8 Cara Meningkatkan CPC Adsense Anda

Mendapatkan nilai klik iklan/ CPC yang tinggi merupakan dambaan bagi blogger pemain adsense. Namun  banyak yang belum mengetahui, bagaimana sih cara meningkatkan CPC Adsense. Banyak artikel artikel yang bertebaran di Internet yang membahas cara meningkatkan CPC Adsense. Artikel yang saya tulis ini untuk melengkapi apa yang belum Anda dapatkan di artikel yang lain yang sudah Anda baca sebelumnya.

8 Cara Meningkatkan CPC Adsense

Berikut ini adalah Cara Meningkatkan CPC Adsense dengan langkah sederhana.

1. Tentukan Niche Blog Anda

Niche blog berkaitan dengan erat tentang apa yang akan Anda tulis nantinya. Inilah start awal Anda dalam membangun blog. Jika ingin mendapatkan dan meningkatkan CPC adsense yang tinggi Anda dapat memilih niche yang spesifik (microniche).Misal jika Anda kebetulan seorang perawat yang menguasai bidang perawatan luka diabetes, Anda dapat menulis artikel yang berkaitan hanya dengan perawatan diabetes.

Jangan menulis artikel dengan tema yang melebar, karena akan menurunkan CPC anda. Tulislah apa yang Anda kuasai dan menjadi passion Anda. Tips ini berlaku untuk menyiasati nilai CPC yang kecil pada blog berbahasa Indonesia. 

Jika Anda menguasai bahasa Inggris, Anda dapat membuat blog bule/ blog berbahasa Inggris dan bermain di niche asuransi, otomotif, kesehatan, properti dan beberapa niche dengan CPC gajah lainnya. 

2. Buatlah Konten Yang Menarik dan Berkaitan Dengan Niche Blog Anda.

Buatlah konten yang menarik, memenuhi kaidah SEO dan disukai oleh mesin pencarian google. Bagaimana sih konten yang memenuhi kaidah SEO itu? disebut memenuhi kaidah SEO apabila:

  • Minimal memiliki 300-400 kata dalam setiap artikelnya
  • Penyebaran distribusi keyword/ kata kunci  yang merata, di awal, di tengah dan di akhir artikel.
  • Memiliki tautan internal ke artikel yang lain untuk mengurangi rasio pantulan/ bounce rate.
  • Membuat meta deskripsi artikel dengan menempatkan kata kunci di dalamnya.
  • Judul artikel dan url artikel mengandung Kata kunci yang dibidik 
Jika Anda menggunakan platform wordpress untuk blog Anda, maka Anda tidak perlu repot dalam menerapkan kaidah SEO onpage ini, Anda bisa menggunakan plugin YOAST SEO, dan Anda cukup memperhatikan indikator YOAST SEO, apakah masih berwarna merah yang berarti "belum memenuhi SEO", warna oranye yang artinya "so far OK tapi belum sempurna" dan indikator warna hijau yang artinya "Good, silahkan lanjutkan".



3. Pengaturan Block Ads

Di dashboard adsense, Anda dapat melakukan pengatiran block ads ini dan memilih kategori filter iklan yang paling sesuai dengan niche blog Anda. Blokirlah iklan yang tidak sesuai dengan niche blog Anda karena dapat menurunkan nilai CPC Adsense Anda. Misalnya, blog Anda memiliki niche tentang Perawatan Diabetes/ Kesehatan, maka Anda dapat memblokir kategori iklan yang tidak sesuai dengan niche Blog Anda, misalnya tentang politik, belanja, kencan dan lain sebagainya.



4. Platform Pengunjung Blog 

Blog Anda dikunjungi dan dibaca dari berbagai platform seperti desktop, laptop, seluler, dan lain lain. Walaupun nilai CPC umumnya tidak terlalu terpengaruh oleh platform tempat iklan ditampilkan tetapi Anda harus mencoba dan bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk menargetkan sebanyak mungkin pengunjung.

Jika Anda dapat menjangkau pembaca pengguna ponsel smartphone, maka CPC dapat meningkat karena iklan yang ditampilkan di ponsel berkualitas lebih tinggi. Jika Anda membuat blog di platform WordPress, Anda dapat menggunakan salah satu plugin yang ada di wordpress untuk membuat blog Anda ramah untuk seluler, dan Anda menayangkan iklan AdSense yang dioptimalkan untuk ukuran layar seluler pengunjung.


5. Target Negara

Salah satu faktor yang menetukan besar kecilnya nilai CPC Adsense Anda adalah target negara. Jika Anda membidik target negara USA pastinya akan mendapatkan nilai CPC yang lebih tinggi dibanding Anda membidik target negara di Asia. Hal itu juga yang menjadikan audiens dari negara negara yang penduduknya berbahasa Inggris nilai CPCnya jauh lebih besar daripada blog berbahasa Indonesia.

6. Format Iklan Teks dan Gambar

Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa iklan yang berbentuk teks seperti iklan tautan memiliki rasio CTR (Click Trough Rate) yang tinggi dibanding jenis iklan gambar. Anda dapat mengamati dashboard Adsense Anda, dan Anda akan mendapati format iklan tautan memiliki CPC dan menghasilkan lebih tinggi dibanding iklan jenis lainnya.

7. Penempatan Iklan

Jangan menganggap remeh penempatan iklan dalam blog Anda karena penempatan iklan berbanding lurus dengan  pendapatan Adsense Anda. Anda dapat bereksperimen dengan mengatur penempatan iklan hingga mendapatkan nilai CPC yang lebih tinggi dibanding sebelum melakukan eksperimen.


8. Lakukan Eksperimen.

Seperti yang telah dibahas pada poin no.7, Anda dapat melakukan berbagai eksperimen misalkan penempatan iklan, pengaturan ad balance atau eksperimen yang lain. Ikuti saran yang diberikan oleh Google  Adsense Center untuk meningkatkan CPC Adsense Anda.



Baca juga:
Akun Adsense dibanned? Jangan Bersedih, Masih Ada Yang Lain

0 Response to "8 Cara Meningkatkan CPC Adsense Anda"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel