Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic (Bagian-1)

Tanggal 14 April 1912 menjadi hari  kelam dalam sejarah pelayaran Inggris. Royal Mail Ship (RMS) Titanic, kapal penumpang mewah buatan Inggris  tenggelam pada  tanggal 14-15 April 1912 pada pelayaran perdananya, dalam perjalanan dari Southampton ke Kota New York.

Tragedi tenggelamnya kapal Titanic menewaskan sekitar 1.500 penumpang dan kru kapal. Dari kurang lebih 2200 penumpang dan awak kapalnya, hanya 700 orang yang berhasil selamat, sebagian besar adalah perempuan dan anak anak.

Salah satu tragedi paling terkenal dalam sejarah modern itu mengilhami banyak cerita, beberapa film, dan drama musikal dan telah menjadi subyek banyak beasiswa dan spekulasi ilmiah untuk menelitinya.

RMS Titanic, foto via The National Archives/Heritage-Images/Imagestate

Konstruksi Awal Pembangunan Titanic

Pada awal dekade 1900-an, jalur trans-atlantik sangat menguntungkan dan kompetitif untuk dilayari, Hal ini membuat kapal kapal berlomba untuk mengangkut para pelancong dan imigran yang kaya.

Dua pemain utama perusahaan Kapal/ Liner, White Star dan Cunard berusaha menangkap peluang ini.. Pada musim panas tahun 1907, Cunard tampaknya siap untuk meningkatkan pangsa pasar dengan meluncurkan  dua kapal baru, Lusitania dan Mauretania, yang dijadwalkan  akan beroperasi pada  akhir tahun 1907.

Kedua perusahaan liner ini menarik banyak perhatian karena kecepatan kapalnya ketika melintasi samudra Atlantik,  CEO White Star, J. Bruce Ismay dilaporkan bertemu dengan William Pirrie, yang mengendalikan perusahaan galangan kapal Belfast Harland dan Wolff, seperti diketahui perusahaan galangan kapal inilah yang membangun sebagian besar kapal milik White Star. Kedua lelaki itu berencana untuk membangun Kapal kelas Liner Besar yang akan dikenal karena kenyamanannya, di samping kecepatannya itu sendiri. Akhirnya diputuskan bahwa tiga kapal akan dibangun: Olimpiade, Titanic, dan Britannic.

Pada tanggal 31 Maret 1909, kapal Olimpiade mulai dibangun dan menyusul 3 bulan setelahnya Titanic pun dimulai pembangunannya. Kedua kapal dibangun berdampingan dalam gantry yang dibangun khusus yang dapat menampung ukuran kedua kapal. Titanic dirancang oleh Thomas Andrews dari Harland dan Wolff.

Berikutnya - Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic (Bagian-2)

Sumber 

0 Response to "Tragedi Tenggelamnya Kapal Titanic (Bagian-1)"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel