Mengenal kehidupan Octopus, si makhluk soliter yang sangat cerdas

Octopus atau yang kita kenal sebagai gurita adalah makhluk cerdas - mereka termasuk makhluk yang paling pintar dari semua hewan. Octopus Pacifik raksasa dapat belajar untuk membuka wadah atau menemukan jalannya melalui labirin untuk mendapatkan makanan. Namun, mereka bukan makhluk sosial - Octopus jantan dan octopus betina hidup sendiri dan mengejar berbagai makhluk laut untuk dijadikan makanan, termasuk octopus yang lebih kecil.

Untuk menarik octopus jantan, octopus betina melepaskan zat kimia. Saat octopus jantan berenang menuju dia, warna kulitnya menjadi gelap. Octopus jantan menggunakan salah satu dari delapan lengannya untuk berkelahi. Sekitar satu bulan kemudian, octopus jantan mati.

Mengenal kehidupan Octopus

Setelah berkembang biak, octopus betina mengeluarkan hingga 100.000 telur, menempelkannya di dalam gua seperti rantai mutiara. Dia melindungi dan membersihkan telur sampai tujuh bulan kemudian, telur itu menetas, dan kemudian octopus betina tersebut mati.

Setelah telur menetas, bayi octopus melayang ke permukaan air. Di sini, mereka menjadi bagian dari plankton. Mereka hidup di sana selama beberapa bulan sebelum berenang ke dasar laut.

Octopus muda terus tumbuh sampai mereka berkembang biak, pada usia tiga hingga lima tahun. Octopus Pacifik raksasa yang sudah dewasa cukup kuat untuk memindahkan hingga 320 kg menggunakan semua delapan lengannya.

Octopus juga dikenal dengan kemampuan adaptasinya yang luar biasa. Mereka dapat mengubah warna tubuh mereka sesuai dengan lingkungan sekitarnya untuk menyamarkan diri dari predator atau untuk menarik pasangan. Octopus juga dapat mengalami regenerasi lengan yang hilang, yang memungkinkan mereka untuk tetap bertahan hidup meskipun terluka.



Octopus juga dikenal dengan kemampuan mereka untuk mengejar makhluk laut yang lebih besar dan lebih kuat daripada mereka sendiri. Hal ini dicapai dengan menggunakan racun yang dihasilkan oleh sel-sel khusus dalam tubuh mereka yang dapat membuat predator mengalami kelumpuhan atau bahkan mati.

Walaupun octopus dikenal sebagai hewan soliter, terdapat beberapa spesies yang diketahui hidup dalam kelompok. Kelompok-kelompok ini dapat terdiri dari ratusan individu yang hidup dalam kerjasama untuk mengejar makanan atau melindungi diri dari predator.

Secara keseluruhan, octopus adalah makhluk yang sangat unik dan menarik yang memiliki banyak kemampuan yang mengagumkan. Mereka menyajikan tantangan yang menarik bagi para ilmuwan dan peneliti untuk memahami lebih lanjut tentang kehidupan laut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak