Cari Pekerjaan? Kenali Struktur Organisasi dan Kultur Perusahaan Indomaret

Konten [Tampil]

Struktur Organisasi dan Kultur Perusahaan Indomaret

Jika Anda sedang mencari pekerjaan? Tidak ada salahnya mencoba melamar ke PT. Indomarco Prismatama atau Indomaret. Cukup masukkan lamaran ke alamat yang ditentukan atau bisa juga melalui cabang toko terdekat. Maka Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari karyawan mereka.

Namun sebelumnya supaya lebih mengenal profile perusahaan, Anda bisa mempelajari struktur organisasinya terlebih dahulu. Dari sini nantinya bisa diketahui jenjang karir yang dapat Anda capai selama bergabung di Indomaret. Berikut penjelasannya!


Struktur Organisasi Indomaret dalam Skala Toko

Struktur organisasi adalah susunan hubungan antara setiap departemen. Bentuk hubungan dan wewenang dan tanggung jawab langsung secara vertikal yang dikaitkan dengan jabatan dan tugas setiap atasan.

PT. Indomarco Prismatama jika diurut, dalam satu area memiliki Branch Manager, Deputy Manager, lalu struktur dalam cabang kecil. Cabang atau toko memiliki susunan sebagai berikut.


1.     Kepala Toko

Posisi paling tinggi di dalam cabang atau toko. Tugasnya adalah mengkoordinir serta menjalankan semua kegiatan operasional. Mengelola bawahan sesuai budaya perusahaan serta berhubungan dengan area coordinator atau departemen lain. Mengingat kedudukannya paling tinggi, sehingga diperlukan skill khusus untuk melamar bagian ini. Karena feenya juga lebih besar.


2.     Asisten Kepala Toko

Mengelola bawahan berdasarkan budaya perusahaan. Melakukan evaluasi berkaitan pelaksanaan tugas-tugas operasional, melapor dan meminta persetujuan kepala toko mengenai segala kebijakan serta keputusan. Bila Anda terbiasa mengelola tim, maka cocok sekali menjadi asisten kepala toko. Karena harus siap melakukan evaluasi dari setiap job desk operasional.


3.     Merchandiser

Melakukan tugas koordinasi permintaan barang dari distribution center, mengkoordinir retur barang dari toko ke distribution center. Mengkoordinir display barang di rak maupun gudang dan memastikan sarana promosi terpasang. Diperlukan ketelitian yang matang untuk menjadi seorang merchandiser. Karena Anda harus mengecek retur barang ketika ada yang bermasalah supaya tidak ada komplain dari pelanggan.


4.     Pramuniaga

Membersihkan lingkungan sekitar toko, memberikan pelayanan kepada pengunjung, mendisplay barang baik di gudang maupun toko. Menerima barang, mempersiapkan keperluan, menerima penitipan barang, melakukan transaksi penjualan langsung. Ini adalah posisi yang paling mudah dan biasanya dibutuhkan penampilan yang good looking untuk melamar menjadi seorang pramuniaga.


5.     Kasir

Melakukan transaksi finansial berupa pembelian langsung, melaksanakan tugas kebersihan, menerima penitipan barang, mempersiapkan retur dan Stok opname. Juga membantu menyebar leaflet, mempersiapkan display barang, mengawasi dan mencegah barang hilang.


Kultur Perusahaan Indomaret

Kultur perusahaan Indomaret sangat positif. Karyawan baru mendapat bimbingan dan pendampingan langsung oleh para senior yang lebih dulu masuk toko. Karyawan yang masuk bisa dari lokasi lain sebelumnya selama magang.

Otomatis lingkungan bagi orang baru tersebut berbeda dari sebelumnya. Biasanya dalam hal pekerjaan ini bisa jadi masa paling tidak nyaman. Sebab diharuskan beradaptasi kembali dengan orang baru.

Namun kultur bekerja di Indomaret seperti dalam keluarga atau hubungan kekerabatan pada umumnya. Saling membantu dan mendukung demi kemajuan bersama. Apabila toko selalu mencapai target, tentu sangat menguntungkan semua karyawan di dalamnya.

Hubungan antara kepala toko atau penanggung jawab dengan semua individu di dalamnya cukup erat. Sehingga menciptakan lingkungan kerja kondusif. Masing-masing selain mengetahui jobdesk-nya juga paham akan tanggung jawab yang lain.

Dengan demikian apabila karyawan lain mengalami kendala maupun kesulitan selama bekerja, bisa dibantu yang lain. Jenjang karir jelas dan mudah dicapai selama mengikuti aturan sesuai deskripsi pekerjaan masing-masing.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak