7 Fakta Mengagumkan Tentang Candi Prambanan yang Bakal Bikin Kamu Mupeng!

Konten [Tampil]

7 Fakta Mengagumkan Tentang Candi Prambanan

Candi Prambanan emang gak pernah gagal buat bikin orang terpana. Ini dia 7 fakta menarik yang wajib kamu ketahui tentang warisan budaya kita yang keren abis ini!

Bangga deh, karena Candi Prambanan dibangun oleh Dinasti Sanjaya pada Abad ke-9

Candi Prambanan tuh sejarahnya panjang banget, lho. Udah berdiri sejak zaman dinasti Sanjaya pada abad ke-9. Bahkan dari zaman itu sampe sekarang masih bisa kok kamu nikmati keindahannya!


Candi Hindu Terbesar di Indonesia? Bener banget!

Mungkin kamu tau kalo Bali punya banyak candi Hindu. Tapi tahukah kamu, Candi Prambanan ini adalah candi Hindu terbesar di Indonesia? Gak cuma itu, di sekitarnya juga ada 240 candi kecil yang bikin kamu terpesona.


Menunggu Ratusan Tahun untuk Bisa Dibangun

Nggak nyangka, ya? Kalo menurut prasasti Siwagrha, pembangunan Candi Prambanan dimulai sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan. Bahkan, proses pembangunannya berlangsung selama ratusan tahun dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu saat masa kerajaan Medang Mataram.


3 Bangunan Utama yang Makin Bikin Kamu Kagum

Kamu tau gak, Candi Prambanan terdiri dari tiga bangunan utama yang bakal bikin kamu kagum banget! Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu, yang menggambarkan tiga dewa utama agama Hindu. Asik banget ya, buat jalan-jalan ke sini.


Candi Pemujaan Hindu yang Bikin Kamu Jadi Pengen Belajar

Candi Prambanan dulunya berfungsi sebagai tempat pemujaan umat Hindu. Tapi kamu tau gak, selain sebagai tempat ibadah, di sini juga bisa jadi tempat belajar sejarah lho! Jadi, kalau kamu pengen tau lebih banyak tentang sejarah Indonesia, Candi Prambanan bisa jadi pilihan yang pas banget.


Perpaduan Arsitektur Hindu dan Budha yang Mempesona

Candi Prambanan juga terkenal dengan perpaduan antara arsitektur Hindu dan Budha. Bahkan, pengaruh dari Kerajaan Medang yang pernah berkuasa di wilayah Yogyakarta terlihat jelas di sini. Keren banget ya, bisa melihat sejarah yang panjang dan megah seperti ini.


Restorasi Sukses Bikin Candi Prambanan Makin Megah

Gempa bumi dan letusan Gunung Merapi pernah merusak Candi Prambanan. Tapi jangan khawatir, karena Candi Prambanan udah kembali berdiri kokoh seperti sedia kala. Restorasi yang sukses berhasil dilakukan dan kini kamu bisa nikmati keindahannya sepuasnya.

Itulah 7 fakta unik tentang Candi Prambanan yang bakal bikin kamu mupeng

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak