Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic (Bagian-3)

Sebelumnya Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic (Bagian-2)

Jam jam terakhir

Sepanjang perjalanan, operator radio nirkabel di Titanic, Jack Phillips dan Harold Bride, telah menerima pesan peringatan tentang adanya gunung es.  Pada malam 14 April 1912, Titanic mulai mendekati suatu daerah yang diketahui memiliki gunung es. Kapten kapal, Edward J. Smith  melakukan sedikit perubahan jalur kapal untuk berlayar menuju lebih jauh ke selatan. Namun, ia  tetap mempertahankan kecepatan kapal sekitar 22 knot.

Sekitar jam 21.40, Mesaba mengirim pesan peringatan tentang adanya sebuah ladang es. Pesan itu tidak pernah disampaikan ke petugas yang ada di anjungan Titanic. Pada jam 10.55 kapal Leyland, California, yang berada di dekatnya mengirim berita bahwa kapal tersebut berhenti setelah dikelilingi oleh es. Phillips, yang bertugas menyampaikan pesan radio, memarahi California itu karena pesan radio dari California telah menginterupsi pesannya

Dua kru pengintai, Frederick Fleet dan Reginald Lee, yang ditempatkan di pos pengintai Titanic. Tugas mereka menjadi sulit karena faktanya laut pada malam itu sangat tenang, Selain itu, Frederick Fleet dan Reginald Lee, juga kehilangan teropongnya, menambah sulit situasi pada saat itu.

Sekitar pukul 11:40 malam, sebuah gunung es terlihat, dan Anjungan pun diberitahukan. Perwira Pertama William Murdoch memerintahkan kapal untuk melakukan manuver belok ke kiri dengan tajam. dan menjalankan mesin ke arah mundur. Titanic mulai berbelok, tetapi jaraknya sudah terlalu dekat untuk menghindari tabrakan, sehingga mengakibatkan sisi bagian kanan kapal tergores saat melewati sepanjang gunung es. Setidaknya lima kompartemen kedap air yang seharusnya menuju haluan kapal pecah.

Kapten Smith kemudian memerintahkan kru radio, Phillips untuk mulai mengirimkan sinyal darurat, dan diterima oleh kapal  Carpathia sekitar pukul 12.20 pagi, pada tanggal 15 April 1912.  Namun, pada saat  menerima sinyal, kapal Carpathia berjarak sekitar 58 mil laut (107 km) jauhnya dari Titanic, dan akan memakan waktu lebih dari tiga jam untuk mencapai Titanic. Selain Carpathia, kapal Cunard juga segera menuju ke arah Titanic. Kapal-kapal lain juga merespons, termasuk Olimpiade, tetapi semua kapal itu jaraknya terlalu jauh.

Sebuah kapal terlihat di dekat Titanic, tetapi Titanic tidak dapat menghubunginya. Kapal California itu juga ada di sekitarnya, tetapi radio nirkabelnya dimatikan malam itu.

Ketika upaya-upaya dilakukan Titanic untuk menghubungi kapal-kapal terdekat, sekoci mulai diluncurkan, dengan perintah perempuan dan anak-anak dinaikkan ke sekoci terlebih dahulu. Meskipun jumlah sekoci Titanic melebihi jumlah yang dipersyaratkan oleh British Board of Trade, 20 sekoci Titanic hanya dapat mengangkut 1.178 orang, jauh dari jumlah total penumpang.

Masalah ini diperburuk oleh sekoci yang diluncurkan kurang dari kapasitasnya, karena kru kapal khawatir sekoci tidak dapat menahan muatannya. (Titanic telah membatalkan latihan sekoci yang dijadwalkan sebelumnya pada hari itu, dan para kru tidak menyadari bahwa sekoci telah diuji sebelumnya di Belfast.)

Sekoci nomor 7, merupakan sekoci penyelamat yang pertama meninggalkan Titanic, hanya memuat sekitar 27 orang, meskipun sekoci itu mampu memuat 65 orang. Pada akhirnya, hanya 705 orang yang akan diselamatkan dalam sekoci.

Ketika penumpang menunggu untuk naik ke dalam sekoci, mereka dihibur oleh pertunjukan grup musik Titanic, yang awalnya melakukan pertunjukan di lounge kelas satu, sebelum akhirnya pindah ke dek kapal. Mereka terus bermain musik sampai tak lama sebelum kapal tenggelam. Ironisnya, tidak satu pun dari musisi yang menghibur penumpang di saat saat terakhir itu yang selamat dari tenggelamnya Titanic..

Pada jam 1:00 pagi, air terlihat di dasar (E deck) Grand Staircase. Di tengah kepanikan, beberapa penumpang pria mencoba naik ke sekoci nomor 14, menyebabkan Petugas Kelima Harold Lowe menembakkan pistolnya tiga kali ke udara. Di waktu yang sama, panggilan darurat Phillips mencerminkan keputusasaan yang semakin besar ketika orang mengatakan bahwa kapal "tidak dapat bertahan lebih lama lagi."

Ketika Titanic terus tenggelam, buritan mulai naik dari air, dan sekitar pukul 2 pagi, baling-baling buritan terlihat jelas di atas air, dan satu-satunya sekoci yang tersisa di kapal adalah tiga kapal sekoci  yang bisa dilipat.

Pada sekitar jam 2:18 pagi lampu di Titanic padam. Kemudian badan kapal pecah menjadi dua, dengan haluan berada di bawah air. Butuh sekitar enam menit untuk bagian itu, untuk tenggelam menuju ke dasar laut dengan kecepatan sekitar 30 mil (48 km) per jam.  Pada pukul 2:20 pagi,  Titanic menghilang di bawah laut Atlantik.

Ratusan penumpang dan kru yang tidak dapat menyelamatkan diri berada lautan Atlantik yang sangat dingin. Karena takut dibanjiri tambahan penumpang, mereka yang selamat dan berada di sekoci menunda kembali untuk menjemput korban. Pada saat mereka mendayung kembali, hampir semua orang yang berada di dalam air telah mati karena kedinginan.

Pada akhirnya, lebih dari 1.500 orang tewas. Selain kru, yang memiliki sekitar 700 korban jiwa, penumpang kelas tiga paling banyak korbannya. Dari sekitar  710 orang penumpang kelas tiga, hanya sekitar 174 orang yang selamat. (Klaim selanjutnya bahwa penumpang yang berada di kelas tiga dilarang naik ke sekoci, dan, sebagian besar lainnya diusir).

Karena kegagalan Kapten Smith untuk membunyikan alarm, beberapa penumpang kelas tiga tidak menyadari kacaunya situasi, sampai semuanya menjadi terlambat. Banyak wanita juga menolak untuk meninggalkan suami dan putra mereka, sementara sebagian lainnya kesulitan untuk mencapai dek atas, sehingga ketika mereka mencapai dek atas, sebagian besar sekoci penyelamat telah diluncurkan.

Tenggelamnya kapal titanic
Ilustrasi tenggelamnya kapal Titanic, foto via Britannica

Sumber 

0 Response to "Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic (Bagian-3)"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel