Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Siswa SMA

Investasi tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa. Siswa di sekolah menengah dapat mulai belajar bagaimana mengelola uang mereka dan menginvestasikan uang di kantong mereka. Ini dirancang untuk mengajari anak bagaimana bertanggung jawab secara finansial. pengelolaan.

Selain itu, saat ini banyak jenis investasi yang bisa dilakukan dengan modal minimal. Oleh karena itu, setiap orang, termasuk siswa sekolah menengah, dapat mulai menginvestasikan dananya. Semakin awal Anda mulai berinvestasi, semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan.

Untuk melakukan ini, Anda harus yakin bahwa Anda memilih jenis investasi yang tepat. Berikut beberapa jenis investasi yang kiranya cocok untuk pelajar SMA atau investor pemula lainnya.


Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Siswa SMA

Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Siswa SMA


Investasi Reksa dana

Reksa dana menempati posisi terdepan sebagai alat investasi yang cocok untuk siswa sekolah menengah maupun pemula. Alasannya, investasi jenis ini sangat mudah dikelola tanpa memerlukan waktu atau kemampuan untuk mengelola investasi.

Hal ini karena uang yang dimasukkan ke dalam instrumen reksa dana akan dikelola secara profesional dengan bantuan penasihat investasi. Manajer investasi nantinya dapat melakukan berbagai tugas untuk mendapatkan keuntungan dari proses investasi yang diawali dengan melakukan riset untuk memilih instrumen investasi yang paling menguntungkan.

Oleh karena itu, pemilik dana perlu bersantai dan mengamati kinerja investasinya, yang akan dilaporkan kepada pengelola investasi. Selain itu pengembaliannya cukup tinggi, mencapai hingga 20%.

Selain itu perlu dicatat juga bahwa jenis investasi ini juga sangat terjangkau, dan hanya dengan jumlah Rp 10.000 Anda dapat mulai berinvestasi. Sehingga, dengan menetapkan uang saku minimal Rp 10.000 per bulan, siswa SMA sudah bisa mulai berinvestasi di reksa dana. Inilah mengapa penting untuk memilih manajer investasi yang andal dan andal yang dapat mengelola investasi Anda.

Penting untuk dicatat bahwa investasi ini terdiri dari empat jenis instrumen yang berbeda berdasarkan risiko masing-masing. Reksa dana yang memiliki tingkat bahaya sedang memiliki risiko yang relatif rendah. Mereka adalah Reksa Dana Pasar Uang, dengan risiko sedang dapat menjadi Reksa Dana Pendapatan Tetap. Sebaliknya, Reksa Dana Campuran dan Ekuitas Keduanya memiliki risiko yang tinggi.

Investor pemula, termasuk pelajar SMA, harus memilih reksa dana dengan risiko rendah untuk membatasi risiko kerugian yang bisa terjadi dalam waktu dekat. Selain itu proses investasinya sederhana. Hanya dengan menunjukkan kartu identitas seperti e-KTP baru bisa mendaftarkan diri. Siswa sekolah menengah juga dapat mulai belajar tentang investasi.


Investasi Emas

Salah satu logam langka yang memiliki nilai sangat tinggi, emas juga bisa menjadi pilihan investasi yang sangat baik bagi pelajar SMA. Terutama emas batangan, yang dianggap sebagai pilihan investasi yang aman. Pasalnya, nilainya cenderung naik setiap tahun.

Misalnya, harga emas di tahun 2016 adalah Rp 500.000. Tahun 2018 naik menjadi Rp 600.000. Ada kemungkinan dalam dua atau 3 tahun ke depan nilai emas bisa mencapai Rp 900.000.

Mungkin bagi para pelajar SMA, agak sedikit kesulitan menyisihkan uang di kantongnya untuk membeli emas batangan yang bernilai tinggi. Ada produk investasi emas yang ditawarkan Pegadaian yang memungkinkan nasabah menabung emas serendah 0,01 Gram atau Rp 500.000.

Artinya, siswa SMA pun bisa mulai berinvestasi di tabungan ini dengan emas. Selain itu, mudah untuk dilikuidasi kapan saja yang membuatnya lebih fleksibel.


Investasi Saham

Pilihan investasi lainnya yang cocok untuk siswa SMA adalah saham. Selain itu, banyak orang tua yang mulai menginstruksikan anaknya tentang investasi saham. Selain itu, jenis investasi ini juga mampu memberikan return yang lebih tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya.

Namun, investasi semacam ini juga memiliki risiko yang tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi Anda untuk mempelajari cara berinvestasi yang tepat di dunia saham. Untuk memastikan bahwa hasil yang diharapkan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.


Deposito berjangka

Apakah Anda masih ragu untuk berinvestasi, karena Anda tidak yakin apakah Anda dapat memperoleh keuntungan atau apakah uang yang Anda investasikan justru berkurang? Oleh karena itu, berinvestasi dalam rekening deposito bisa menjadi pilihan terbaik untuk diuji oleh siswa sekolah menengah.

Dalam jenis investasi ini, nilai pokok uang yang disimpan akan tetap sama karena dijamin oleh LPS maupun Lembaga Penjamin Simpanan. Nilai primer tidak akan berubah dan tidak akan berkurang.

Bagaimana cara Anda berinvestasi ke rekening deposito berjangka? Tidak begitu sulit hanya soal harus mengumpulkan jumlah untuk jangka waktu atau tenor yang ditetapkan, mulai dari satu Bulan hingga 24 bulan.

Selain itu, dengan rekening tabungan, Anda dapat memperoleh bunga. Mudah kan? Perlu diingat bahwa setoran yang dilakukan dengan waktu diatur oleh kerangka waktu tertentu. Oleh karena itu, klien tidak dapat menarik uang mereka sebelum jangka waktu deposit berakhir.

Jika Anda perlu menarik dana dari akun sebelum tanggal yang ditentukan, klien akan dikenakan denda tambahan. Deposito yang terikat waktu juga terjangkau mulai dari Rp 1.000.000.


Investasi Terbaik untuk Siswa SMA adalah Pendidikan

Di samping semua jenis investasi yang disebutkan di atas, ada satu aspek tambahan yang menjadi pilihan ideal bagi setiap siswa yaitu pendidikan. Masa muda adalah kesempatan sempurna untuk memperoleh pengetahuan dan kemampuan untuk berhasil dalam segala hal yang ingin Anda capai di masa depan.

Belajar berinvestasi harus dikembangkan sejak kecil. Karena pada titik ini Anda akan diminta untuk lebih menyadari betapa pentingnya mengatur keuangan pribadi Anda. Untuk memastikan bahwa di masa depan Anda akan dapat lebih memahami aspek-aspek investasi secara lebih mendalam. Ini bisa sangat membantu.


Baca artikel aslinya di cermati.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak