Cari Penghasilan Tambahan Lewat Internet Yang Tidak Mudah Tapi Terbukti Berhasil

Konten [Tampil]

Banyak orang beranggapan bahwa mencari penghasilan tambahan melalui internet adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Bermodalkan paket data atau berlangganan internet di salah satu ISP, mereka ramai-ramai mencoba peruntungan melalui internet.

Namun benarkah cari tambahan penghasilan lewat internet itu mudah

Adanya perkembangan internet saat ini, memang memudahkan kita untuk mencari uang tambahan kapan saja dan di mana saja. Internet bukan hanya sumber informasi dan alat komunikasi, tetapi juga media bisnis.


Metode Terbukti Berhasil Menghasilkan Uang Lewat Internet

Cari Penghasilan Tambahan Lewat Internet

Mencari penghasilan tambahan melalui internet bisa dibilang susah-susah gampang. Yang terpenting adalah niat untuk belajar dan mencari tahu hal baru. Keuntungan dari mencari penghasilan tambahan melalui internet antara lain fleksibilitas waktu dan modal yang minim.


Menghasilkan Uang Lewat Internet Dengan Membuka Toko Online

Cara pertama untuk mencari penghasilan tambahan melalui internet adalah dengan membuka toko online. Dengan membangun toko online kita bisa menekan biaya untuk menyewa bangunan dan biaya operasional. Beragam usaha bisa dijalankan secara online, seperti berjualan pakaian, makanan, peralatan rumah tangga, dan kebutuhan sehari-hari.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk berjualan melalui toko online, seperti menggunakan media sosial, marketplace, atau website. 

Cara yang paling mudah dilakukan adalah melalui media sosial dan marketplace. Sedangkan untuk membangun toko online berbasis website, Anda perlu membuat situs dengan membeli dan berlangganan domain dan hosting sendiri.

Dari sisi produk yang hendak dijual, Anda dapat mencarinya di lokasi sekitar tempat Anda tinggal. Alternatif lainnya, kita bisa menjadi reseller maupun dropshipper untuk berjualan . 

Metode reseller cocok bagi Anda yang memiliki modal minim dan ingin memperoleh penghasilan tambahan dengan membeli barang dalam jumlah banyak dan menjualnya kembali melalui toko online yang Anda bangun. 

Sedangkan jika Anda memilih menjadi dropshipper, Anda cukup duduk di depan laptop Anda, mencari supplier yang bisa diajak kerjasama dropship. Semua transaksi dilakukan secara online, dari mulai proses pemesanan barang, pembayaran transaksi hingga barang dikirimkan langsung oleh supplier, ke alamat customer langsung. Anda cukup duduk manis.  

Membuka toko online di Marketplace

Membuka toko online di marketplace seperti di Tokopedia, Lazada, maupun Shopee itu mudah, kita tinggal melakukan registrasi, dan mengisinya dengan produk-produk yang akan kita jual. 

Yang tidak mudah di sini adalah bagaimana caranya agar toko online kita ramai dengan pembeli. Ada ribuan seller di marketplace, dan semuanya ingin produknya terjual. Yang terjadi kemudian adalah timbul persaingan di antara sesama seller. 

Untuk memenangkan persaingan, maka seller-seller tersebut akan melakukan salah satu di antara banyak cara, antara lain dengan menurunkan harga, melakukan trik review palsu atau dengan beriklan.

Kesimpulannya; menambah penghasilan tambahan dengan membuka toko online di Marketplace itu tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang. 

Kalau Anda ingin jualan Anda laku di marketplace, maka produk Anda harus benar-benar unik, dibutuhkan banyak orang, dan minim saingan.


Membuka toko online dengan membangun website sendiri

Kelebihan membuka toko online dengan membangun web sendiri adalah kita bisa menentukan harga tanpa harus merasa kuatir bersaing dengan toko sebelah. 

Namun, dengan membangun website sendiri, tingkat kesulitannya dobel. Kita harus membangun SEO agar dapat bersaing di SERP dan menempati halaman pertama di Google. 

Apakah selesai gitu aja? 

Belum. 

Walaupun kita berada di ranking satu google, kita akan ketemu dia dia juga. Ya, kita akan ketemu berderet iklannya Shopee, Tokopedia atau yang lain. Karena mereka menguasai kata kunci/ keyword Transactional. Mereka disokong modal ratusan milyar, salah satunya untuk beriklan.

PR yang lain yang tidak kalah penting adalah membangun kredibilitas kita agar pengunjung merasa aman berbelanja di website toko online kita. Bagaimana caranya? 

  • Pikirkan sistem keamanan bertransaksi, dengan menambahkan sertifikat SSL untuk website kita, tambahkan pula payment gateway yang terpercaya untuk kemudahan bertransaksi pengunjung website toko online Anda.
  • Kemudahan melakukan pembayaran, seperti pembayaran transaksi online melalui Indomaret, Alfamart, transfer antar bank, PPOB dan sebagainya.
  • Lokasi alamat fisik yang jelas dan nomer telpon yang mudah dihubungi.
  • Sediakan layanan pelanggan yang tidak baperan dan selalu siap melayani komplain ataupun curhat pelanggan Anda.
Complicated kan? 

Jualan online di era saat ini tidak semudah ketika Tokopedia masih beroperasi di sebuah ruko di bilangan Kebonjeruk.


Menghasilkan Uang Lewat Internet dengan Menjadi Freelancer

Cara kedua untuk mencari penghasilan tambahan melalui internet adalah dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas. 

Anda bisa menjual keahlian dan layanan seperti desain grafis, menulis, mengajar, dan lain-lain melalui internet. Ada banyak platform yang menyediakan lowongan pekerjaan bagi freelancer, seperti Fiverr, project.co.id, sribulancer dan sebagainya.

Segampang itu?

Tentu tidak. 

Anda harus punya keahlian tertentu untuk menjadi freelancer. Menjadi desainer grafis, menulis, mengajar, dan lain-lain melalui internet, Anda harus menguasai bidang tersebut. Padahal kita tahu, 12 tahun kita menerima pendidikan dari SD sampai SMA itu belajar ilmu segambreng, tapi tidak mendidik kita untuk menjadi ahli di salah satu bidang. 

Anda harus menajamkan keahlian Anda baik dengan mengikuti kursus/ workshop maupun dengan bekerja di bidang tersebut.


Menjadi Content Creator

Menjadi content creator merupakan cara mencari uang tambahan melalui internet yang menyenangkan. Anda yang memiliki hobi menulis, vlog, atau membuat konten video, bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Caranya dengan membuat blog atau channel YouTube.

Anda bisa membuat blog atau channel YouTube dengan mengangkat topik yang Anda kuasai, seperti travel, kuliner, fashion, teknologi, hingga parenting. Kemudian, dalam blog atau channel tersebut Anda bisa menulis atau membuat video yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca atau penonton.

Setelah blog atau channel Anda memiliki banyak pengunjung, Anda bisa memanfaatkannya untuk beriklan. Caranya dengan mendaftarkannya ke Google Adsense ataupun layanan penyedia iklan lainnya. 

Anda juga dapat bekerja sama dengan brand atau perusahaan yang ingin mempromosikan produk atau layanannya melalui blog atau channel Anda.

Itu teorinya, lalu bagaimana kenyataannya?

Jika Anda ingin terjun ke dalam dunia blogger Anda harus menguasai betul apa itu riset kata kunci. Anda dapat memanfaatkan Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs atau tools lainnya agar tulisan Anda nantinya berada di halaman satu google dan mendapatkan banyak traffic pengunjung. 

Tidak hanya itu, Anda juga harus melakukan link building untuk memperkuat otoritas blog Anda dan itu butuh effort dan waktu yang tidak sebentar, kecuali Anda punya modal tidak terbatas untuk membeli backlink.

Jika blog Anda sudah ramai pengunjung, Anda dapat menikmati rasanya Pay Out dari Google Adsense tiap bulannya sebagai ganti jerih lelah Anda menulis dan membangun blog Anda.

Pun demikian dengan membangun channel di Youtube. 

Anda harus melewati persyaratan 4000 jam tayang dan memiliki 1000 subscriber untuk video panjang dan 10 juta views untuk video shorts. 

Kalau Anda hanya asal-asalan bikin video lalu diupload ke Youtube, sampai Lebaran kuda, Anda tidak akan merasakan manisnya payout dari Adsense Youtube,


Menjadi Influencer

Menjadi influencer merupakan cara mencari uang tambahan melalui internet yang cukup menjanjikan. Anda yang memiliki akun media sosial dengan jumlah followers banyak, bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

Anda bisa bekerja sama dengan brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanannya melalui akun media sosial Anda. Cara ini memang membutuhkan jumlah followers yang banyak, namun jika sudah tercapai, Anda bisa memperoleh penghasilan yang cukup besar.

Disclaimer:

Syarat menjadi influencer:

  • Aktif di media sosial
  • Berpenampilan menarik
  • Photogenic
  • Pandai berbicara
  • Berwawasan luas
Kalau Anda seorang yang pendiam, malu di depan kamera, tidak percaya diri, lupakan untuk menjadi influencer.

Demikian cara mencari penghasilan tambahan di internet yang aslinya tidak mudah dilakukan untuk  sebagian orang, tapi terbukti menghasilkan. 

Jika ada tambahan lagi nanti akan saya update.

Terima kasih telah berkunjung ke blogmasadi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak