Hewan-Hewan Paling Bersih di Dunia

Konten [Tampil]

Mungkin teman teman pernah melihat atau bahkan sering menjumpai hewan peliharaan kita, seperti kucing, seringkali menjilat bulunya. Ya mereka melakukannya untuk menjaga kebersihan dan kelembutan bulu bulunya. Namun, kucing bukanlah satu-satunya hewan yang rajin merawat diri. Inilah beberapa di antara hewan-hewan terbersih di dunia.

Perilaku hewan sangat beragam dan menarik, dengan beragam tingkah laku dari yang lembut hingga yang memiliki sifat sangat agresif. Meskipun kita mungkin berpikir bahwa kebiasaan merawat diri hanya dimiliki oleh manusia, ternyata ada juga hewan lain yang peduli akan kebersihan diri dan lingkungannya. Siapakah menurut kalian hewan-hewan yang paling bersih di dunia?

Perilaku hewan terkait dengan kebersihan termasuk kebiasaan merawat diri, mandi di air atau menggunakan bahan lain, serta menjaga kebersihan lingkungan. Yang menarik adalah bahwa perilaku tersebut ada pada berbagai jenis spesies, mulai dari invertebrata hingga vertebrata. Di sini, blogmasadi akan memberikan daftar 10 hewan paling bersih, yang perilakunya sangat mengagumkan, jadi jangan lewatkan!


Apa saja hewan-hewan paling bersih di dunia?

Banyak hewan peduli tentang kebersihan mereka. Namun, dalam artikel ini, kita akan memilah sepuluh di antaranya.

1. Kucing

hewan paling bersih di dunia


Daftar hewan paling bersih di dunia ini dimulai dari kucing. Bukan rahasia lagi bahwa kucing yang lucu ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merawat diri. Kucing menggunakan lidah mereka untuk membersihkan kotoran dan bulu mati.

Lidah kucing adalah organ yang dilapisi papila yang memiliki rongga kosong di ujungnya untuk mengumpulkan air liur dari mulut dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Dengan cara kreatif ini, mereka menyisir dan merawat bulu mereka agar tetap bersih.

Selain itu, metode yang canggih ini juga ada pada kucing liar. Studi ilmiah menunjukkan bahwa kita juga dapat menemukannya pada hewan liar seperti singa (Panthera leo), puma (Puma concolor), macan salju (Panthera uncia), harimau (Panthera tigris), dan bobcat (Lynx rufus).


2. Semut, ahli dalam merawat diri dan berorganisasi

hewan terbersih di dunia


Meskipun mungkin terdengar aneh, hewan lain yang suka membersihkan diri adalah semut. Serangga kecil ini secara rutin membersihkan wajah, antena, dan bagian tubuh lainnya dengan bantuan kaki mereka atau rekan mereka, berkat rambut-rambut kecil di kaki mereka.

Semut juga menjaga sarang mereka sangat teratur dan terstruktur. Sebagai contoh, semut India (Harpegnathos saltator) dilaporkan memiliki ruang khusus untuk mengatasi limbah biologis mereka (yang ditempati oleh larva dipteran dan isopoda). Dengan cara ini, tubuh mereka tetap bersih dan bebas dari patogen.


3. Lumba-lumba, salah satu hewan air paling bersih

hewan air paling bersih


Hewan lain yang sangat bersih adalah lumba-lumba, berkat penampilan mereka yang selalu mulus dan berkilau. Cetacea ini memiliki kulit yang sering diganti, sebagai adaptasi terhadap kehidupan di air. Pergantian konstan ini memberi mereka manfaat hidrodinamis dengan menjaga permukaan yang halus dan bersih yang menawarkan tahanan gesekan minimal.


4. Kelinci, selalu peduli pada bulunya

kelinci hewan menjaga kebersihan


Kelinci adalah hewan yang sangat cerdas dan peduli pada penampilannya, itulah mengapa mereka pantas mendapat tempat dalam daftar ini. Mereka sering merawat bulu yang lucu untuk menjaga kebersihan dan kelembutan.

Satu-satunya alasan mereka bisa terlihat kotor dan tidak rapi adalah karena stres atau penyakit. Jadi, jika kita memiliki kelinci sebagai hewan peliharaan, perhatikan perilaku kebersihannya, karena kelinci adalah hewan yang menjaga kebersihan tubuhnya.


5. Burung pengicau

Hewan lain yang sangat peduli tentang kebersihan dan keteraturan adalah burung pengicau (Passeriformes), yang sangat terobsesi dengan kebersihan sarang mereka. Karena itu, mereka terus-menerus membersihkan semua kotoran dan sisa makanan yang tidak dimakan, anak-anak yang mati, dan kantong tinja.

Perilaku sanitasi ini membantu menjaga sarang tetap kering dan bebas dari patogen. Dengan cara ini, anak burung lebih aman dari resiko terkena penyakit. Selain itu, hal ini dipercayai dapat membantu mencegah parasitisme bertelur dan menjauhkan predator; strategi yang sangat produktif untuk berkembang biak dengan sukses.

Banyak burung sering mandi untuk membersihkan diri. Mandi bisa berupa menggunakan air, debu, atau beberapa zat asing lainnya seperti semut. Yang terakhir ini, memungkinkan tubuh hewan terpapar oleh bahan kimia yang dikeluarkan oleh serangga ini (seperti asam formiat), dan dengan demikian akan terhindar dari parasit, hama, bakteri, dan jamur eksternal (berkat sifat-sifatnya).

Burung melakukan mandi semut dengan menggosokkan serangga tersebut ke bulu mereka atau dengan berdiri di sarang semut. Mereka juga dapat memanfaatkan hewan lain seperti kaki seribu, moluska, atau tanaman; solusi yang sangat cerdas untuk menjaga kebersihan.


6. Tupai

Daftar ini tidak lengkap tanpa tupai, terutama tupai merah (Tamiasciurus hudsonicus). Spesies ini menghilangkan parasit dan kotoran dengan terus-menerus menjilat, menjilati, dan mengunyah bagian tubuhnya. Mereka juga menggunakan cakar-cakar mereka untuk menggaruk area yang sulit dijangkau.


7. Penguin, hewan dengan kebersihan khusus

Penguin adalah burung yang sangat khusus, karena memiliki sayap namun tidak dapat terbang. Hewan-hewan ini juga meluangkan waktu untuk merawat diri dan perawatan pribadi mereka. Secara khusus, perawatan diri dilakukan dengan sekresi sebaceous dari kelenjar uropygial yang mereka miliki dekat dengan kloaka, yaitu di dasar ekor.

Mereka mengambil zat lilin dengan bantuan paruh dan melumurkannya ke seluruh tubuh. Dengan cara ini, mereka mengoleskannya ke bulu mereka untuk mendapatkan efek tahan air, sangat berguna saat mereka tenggelam dalam air.

Perilaku perawatan diri ini juga diamati pada spesies lain seperti bebek dan angsa.


8. Monyet, merawat diri secara berkelompok

Primata adalah hewan sosial yang sangat peduli akan kebersihan mereka. Sering kali, kita melihat mereka merawat satu sama lain untuk menghilangkan parasit. Perilaku ini melebihi sekadar merawat diri, karena memiliki kaitan dengan organisasi dan hubungan antara anggota kelompok.


9. Beruang kutub

Beruang kutub adalah hewan menarik terutama terkait dengan kebersihan. Setelah berburu dan makan, mereka menghabiskan sebagian waktu mereka untuk membersihkan sisa-sisa mangsa dari tubuh mereka. Mereka mungkin menggosok hidung dan cakar mereka di salju atau bergulung untuk membersihkan tubuhnya.

Mereka juga suka berendam di air untuk membersihkan diri, karena mereka adalah perenang yang sangat baik. Selain itu, induk beruang juga bertanggung jawab membantu anak-anaknya membersihkan diri.


10. Rusa 

Meskipun perilaku merawat diri tidak seumum pada ruminansia seperti pada cervid, ada baiknya menyertakan mereka sebagai hewan yang peduli tentang parasit di bulunya.  

Demikian pembahasan kita kali ini tentang hewan-hewan paling bersih di dunia, meskipun ada banyak hewan yang kita lewatkan karena keterbatasan ruang. Beberapa di antaranya benar-benar menarik dan melayani berbagai fungsi penting, tidak hanya terkait dengan pengurangan parasit dan kebersihan. Tanpa ragu, kebiasaan dan perilaku makhluk hidup tidak pernah berhenti membuat kita terkejut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak