Apa Perbedaan Ras dan Etnis? Yuk Kita Bedah

Konten [Tampil]

Pada kesempatan kali ini, blogmasadi akan membahas tentang perbedaan antara ras dan etnis, karena seringkali banyak orang menganggapnya sama.

Ras dan Etnis digunakan untuk mengategorikan bagian-bagian dari populasi. Ras mengacu pada orang orang yang dibagi dalam suatu kelompok, seringkali berdasarkan ciri-ciri fisik.Sedangkan etnis mengacu pada ekspresi budaya dan identifikasi orang-orang dari berbagai wilayah geografis, termasuk adat istiadat, sejarah, bahasa, dan agama mereka.

Secara sederhana, ras menjelaskan ciri-ciri fisik, sedangkan etnis mengacu pada identifikasi budaya. Ras juga dapat diidentifikasi sebagai sesuatu yang Anda warisi, sedangkan Etnis adalah sesuatu yang Anda pelajari..

Ras adalah biologis, menjelaskan ciri-ciri fisik yang diwarisi dari orang tua Anda. Etnis adalah identitas budaya Anda, dipilih atau dipelajari dari budaya dan keluarga Anda.

Perbedaan ras dan etnis


Ras vs. Etnis 

Banyak orang yang salah memahami ras dan etnis, namun umumnya orang dapat mengidentifikasi diri mereka sendiri berdasarkan etnis mereka dan, sejauh ini, ras mereka.

  • Ras Sempit Berdasarkan atribut fisik dan biologis yang serupa
  • Etnis Luas Berdasarkan ekspresi budaya dan tempat asal

Ras biasanya dikaitkan dengan biologi dan terkait dengan ciri-ciri fisik seperti tekstur rambut dan warna kulit. Ini mencakup rentang pilihan yang relatif sempit. Namun orang-orang dengan kompleksi warna kulit/tekstur rambut yang serupa dapat didefinisikan sebagai ras yang berbeda, telah berubah seiring waktu.

Meskipun beberapa mungkin dianggap berasal dari ras tertentu (misalnya, Kulit Hitam), seseorang mungkin lebih mengidentifikasi diri dengan satu Etnis tertentu, dibandingkan dengan ras. Hal ini bisa berlaku bagi anggota dari setiap ras.

Saat mengisi formulir yang meminta data ras, Seseorang mungkin diminta untuk mengidentifikasi diri sebagai salah satu atau lebih dari kategori-kategori berikut:

  • Kulit Putih 
  • Kulit Hitam atau Afro-Amerika 
  • Asia 
  • Penduduk Asli Amerika atau Penduduk Asli Alaska 
  • Hawaii Asli atau Penduduk Kepulauan Pasifik 

Terkadang, Anda mungkin diminta untuk memilih hanya satu kategori. Di waktu lain, Anda mungkin diundang untuk menandai semua kategori yang berlaku.

Apa Itu Etnis? 

Etnis adalah istilah yang lebih luas daripada ras. Istilah ini membedakan antara kelompok-kelompok orang berdasarkan ekspresi budaya dan identifikasi.

Persamaan seperti ras, asal usul nasional, warisan suku, agama, bahasa, dan budaya dapat menggambarkan Etnis seseorang.

Meskipun seseorang mungkin mengatakan ras mereka adalah "Kulit Hitam," Etnis mereka mungkin Italia. Begitu pula, seseorang mungkin mengatakan ras mereka adalah "Putih," dan Etnis mereka adalah Irlandia.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak