Bentuk-Bentuk Muka Bumi Dasar Laut

Konten [Tampil]
Permukaan bumi di dasar laut juga memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan bentuk muka bumi yang ada di daratan. Bentuk muka bumi dasar laut terdiri dari: paparan benua, lubuk laut, gunung laut, palung atau trog, punggung laut, dan sebagainya.

Muka bumi di dasar laut berdasarkan bentuknya:


a. Paparan Benua/ Continental Shelf

Paparan benua merupakan dasar laut yang dangkal, dengan kedalamannya tidak lebih dari 200 meter, Paparan benua umumnya terdapat di sepanjang pantai dan merupakan bagian dari dataran atau benua tersebut. Paparan benua disebut juga dangkalan karena merupakan laut yang tidak dalam atau dangkal. Contoh: Dangkalan Sunda dan Dangkalan sahul.

Bentuk Muka Bumi Dasar Laut
Bentuk muka bumi dasar laut, foto via wikipedia


b. Lereng Benua/ Continental  slope

Lereng benua merupakan suatu lereng di dasar laut yang terletak antara paparan benua dan daerah laut dalam. Kedalaman lereng benua lebih dari 200 meter.

c. Basin

Basin (lubuk laut atau ledok laut) adalah dasar laut yang bentuknya cekung seperti jambangan atau berbentuk seperti huruf U, memiliki tebing yang cukup curam dan dasar yang relatif datar.
Contoh: Basin Sulu, Basin Sulawesi, Basin Aru, dan sebagainya

d. Gunung Laut

Gunung laut (Volcanic Island) yaitu gunung yang kakinya berada di dasar laut dan puncaknya muncul di atas permukaan air laut. Contoh: Gunung Krakatau di Selat Sunda.

e. Palung Laut

Palung laut (oceanic trench) yaitu dasar laut yang berupa lembah sempit, curam, dalam dan memanjang di dasar laut, bentuknya seperti huruf V. Contoh: Palung laut Banda, Palung laut di Selat Makassar, dan sebagainya.

f. Ambang laut

Ambang laut merupakan pegunungan dasar laut yang puncaknya belum mencapai ke permukaan air laut.

g. Punggung laut/ Submarine Ridge

Punggung laut yaitu pegunungan dasar laut yang puncaknya muncul ke permukaan air laut.


Baca juga:
Bentang alam - Kenampakan alam Indonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak