Bagaimana cara ikan bernafas di dalam air?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana ikan bisa bernapas di bawah air? ikan memiliki organ khusus yang disebut insang yang memungkinkan mereka mengekstraksi oksigen dari air. Insang terletak di kedua sisi kepala ikan dan terdiri dari struktur tipis berbulu yang kaya akan pembuluh darah.

Proses menyerap oksigen dan pelepasan karbon dioksida disebut pertukaran gas. Ikan membutuhkan oksigen dengan cara yang sama seperti manusia, mereka hanya mendapatkannya dengan cara yang berbeda. Seekor ikan memiliki insang di belakang mulutnya, di sisi kepala (kecuali jika Anda penghuni dasar seperti ikan pari, maka insang Anda ada di atas kepala).

Bagaimana cara ikan bernafas di dalam air?

Setiap insang dimulai dengan lengkungan insang yang kemudian terbagi menjadi dua filamen, seperti tulang garpu. Filamen tersebut dilapisi dengan lamellae, yaitu cakram kecil yang berisi kapiler. Kapiler itu memiliki darah beroksigen yang mengalir melaluinya, itulah sebabnya bagian dalam insang berwarna merah. Semakin aktif ikan, semakin banyak oksigen yang dibutuhkannya, dan semakin banyak lamella yang dimilikinya.

Saat ikan berenang, air bergerak ke dalam mulut dan mengalir melalui insang. Saat ikan diam, ia masih bisa mendorong air melalui insang dengan membuka dan menutup mulutnya. Ketika air melewati lamellae, oksigen di dalam air berdifusi ke dalam kapiler, mengoksigenasi darah.

Ikan memiliki 'sistem arus balik', yang berarti bahwa darah mengalir berlawanan arah dengan air. Mereka membutuhkan trik kecil yang cerdik ini karena difusi hanya bekerja jika jumlah oksigen dalam darah lebih sedikit daripada jumlah oksigen di dalam air. Jadi, darah dengan jumlah oksigen paling sedikit bertemu dengan air yang 'kurang oksigen' terlebih dahulu, mengambil sisanya, dan kemudian beralih ke air yang lebih segar dan lebih banyak oksigen.

Seperti manusia, ikan harus membuang karbon dioksida yang dihasilkan dengan menyerap dan menggunakan oksigen. Insang memiliki banyak tugas - mereka menyebarkan karbon dioksida keluar dari tubuh dan masuk ke dalam air. Ikan kemudian bebas untuk fokus berenang

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak