Tradisi Tedhak Siten - Ritual Saat Pertama Kali Menginjakan Kaki ke Tanah

Tedhak siten merupakan rangkaian prosesi adat tradisional dari tanah Jawa yang diselenggarakan pada saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah. Tedhak berarti menginjak, dan Siten artinya tanah. Tradisi Tedhak Siten ini umumnya dilakukan ketika anak memasuki usia tujuh atau delapan bulan. Tradisi Tedhak Siten ini dilakukan sebagai penghormatan kepada bumi, tempat anak belajar menginjakkan kaki.

tedhak siten
Prosesi Upacara Tedhak Siten, foto via timurjawa.com

Prosesi Tedhak Siten dimulai pada pagi hari dengan menyiapkan berbagai makanan, yaitu jadah tujuh warna dan tumpeng dengan ayam utuh. Kemudian, anak melakukan prosesi menapakkan kaki di atas jadah tujuh warna dan prosesi naik tangga. Tangga yang disediakan dibuat dari tebu jenis arjuna. Maknanya agar anak memiliki sifat seperti Arjuna (tokoh wayang yang bertanggung jawab dan tangguh).

Selanjutnya, anak dikurung dalam kurungan ayam. Kemudian, anak diminta untuk memilih tiga benda yang disediakan. Benda yang disediakan antara lain adalah perhiasan, alat tulis, kapas, cermin, buku, dan sebagainya. Anak diminta mengambil tiga benda tanpa bantuan orang lain. Tiga benda yang dipilih oleh anak akan menggambarkan masa depan anak. Selanjutnya adalah menyebar beras kuning yang dicampur dengan uang kepada masyarakat yang menonton. Ini agar anak memiliki sifat dermawan. Terakhir adalah melepas ayam.

Baca juga: Tips agar tidak terkena razia saat menginap di hotel

0 Response to "Tradisi Tedhak Siten - Ritual Saat Pertama Kali Menginjakan Kaki ke Tanah"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel