Tips Mudah Mengatasi Masalah Pada Mesin Cuci 2 Tabung

Jika sebelumnya Mas Adi membahas Tips Mengatasi Kompor Gas LPG Tidak Mau Menyala maka pada postingan kali ini Mas Adi akan membahas Tips Mudah Mengatasi Masalah Pada Mesin Cuci 2 Tabung. Seperti yang kita tahu, kita menggunakan mesin cuci dalam kehidupan kita sehari hari, sehingga ketika mesin cuci kita tiba tiba ngadat, akan sangat mengganggu, dan kita akan kembali ke jaman saat kita mencuci menggunakan sikat cuci.

Kenapa mesin cuci 2 tabung?

Mas Adi belum pernah bongkar selain yang 2 tabung jadi belum berani mengulas mesin cuci yang 1 tabung top loading maupun mesin cuci 1 tabung front loading. 

Berdasarkan cara kerjanya mesin cuci 2 tabung mempunyai fungsi yang berbeda: Tabung pertama dipakai untuk mencuci dan membilas pakaian. Tabung kedua digunakan sebagai pengering pakaian ketika pakaian selesai dicuci.

Mesin cuci 2 tabung memiliki kelebihan dari segi harga yang relatif  lebih terjangkau dibandingkan mesin cuci type 1 tabung, dan pemakaian listrik relatif lebih sedikit, karena mesin cuci ini didesain agar ekonomis.

Kekurangan mesin cuci 2 tabung yaitu kalian harus mengeluarkan tenaga untuk memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung pengering setelah pakaian dicuci, proses mencuci menjadi 2 tahap. Tingkat kekeringan pakaian yang dicuci mesin cuci 2 tabung hanya mencapai 70% karena mesin cuci ini tabung berputar vertikal sehingga air tidak bisa turun semuanya. Mesin cuci 2 tabung juga membutuhkan volume air cukup banyak, sebab jika mesin cuci kekurangan air, mesin cuci tidak bisa berputar, oleh sebab itu mesin cuci 2 tabung membutuhkan air paling banyak.

Masalah pada mesin cuci 2 tabung

Masalah yang terjadi pada mesin cuci 2 tabung umumnya adalah antara lain sebagai berikut:
1. Saluran pembuangannya sering tersumbat, biasanya diakibatkan oleh pakaian dalam yang keluar dari tabung pengering, ataupun uang koin yang tidak dikeluarkan terlebih dahulu, sehingga air pembuangan mengalir tersendat, dan memperlambat proses mencuci pakaian.
2. Saluran pembuangan bocor karena pegas klep tidak balik , hal ini diakibatkan oleh usia pemakaian mesin cuci yang sudah lama atau jam terbang mesin cuci yang sudah tinggi, sehingga per yang ada di dalam klep kehilangan fungsi pegasnya (tidak balik, macet)
3. Problem kelistrikan, biasanya terjadi pada motor penggerak yang sudah melemah kapasitornya, sehingga ketika mesin cuci dijalankan, motor listriknya hanya berdengung tapi tidak berputar. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti kapasitor mesin cuci dengan yang baru. problem kelistrikan lainnya yang biasanya terjadi yaitu gulungan motor terbakar, tidak ada yang dapat dilakukan kecuali membongkar motor dan menggulung ulang lilitan pada motor yang terbakar tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini Mas Adi akan membahas masalah yang diakibatkan pada nomer 1 dan nomer 2, Saluran pembuangannya sering tersumbat, dan Saluran pembuangan bocor karena pegas klep tidak balik. Kali ini Mas Adi menggunakan mesin cuci Panasonic NA-W76FC2 2 tabung top loading.

Tips Mudah Mengatasi Masalah Pada Mesin Cuci 2 Tabung


Cara Mudah Mengatasi Masalah Pada Mesin Cuci 2 Tabung


Untuk mengatasi masalah tersumbatnya saluran pembuangan mesin cuci, pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan membuka cover penutup mesin cuci pada bagian belakang, kalian akan memerlukan sebuah obeng kembang (plus) untuk membukanya. 

Setelah terbuka, maka kalian akan melihat saluran pembuangan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:




Bentuk dari saluran pembuangan pada masing masing merek mesin cuci dapat berbeda beda, tapi umumnya tepat berada di balik cover penutup mesin cuci pada bagian belakang. Selanjutnya kalian buka baut penguncinya,


Kalian perhatikan gambar di atas, selalu ingat bahwa jika saluran pembuangan terus mengalirkan air, artinya klep tidak menutup sempurna, hal ini umumnya diakibatkan karena per/ pegas yang tidak kembali ke keadaan awalnya. Penyebabnya bisa karena per mengunci, bisa juga karena per kehilangan daya pegasnya karena pemakaian yang sudah terlalu lama.



Nah yang dilingkari pada gambar di atas merupakan saluran pembuangan mesin cuci baik dari tabung pencuci maupun tabung pengering, keduanya akan dialirkan melalui saluran pembuangan ini. Seperti yang Mas Adi jelaskan di awal artikel, jika ketika selesai mencuci kalian hendak membuang air cucian dan alirannya tersendat, maka terjadi sumbatan pada jalur pembuangan ini. Periksa pada bagian ini dengan seksama apakah terdapat koin atau benda lain yang menyumbat. Jika ada segeralah diambil. Pastikan jalur pembuangan ini bebas dari benda apapun agar air dapat mengalir dengan lancar.

Memperbaiki mesin cuci itu sebenarnya mudah, karena permasalahannya tidak jauh dari saluran pembuangan yang tersumbat, air yang terus mengalir keluar saat sedang mencuci atau motor pencuci yang mendengung karena kapasitornya melemah.

Demikian Tips Mudah Mengatasi Masalah Pada Mesin Cuci 2 Tabung. Semoga bermanfaat, dan sampai berjumpa lagi di artikel yang lain
Salam sukses

0 Response to "Tips Mudah Mengatasi Masalah Pada Mesin Cuci 2 Tabung"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel