebagai salah satu dari tiga pedang kekaisaran bersama dengan Yata no Kagami dan Yasakani no Magatama. Pedang-pedang kekaisaran merupakan bagian dari tiga kekaisaran di Jepang dan dianggap sebagai simbol kekuasaan dan kekaisaran.

Pedang Kusanagi dianggap memiliki kekuatan ajaib dan dianggap sebagai pedang yang paling tajam di dunia. Menurut legenda, Kusanagi pernah digunakan oleh dewa Sun goddess Amaterasu untuk mengalahkan dewa lainnya. Selain itu, pedang ini juga dipercaya telah digunakan oleh tokoh legendaris di Jepang seperti Susanoo dan Yamato Takeru. Saat ini, Kusanagi dianggap sebagai Warisan Nasional dan disimpan di Ise Grand Shrine.


8. Kotengu

Pedang Kotengu adalah salah satu pedang terkenal di Jepang yang dikenal sebagai "The Tengu's Sword". Pedang ini dipercaya ditempa oleh tukang pedang legendaris, Hoki-no-Kuni Yasutsuna, selama periode Heian.

Pedang Kotengu dianggap memiliki kekuatan ajaib dan dianggap sebagai salah satu pedang terkuat di dunia. Menurut legenda, pedang ini digunakan oleh tokoh legendaris di Jepang, Minamoto no Yorimitsu, untuk mengalahkan tengu dan membawa kemenangan bagi klan Minamoto. Selain itu, pedang ini juga dipercaya telah digunakan oleh samurai terkenal lainnya seperti Uesugi Kenshin dan Takeda Shingen. Saat ini, Kotengu dianggap sebagai Warisan Nasional dan disimpan di Museum Nasional Tokyo.


9. Kogitsune-maru

Kogitsune-maru
Foto: https://commons.wikimedia.org/


Pedang Kogitsune-maru adalah salah satu pedang legendaris di Jepang yang dikenal sebagai "The Fox Sword". Pedang ini dipercaya ditempa oleh tukang pedang legendaris, Hoki-no-Kuni Yasutsuna, selama periode Heian.

Pedang Kogitsune-maru dianggap memiliki kekuatan ajaib dan dianggap sebagai salah satu pedang terkuat di dunia. Menurut legenda, pedang ini digunakan oleh tokoh legendaris di Jepang, Ushiwakamaru, untuk mengalahkan raja iblis, Shuten-doji. Selain itu, pedang ini juga dianggap memiliki kemampuan untuk mengubah dirinya menjadi seekor rubah dan membantu pemiliknya dalam pertempuran. Saat ini, Kogitsune-maru dianggap sebagai Warisan Nasional dan disimpan di Museum Nasional Tokyo.


10. Otegine

Otegine
Otegine - foto: https://touken-ranbu.fandom.com

Pedang Otegine adalah salah satu pedang legendaris di Jepang yang dikenal sebagai "The Steel Snake". Pedang ini dipercaya ditempa oleh tukang pedang legendaris, Hoki-no-Kuni Yasutsuna, selama periode Heian.

Pedang Otegine dianggap memiliki kekuatan ajaib dan dianggap sebagai salah satu pedang terkuat di dunia. Menurut legenda, pedang ini digunakan oleh tokoh legendaris di Jepang, Ushiwakamaru, untuk mengalahkan raja iblis, Shuten-doji. Selain itu, pedang ini juga dianggap memiliki kemampuan untuk mengubah dirinya menjadi ular baja dan membantu pemiliknya dalam pertempuran. Saat ini, Otegine dianggap sebagai Warisan Nasional dan disimpan di Museum Nasional Tokyo.

Demikianlah daftar 10 pedang legendaris dalam mitologi Jepang. Pedang-pedang ini dianggap memiliki kekuatan ajaib dan dianggap sebagai salah satu pedang terkuat di dunia. Mereka juga dianggap sebagai simbol kehormatan, keberanian, dan kekuatan, dan sering diberikan sebagai hadiah atau dipajang di rumah-rumah dan kuil sebagai karya seni.


Sumber


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak