Kapan Konferensi Tingkat Tinggi/ KTT Non Blok Diadakan?

Konferensi Tingkat Tinggi para pemimpin negara negara non blok pertama kali diadakan di Beograd, Yugoslavia pada tanggal 1 September 1961. KTT Non Blok I ini dihadiri oleh 25 perwakilan dari berbagai negara untuk membentuk suatu organisasi yang tidak memihak salah satu blok dan bertujuan untuk melindungi negara negara dunia ketiga dari perseteruan antara blok barat dan blok timur. Untuk masuk dalam keanggotaan organisasi non blok ini syarat terpentingnya adalah negara tersebut tidak memiliki keanggotaan tetap dalam perjanjian perjanjian yang mengikat dengan negara negara yang tergabung dalam blok barat maupun blok timur.


Para pencetus gerakan non blok berpose bersama
KTT Non Blok I merupakan bentuk kelanjutan dari diadakannya Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955. Hasil dari KTT Non Blok ini mencetuskan prinsip politik yang berbunyi “politik berdasarkan koeksistensi damai, bebas blok, tidak menjadi anggota persekutuan militer dan bercita cita melenyapkan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya"

Pada awal pendiriannya, organisasi non blok ini terpecah dalam dua kelompok.

  • Kelompok revolusioner yang dipimpin oleh Presiden Yugoslavia, Josef Broz Tito dan Presiden Indonesia, Soekarno, serta didukung oleh Jawaharlal Nehru dari India, menghendaki perjuangan yang bersifat konsisten dan terus menerus melawan imperialisme.
  • Kelompok yang cenderung konservatif dan masih menginginkan untuk memiliki hubungan baik dengan negara negara adidaya  yang termasuk dalan blok barat maupun blok timur.
Perbedaan pendapat dalam organisasi non blok masih terus berlangsung hingga kini. Hal ini yang kemudian menyebabkan organisasi non blok ini tidak mampu menempatkan diri menjadi kekuatan penentang kekuasaan kekuasaan besar dunia yang konfrontatif.

0 Response to "Kapan Konferensi Tingkat Tinggi/ KTT Non Blok Diadakan?"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel