10 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pada Saat Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Wawancara kerja merupakan salah satu proses yang harus dijalani oleh setiap pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang dilamarnya. Jika di artikel sebelumnya kita membahas Cara mengatasi Grogi Pada Saat Wawancara Kerja maka kali ini kita akan membahas 10 kesalahan yang harus dihindari pada saat wawancara kerja.

Melalui proses wawancara kerja bahasa Inggris ini, perusahaan menyaring calon karyawan dan mengumpulkan informasi serta menggali kemampuan dari calon kandidat pelamar, khususnya yang memiliki kemampuan lebih dalam bahasa Inggris. Untuk itu proses wawancara ini tidak boleh dianggap sepele. Berikut ini 10 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pada Saat Wawancara Kerja Bahasa Inggris:

wawancara bahasa inggris

1. Datang terlambat dari jadwal yang ditentukan - Showing at late

Untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, sebisa mungkin kita harus bisa menciptakan kesan yang menarik di detik-detik pertama, karena saat itulah yang paling menentukan bagi HRD untuk menilai seperti apa diri kalian. Dengan datang terlambat dari jadwal wawancara, apalagi tidak mengkonfirmasi keterlambatan tersebut sebelumnya, maka yang ada di image HRD saat itu adalah kalian kandidat calon karyawan yang buruk.  Alih-alih tertarik, HRD akan membuang berkas lamaran kerja kalian ke tempat sampah. Di luar sana masih mengantri orang-orang yang mungkin lebih baik attitude-nya dari kalian.

2. Jangan menjelek-jelekan bekas atasan atau tempat kerja sebelumnya - slating your ex or current company or boss

Ketika kalian ditanya alasan mengapa pindah dari tempat sebelumnya, jawablah dengan netral dan tidak menjelek-jelekkan bekas atasan atau perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Jangan menjawab dengan jawaban yang justru akan memancing pertanyaan berikutnya. Jika kalian melakukannya, percayalah HRD tidak akan respek dengan jawaban kalian, dan segera mencoret nama kalian dari daftar kandidat karyawan.

3. Tidak Mematikan ponsel ketika wawancara berlangsung - keep your mobile phone on

Ingat bahwa yang kalian hadapi adalah calon atasan kalian. Mengangkat telpon pada saat pembicaraan berlangsung adalah hal yang tidak sopan untuk dilakukan. Jika saat wawancara saja kalian dianggap tidak menghormati lawan bicara, apalagi setelah kalian diterima kerja. Matikan atau pindahkan ke mode silent untuk sementara waktu, hingga proses wawancara kerja selesai. Setelah itu bebas kalian mau pelototin ponsel kalian sampai lowbat tidak jadi soal.

4. Jabat tangan yang tidak bertenaga - Limp handshake

Jabat tanganmu mewakili kepribadianmu. Saat kalian berjabat tangan dengan pewawancara, lakukan dengan penuh optimis dan bertenaga, sambil sedikit digoyang dan tatap matanya penuh keyakinan. Saat tanganmu terasa lemas dan tidak bertenaga, pewawancara akan menganggapmu lemah dan tidak punya keyakinan. 

5. Terlalu banyak bicara - Chat up the storm

Momen wawancara adalah momen terbaik untuk show up kemampuan dan ketrampilan yang kalian miliki. Namun, itu tidak berarti lantas kalian menjadi orang yang terlalu banyak berbicara. Sampaikan poin-poin "jualan" kalian secara tepat dan tidak melebar kemana-mana. Fokuslah pada inti pembicaraan kalian secara ringkas dan mengena. 

6. Percaya diri yang berlebihan/ Over Confident

Percaya diri itu bagus, namun terlalu percaya diri menjadi tidak bagus. Yang perlu diperhatikan adalah, kalian baru berada di tahap wawancara kerja, masih ada beberapa tahapan lain yang harus dilalui. Jangan sampai kepercayaan diri kalian yang berlebihan membuat kalian merasa diistimewakan sehingga mangabaikan hal-hal lain yang harus dipenuhi. Terlebih ketika ada orang dalam di perusahaan tersebut yang kalian kenal. Sikap terlalu percaya diri tersebut yang akan cenderung membuat kalian untuk  salah langkah. 

Ingat, pewawancara dapat membaca kepribadianmu dari ketika kamu masuk ruangan wawancara, dari cara duduk, atau berbagai polah kalian selama wawancara kerja berlangsung. 

7. Terlalu banyak bertanya - Ask more and more

Saat berlangsungnya wawancara kerja, kalian akan diberikan kesempatan untuk bertanya, maka pergunakanlah untuk bertanya secukupnya dan seperlunya. Ingatlah bahwa kalian adalah obyek yang diwawancara, bukan subyek yang mewawancara. 

8. Tidak bertanya sama sekali - You dont ask anything back

Serba salah, itulah ungkapan yang tepat untuk orang yang sedang diwawancara kerja. Terlalu banyak bertanya, bisa bikin dicoret dari daftar kandidat, tidak bertanya sama sekali ketika diberi kesempatan bertanya, juga dapat mengakibatkan berkas lamaranmu disingkirkan. 

Untuk menyiasatinya, siapkan setidaknya 3-5 pertanyaan terkait pekerjaan, sehingga memberikan kesan bahwa kalian sangat tertarik dengan pekerjaan tersebut.

9. Terlalu tinggi berharap - To have irrasional hope

Kalau kamu baru lulus dari sekolah dan ini adalah wawancara kerja pertama kali di sepanjang hidupmu, tahu dirilah bahwa kamu masih anak bawang. Jangan minta gaji atau fasilitas yang tidak sepadan dengan kualifikasimu. 


10. Menggunakan asesoris dan berpakaian yang berlebihan - Wear excessive dress or accesories

Ada pepatah Jawa yang menyatakan "Ajining Diri soko lati, Ajining Sariro saka Busana" yang bermakna, Orang dihargai dari setiap ucapannya, dan orang akan menilai dari penampilan dan cara kita berbusana. Jika cara berbusana kita baik, maka akan baik pula penilaian orang lain terhadap kita. Sebaliknya, jika cara berpakaian kita buruk, orang juga akan menilai penampilan kita buruk.


Demikian 10 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pada Saat Wawancara Kerja, silahkan kalian pahami setiap poinnya Semoga bermanfaat dan kalian mendapatkan pekerjaan yang kalian idam-idamkan.

0 Response to "10 Kesalahan Yang Harus Dihindari Pada Saat Wawancara Kerja Bahasa Inggris"

Post a Comment

Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume Lamaran Pekerjaan

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tahapan  Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume. Sebagian mungkin sudah ada yang t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel