Tips Ampuh Menghindari Penipuan Saat Berbelanja di Dunia Maya

Konten [Tampil]

Belanja online memang memudahkan kita dalam membeli barang yang kita inginkan. Namun, seringkali kita terkena penipuan dari para penjual tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, perlu adanya beberapa tips agar kita tidak mudah tertipu saat berbelanja online. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu kita dalam menghindari penipuan saat berbelanja online.

Menghindari Penipuan Saat Berbelanja di Dunia Maya

Menghindari Penipuan Saat Berbelanja di Dunia Maya


1. Pastikan website resmi dan terpercaya

Cari tahu keabsahan website sebelum membeli

Jika kita ingin membeli barang secara online, maka kita harus memastikan bahwa website yang kita gunakan resmi dan terpercaya. Cara untuk mengetahui keabsahan sebuah website adalah dengan melihat tanda aman atau tanda keamanan pada browser yang kita gunakan, berupa sertifikat SSL. Cara mengetahuinya sangat mudah, yaitu dengan melihat pada icon gembok yang terdapat pada address bar;

Sertifikat SSL
Adanya sertifika SSL pada sebuah website akan membuat pengunjung website menjadi lebih aman dari pencurian data pribadi maupun informasi perbankan.

Hindari berbelanja online di website yang masih menggunakan domain gratisan atau sub domain  seperti misalnya menggunakan platform blogspot. 

Seorang pelaku bisnis yang serius ingin mengembangkan bisnisnya pasti bersedia untuk mengeluarkan modal untuk menyewa domain, hosting dan atau berlangganan SSL.

Selain itu, kita juga bisa mencari tahu melalui forum diskusi atau melalui ulasan dari pembeli sebelumnya.


2. Perhatikan deskripsi produk dan harga

penipuan Shopee
Walaupun tidak menyebut merk, apakah wajar ponsel dengan RAM 12GB/512GB seharga Rp. 1.100.000

Jangan tergiur oleh harga murah yang mencurigakan

Saat berbelanja online, seringkali kita tergiur oleh harga produk yang sangat murah. Namun, perlu diingat bahwa harga yang sangat murah seringkali menjadi indikasi penipuan. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa deskripsi produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan harga yang ditawarkan masuk akal. Jangan tergiur oleh harga murah yang terlalu mencurigakan.


3. Gunakan metode pembayaran yang aman

Hindari menggunakan metode pembayaran yang tidak terpercaya

Saat berbelanja online, kita harus memastikan bahwa metode pembayaran yang kita gunakan aman dan terpercaya. Jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan fasilitas rekber atau COD jika Anda dan penjual sama-sama sepakat.


4. Baca ulasan dan testimoni dari pembeli sebelumnya

Penipuan shopee
Capture SS ini masih terkait dengan foto di atas

Cari tahu kualitas produk dan layanan pelanggan melalui ulasan

Salah satu cara untuk mengetahui kualitas produk dan layanan pelanggan sebuah toko online adalah dengan membaca ulasan dan testimoni dari pembeli sebelumnya. Biasanya, ulasan dan testimoni tersebut dapat diakses melalui halaman produk atau melalui situs jual beli online lainnya. Dari ulasan dan testimoni tersebut, kita bisa mengetahui apakah produk sesuai dengan deskripsi, apakah layanan pelanggan baik, dan apakah ada keluhan dari pembeli sebelumnya.


5. Jangan memberikan informasi pribadi yang berlebihan

Hindari memberikan informasi pribadi yang tidak perlu kepada penjual

Saat berbelanja online, kita harus berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi kepada penjual. Hindari memberikan informasi pribadi seperti nomor CVV kartu kredit, nomor NIK KTP, atau informasi sensitif lainnya yang tidak perlu kepada penjual. Jika memang diperlukan informasi tersebut, pastikan bahwa informasi tersebut akan digunakan untuk tujuan yang baik dan aman.


6. Cek kembali informasi produk dan transaksi sebelum melakukan pembayaran

Pastikan informasi produk dan transaksi sesuai sebelum melakukan pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan bahwa informasi produk dan transaksi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Cek kembali deskripsi produk, harga, alamat pengiriman, dan informasi lain yang terkait dengan transaksi. Jika ada kesalahan atau kendala, segera hubungi penjual untuk memperbaikinya.

Dengan mengikuti tips di atas, kita bisa meminimalisir risiko terkena penipuan saat berbelanja online. Ingatlah bahwa berbelanja online membutuhkan kewaspadaan dan kehati-hatian yang tinggi. Jangan tergiur oleh harga murah yang terlalu mencurigakan dan selalu pastikan bahwa informasi yang kita berikan aman dan terpercaya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak