Inilah Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah

Konten [Tampil]
Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah


blogmasadi.com - Kita pasti tahu bahwa sayur-sayuran sangat sehat untuk tubuh. Biasanya kita mengonsumsi sayuran mentah setelah dicuci dengan bersih. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan semua kebaikan yang terkandung dalam sayuran.

Beberapa orang berpikir bahwa sayuran lebih baik dimakan mentah daripada dimasak. Mereka beranggapan bahwa vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayuran mentah masih utuh.

Namun, sebenarnya tidak semua jenis sayuran cocok untuk dimakan mentah. Ada beberapa jenis sayuran yang lebih bermanfaat jika dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Bahkan, jika sayuran tersebut dimakan mentah, bisa menimbulkan keracunan bagi sebagian orang. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi mentah:

1. Tomat

bahaya makan sayuran mentah

Sebenarnya ngemil tomat mentah atau minum jus tomat segar itu enggak masalah. Tapi, ada baiknya kamu merebus tomat selama 15 menit. Dengan merebus tomat, kadar likopen (zat antioksidan) yang terkandung di dalamnya bisa meningkat sebanyak 171 persen loh! Tapi jangan direbus terlalu lama ya, lebih dari 15 menit bisa menghilangkan sebagian besar kandungan vitamin C di dalamnya.

Kalau kamu ingin manfaat likopen di dalam tomat lebih maksimal, sebaiknya kamu masak dulu tomat tersebut sebelum dimakan. Proses memasak ini bisa membantu penyerapan likopen di dalam tubuh lebih baik. Jadi, makan tomat mentah atau dimasak tergantung selera kamu saja ya!


2. Kentang

Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Mentah

Jangan pernah makan kentang mentah ya guys! Soalnya kentang mentah mengandung konsentrasi solanin yang tinggi dan berbahaya buat tubuh. Agar aman, pastikan kentang dimasak sampai benar-benar matang dan empuk. Kalau enggak, bisa-bisa bikin sakit perut bahkan keracunan loh.

Jadi, jangan pernah makan kentang mentah ya guys. Aman dan lebih enak kalau dimasak dulu hingga empuk.

3. Terong

terong dilarang dimakan mentah

Biasanya kita makan terong sebagai lalapan bersama sambal. Tapi hati-hati ya kalau makan terong mentah! Terong mentah ternyata mengandung senyawa solanin yang bisa menghambat penyerapan kalsium. Solanin ini juga bisa bikin racun di dalam tubuh kita loh. Kalau sampai keracunan solanin, bisa bikin muntah-muntah, kram perut, mual, sakit kepala, dan diare.

Tapi jangan panik dulu ya, sebenarnya masih aman-aman saja kalau makan terong mentah. Untuk bikin keracunan, kita harus makan lebih dari 1 kg terong guys! Tapi kalau mau lebih aman dan bikin terong lebih enak, sebaiknya dimasak dulu ya. Cara paling gampang bisa direbus atau digoreng. Dengan cara ini, kandungan solanin pada terong bisa berkurang dan terong pun jadi lebih lezat.

Jadi, hati-hati kalau makan terong mentah. Mending dimasak dulu biar lebih aman dan lebih enak!

4. Bayam

bahaya makan sayuran bayam mentah

Sayur yang sehat memang sudah menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang. Tapi, tahukah kamu bahwa tidak semua sayuran cocok dimakan mentah? Salah satunya adalah bayam.

Bayam mengandung zat besi ion ferro yang bisa berubah menjadi ion ferri yang berbahaya jika terlalu lama terkena udara terbuka. Jadi, sebaiknya bayam dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Selain itu, bayam yang dimasak juga mengandung lebih banyak kalsium, zat besi, dan magnesium.
Menurut penelitian, mengonsumsi bayam yang dimasak juga bisa meningkatkan kandungan antioksidannya. Jadi, daripada makan bayam mentah dan berisiko, lebih baik masak dulu ya!

5. Kacang polong

bahaya makan kacang polong mentah

Jangan sembarang makan kacang mentah, beberapa jenis kacang ternyata bisa berbahaya bagi tubuh kita. Salah satunya adalah kacang polong yang mengandung glikosida sianogen, senyawa yang tergolong dalam keluarga sianida yang berbahaya. Oleh karena itu, sebelum dikonsumsi, kacang polong perlu direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan racunnya. Setelah direndam, kacang polong bisa dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan.

6. Brokoli dan kembang kol

Brokoli jangan dimakan mentah

Brokoli dan kembang kol memang sering dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau salad. Namun, sebaiknya kedua sayuran ini dimasak terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, memasak brokoli dan kembang kol juga membantu dalam mempertahankan kandungan nutrisinya.

Meskipun brokoli mentah memiliki nutrisi yang lebih banyak dibandingkan brokoli yang dimasak, bagi sebagian orang, mengonsumsi brokoli mentah bisa menyebabkan perut kembung dan gas. Hal ini karena brokoli mengandung senyawa sulforafan yang sulit dicerna oleh tubuh.

Sama halnya dengan kembang kol, mengonsumsi mentah dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut dan gas. Oleh karena itu, sebaiknya kembang kol juga dimasak terlebih dahulu.

Memasak brokoli dan kembang kol bisa dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Dengan memasak sayuran-sayuran tersebut, tubuh juga lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, memasak juga membantu membunuh bakteri dan virus yang mungkin ada pada sayuran tersebut.

Jadi, meskipun ada manfaat mengonsumsi brokoli dan kembang kol mentah, namun lebih baik dimasak terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna oleh tubuh dan mendapatkan manfaat nutrisinya secara maksimal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak