Tips Mengatasi Kompor Gas LPG Tidak Mau Menyala

Artikel ini spesial buat emak emak para pejuang dapur, yang dalam kesehariannya berkutat dengan masak memasak. Buat para Bapak juga tidak ada salahnya baca bca artikel ini jadi ketika terjadi problem di dapur, Bapak bapak bisa mengatasinya, tanpa perlu memanggil teknisi.

Problem kompor gas LPG tidak mau menyala umum dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Mas Adi pun sudah beberapa kali dimintai tolong sama emak buat betulin kompor gas di rumah yang suka ngadat.Karena background Mas Adi 10 tahun bekerja sebagai teknisi Utility, Mas Adi kerjain aja. Pasti kesel kan, kalau pagi pagi emak emak harus siapin sarapan pagi buat anak dan suami tapi kompor gasnya nggak mau nyala. Yuk kita mulai aja deh.

Baca juga: Tips agar lilin menyala tahan lama, solusi hemat saat listrik sekarat

Step by step betulin kompor gas tidak mau nyala

1. Bersihkan ujung pemantiknya

Caranya dengan membuka/ mengangkat bagian penyangga panci/ wajannya, dan cari benda kecil berwarna putih dengan ujung yang runcing. itu adalah pemantiknya. Hampir semua merek kompor gas memiliki bentuk pemantik yang sama, hanya penempatannya yang berbeda beda. Pemantik kompor gas harus bersih dari kotoran agar bisa memercikkan api dengan baik. Pemantik yang kotor mungkin dikarenakan pernah terkena tumpahan kuah atau terpapar uap minyak yang berasal dari aktifitas memasak yang emak lakukan. Bila pemantik kompor gas sudah betul betul bersih, sekarang coba emak coba menyalakan kompor gas, apakah ada percikan api di ujung pemantiknya, bila ada maka kompor gas sudah bisa digunakan. Bila ternyata dari pemantik belum mengeluarkan percikan api walaupun sudah dibersihkan, kita lanjutkan ke step berikutnya.

2. Cek jalur kabel, 

Periksa jalur kabel yang berasal dari baterai menuju ke pemantik apakah ada yang terputus atau terlepas. Kabel pemantik kompor gas bisa terputus karena dimakan tikus atau putus pada saat digeser atau dipindah. Bila emak yakin tidak ada kabel yang putus atau terlepas, tapi pemantik masih belum keluar percikan api kita lanjutkan pada step berikutnya.


3. Cek baterai,

Pemantik tidak menyala bisa disebabkan karena baterai habis. Emak coba ganti dengan baterai yang baru. Jika pemantik sudah dibersihkan, kabel tidak ada yang terlepas, baterai sudah diganti seharusnya pemantik sudah bisa menyala, dan mengeluarkan percikan api. Tapi jika pemantik masih tidak bisa mengeluarkan percikan api maka Mas Adi berasumsi bahwa pemantik kompor punya emak sudah rusak dan minta diganti. Jika emak berniat mengganti sendiri pemantiknya, emak bisa mencari pemantik dengan tipe atau model yang sama. Emak bisa cari di toko toko yang menjual kompor gas, tempat servis atau mencari pemantik kompor gas di tokopedia, ada yang jual kok. Tapi jika emak pada tahap ini tidak pengen direpotkan dengan mengganti pemantik yang rusak, emak tinggal bawa kompor emak ke tempat servis.

4. Periksa aliran gas LPG, 

Jika saat di tes nyala, pemantik bekerja dengan baik tapi kompor emak tidak juga menyala, emak coba periksa selang gas LPG dari tabung gas menuju ke kompor. Coba emak ketuk pelan pelan selang gasnya. Jika kompor gas lpg emak masih belum bisa menyala, kita lanjutkan ke tahapan berikutnya.

5. Lepaskan dan pasang kembali regulator gas. 

Jika pemantik kompor gas sudah oke, jalur kabel oke, baterai oke, selang gas juga sudah diperiksa, coba lepaskan kemudian pasang kembali regulator gas, dengarkan dengan seksama apakah ada bunyi aliran gas. Jika pada tahap ini kompor emak masih belum juga menyala, berarti gas lpg punya emak habis dan sudah minta diganti tabung gas yang isi.

Oke emak, demikian tips mengatasi kompor gas LPG yang tidak mau menyala. Semoga bermanfaat ya mak.

Salam sukses

0 Response to "Tips Mengatasi Kompor Gas LPG Tidak Mau Menyala"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel