Tips Agar Surat Lamaran Kerja Kita Tidak Dibuang di Tempat Sampah

Mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan merupakan sesuatu kebahagiaan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Perasaan senang, bersyukur bercampur menjadi satu, pokoknya exciting. Namun ada kalanya juga, kita sering menghadapi kenyataan, setelah menyebarkan banyak lamaran ke berbagai perusaahaan, tidak ada satu pun yang nyangkut. Kita pasti berpikir, salahnya di mana?
surat lamaran kerja dibuang begitu saja
Capek capek bikin lamaran kerja, dibuang ke tempat sampah?
Pasti sedih kan liat gambar di atas? sudah capek bikin lamaran kerja, habis duit juga buat beli map, cetak foto, fotokopi dan naik ojek buat ke perusahaan yang dilamar, eh dibuang ke tempat sampah  begitu saja. 


Nah, biar tidak kejadian seperti itu Mas Adi ada beberapa saran yang bisa kalian terapkan. Yuk disimak:

Jika kalian Fresh Graduate, lulusan baru, jangan pilih pilih pekerjaan dulu

Apapun pekerjaan pertama kalian, yang pertama kalian harus lakukan adalah bersyukur kalian bisa mendapatkan pekerjaan, apapun itu, karena masih banyak sekali teman-teman kalian yang masih jobless, belum bekerja. 

Gak apa jadi pramuniaga toko, kalian bisa pelajari software Point Of Sale (POS) yang umumnya digunakan di toko-toko, Jadi operator warnet? gak masalah, itu kesempatan untuk kalian belajar apa pun di internet, banyak sekali ilmu yang bertebaran di internet. Rugi jika ada kesempatan buka internet gratis kalian cuma menghabiskan waktu buat buka xvideos, xnxx atau semprot dot com.  Jadi operator di pabrik? gak masalah, itu akan jadi pengalaman yang sangat berharga buat kalian.

Mas Adi sendiri dulu lulusan STM Listrik Instalasi, peringkat 2 NEM tertinggi se-kabupaten, tapi pekerjaan pertama yang Mas Adi dapatkan yaitu bekerja di sebuah bengkel mobil milik sebuah perusahaan HPH, jadi montir mobil di tengah pedalaman hutan di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, dengan gaji hanya Rp. 200 ribu sebulan!!

Jangan mudah mengeluh, apalagi curhat di fesbuk, nyalahin rezim, big no. Pekerjaan nggak akan datang saat kalian curhat di beranda atau di grup FB. Yang ada kuota kalian yang harusnya buat browsing nyari info loker, malah habis dan kalian akan minta lagi sama bokap nyokap kalian, menyusahkan orang tua itu namanya.

Saat kalian telah memiliki pengalaman kerja, jual diri kalian !!

Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang sama sekali tidak menjual:

Tips Agar Surat Lamaran Kerja Kita Tidak Berakhir di Tempat Sampah
Surat lamaran kerja format baku yang tidak ada nilai jual sama sekali
Mas Adi tidak sedang mengecilkan contoh surat lamaran kerja di atas, tapi contoh surat lamaran kerja di atas terlalu baku, tidak ada nilai jual sama sekali. Di mata HRD, surat lamaran tersebut terlihat biasa biasa saja, dan akan segera berakhir nasibnya di tempat sampah. 

Ingat bahwa kalian sedang bersaing dengan puluhan atau ratusan kandidat pelamar lainnya. Kalian harus bisa membuat HRD tertarik untuk membaca surat lamaran kerja kalian dalam 5 detik pertama!


Lalu bagaimana cara membuat surat yang menjual?

Pada dasarnya surat lamaran kerja atau yang disebut cover letter ini tidak perlu panjang-panjang dan menuliskan semua lampiran dokumen. pas foto 3x4, foto kopi sertifikat, KTP cukup digantikan dengan "berkas dokumen pendukung terlampir". 

Kalian bisa jabarkan data pribadi atau pengalaman kerja kalian di bagian resume atau beberapa di antara kalian menyebutnya Daftar Riwayat Hidup.

Berikut ini contoh surat lamaran Mas Adi yang diambil dari jobsdb:

HR Department 
PT. SUPRABAKTI MANDIRI
GRAHA SUPRA
Jln. Danau Sunter Utara Blok A No. 9 Sunter - Jakarta Utara

 Dengan hormat

      Saya tertarik melamar posisi Engineer yang diiklankan di http://www.jobsdb.com, Untuk keperluan tersebut saya sertakan resume terlampir untuk direview lebih lanjut.

Saya lulusan SMK jurusan listrik tahun xxxx dan memiliki pengalaman kerja di bidang teknik selama 10 tahun. Saya yakin bahwa keahlian dan pengalaman saya di masa lalu dapat memberikan kontribusi besar bagi perusahaan Anda. Karena itu saya sangat menghargai kesempatan untuk membahas kualifikasi saya untuk posisi ini secara lebih rinci dengan Anda

      Terima kasih atas pertimbangan Anda dan saya menunggu kabar dari Anda.

Hormat saya
Mas Adi

Nah beda banget kan dengan contoh surat lamaran kerja yang pertama? Memang contoh surat lamaran kerja yang di bawah punya Mas Adi tidak menjamin kalian dapat pekerjaan saat itu juga, tapi dengan contoh surat lamaran tersebut kalian telah menciptakan first impression yang baik di mata HRD, serta lebih profesional.

Lho kalau yang belum punya pengalaman kerja gimana mas formatnya?

Kurang lebih sama, cantumkan keunggulan kalian, entah itu prestasi di sekolah, pengalaman kalian di organisasi macam OSIS, Rohis, atau tentang diri kalian yang tahan banting, pribadi yang jujur dan sebagainya, pokoknya yang menarik dari diri kalian. Intinya buat HRD jatuh cinta dengan kalian pada pandangan pertama.

Nah pada tahapan berikutnya kalian tinggal menunggu panggilan selanjutnya serta bersiap untuk menghadapi psikotes. Kalian bisa baca-baca tips menghadapi psikotes pada artikel ini atau tips menghadapi tes buta warna di sini 

Silahkan dishare sebanyak-banyaknya ke teman teman kalian agar lebih bermanfaat.
Salam sukses

0 Response to "Tips Agar Surat Lamaran Kerja Kita Tidak Dibuang di Tempat Sampah"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel