Seberapa amankah X-Ray?

Dengan dosis kecil energi sinar-x, dokter Anda dapat memeriksa tulang atau sistem peredaran darah Anda - dosis yang terlalu tinggi dan Anda akan mengalami kematian yang menyakitkan akibat kanker.

X-Ray atau kita menyebutnya Sinar-x adalah suatu bentuk energi dengan rentang panjang gelombang tertentu. Setiap radiasi antara 3 x 1016 Hz hingga 3 x 1019 Hz (30 petahertz hingga 30 exahertz) dianggap sebagai radiasi sinar-x. Ini adalah panjang gelombang yang sangat pendek, tepat di bawah wilayah spektrum ultraviolet. Panjang gelombang sebenarnya adalah sekitar 1o,ooo kali lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak.

Cahaya dengan panjang gelombang yang pendek memiliki energi tinggi, itulah sebabnya sinar-x mampu melewati banyak benda. Tingkat energi tinggi foton sinar-x tidak 'cocok' dengan orbit elektron atom lain, sehingga atom sulit menyerap sinar-x kecuali atom tersebut cukup besar untuk menampung energi foton sinar-x.

Seberapa amankah X-Ray?

Peralatan x-ray di rumah sakit menghasilkan sinar-x dengan memutar sekumpulan elektron hingga kecepatan yang sangat tinggi menggunakan katoda bermuatan tinggi. Elektron ini kemudian ditarik ke anoda yang terbuat dari tungsten. Di sana, elektron menumbuk atom tungsten dan dibelokkan atau menjatuhkan elektron lain dari orbit.

Tabrakan memancarkan foton pada panjang gelombang sinar-x yang disalurkan menggunakan jendela kecil dan banyak pelindung timah. Dari sana, sinar melewati beberapa bagian dari anatomi Anda. Banyak dari mereka yang menembus, tetapi tulang Anda terbuat dari atom yang lebih besar (kebanyakan kalsium) daripada bit Anda yang lain, dan atom ini memiliki peluang lebih besar untuk menyerap beberapa sinar-x.

Di sisi lain Anda, sinarnya mengenai pelat fotosensitif. Semakin banyak sinar-x yang mengenai pelat, semakin gelap bagian pelat tersebut. Itu sebabnya gambar yang dihasilkan adalah negatif, dengan tulang Anda yang paling terang: karena mereka paling banyak menyerap sinar-x. 

Dokter dapat melakukan rontgen untuk mencitrakan pembuluh darah atau jaringan lunak lainnya dengan menyuntikkan cairan pewarna kontras khusus yang dapat menyerap sinar-x.

Sinar-x yang diserap oleh tubuh Anda tidak sepenuhnya tidak berbahaya. Foton sinar-x dapat menjatuhkan elektron dari atomnya, menciptakan ion dan memulai reaksi berantai kecil. Ion yang memantul mengubah zat dalam tubuh Anda pada tingkat atom, menghancurkan atau mengubah DNA sel Anda.

'Radiasi pengion' inilah yang menyebabkan kerusakan yang diderita oleh mereka yang mengalami paparan sinar-x tanpa pelindung, sangat lama atau sering pada hari-hari sebelum bahaya sinar-x dipahami. Sinar-X medis saat ini sangat aman bila digunakan dengan benar, dan jauh lebih unggul daripada dibedah setiap kali dokter perlu melihat ke dalam diri Anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak