Cara bikin Video Youtube Berbahasa Inggris Memanfaatkan Aplikasi Text To Speech

Untuk mejadi seorang youtuber atau lebih tepatnya content creator Youtube, selain dituntut untuk kreatif dalam menemukan ide-ide untuk dituangkan dalam sebuah konten video, teman-teman juga setidaknya harus mengetahui cara membuat video yang enak untuk ditonton. Dan yang paling penting adalah mencari penontonnya.


Youtube Engine Optimization 


Adalah hal yang sia-sia dan ngenes, ketika kita udah bikin konten video bagus-bagus tapi penontonnya nggak ada. Bagaimana tidak, kita udah menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat video, tapi saat kita upload ke youtube, view-nya sedikit, atau bahkan tidak ada. Nah, untuk itu kita  perlu menjalankan YEO untuk tiap-tiap video yang kita upload. apa itu YEO? itu kepanjangan dari Youtube Engine Optimization, Sebenarnya tidak ada sih istilah YEO, itu saya karang sendiri 😂.

 Nah, di kesempatan yang lalu, kita sudah belajar cara setting video youtube dengan target penonton luar negeri, tentunya dengan menambahkan subtittle sesuai dengan negara-negara yang menjadi target kita. Sekarang kita akan belajar membuat video dengan narasi bahasa Inggris, agar video kita lebih mudah dipahami oleh orang asing khususnya yang menggunakan bahasa Inggris.

Software Text To Speech

Untuk pembuatan videonya sebenarnya sama saja, teman-teman bisa menggunakan video creator seperti adobe premiere, sony vegas movie, atau aplikasi pembuat film lainnya. Yang paling penting adalah pengisian suaranya. Kalian bisa saja pakai suaranya mbak google translate untuk mengisi suara seperti beberapa youtuber lainnya, tapi saya tidak rekomendasikan. Jujur aja saya kalau nemu video yang diisi suara mbak google translate, langsung saya dislike tanpa melihat lebih lanjut videonya. 

Terlebih target audience kalian adalah bule, tentunya akan sangat tidak profesional jika kita menggunakan suara mbak google.

Lalu bagaimana caranya?

Untuk mengisi suara video dengan bahasa Inggris kalian bebas menggunakan apapun software text to speech yang ada di internet, Di artikel ini saya akan share cara menggunakan software text to speech videorobot. Sebuah software yang di jaman dahulu pernah saya mau balikin ke yang jual, karena basic lisense-nya saya cuma dikasih durasi gak sampe 2 menit.. Videorobot merupakan aplikasi web based untuk pembuatan video marketing. Saya jarang pakai untuk pembuatan videonya, saya hanya menggunakan fitur text to speechnya. Berikut step by step pemanfaatan fitur text to speech yang dimiliki oleh videorobot

1. login ke https://videorobotapp.com/login

masukan email dan password

2. Pilih "create video"



3. Pada tahap ini kita bebas memilih template video yang disediakan, karena fokus kita adalah memanfaatkan fitur text to speeh, bukan bikin video, lalu klik next



4. Pada tahapan ini, kita diminta memilih karakter presenter, abaikan saja dengan memilih sembarang karakter yang tersedia. Klik next




5.  Pada tahap ini kita akan memilih bahasa dari negara mana yang akan digunakan. Saya prefer antara menggunakan British English dibandingkan US English, karena aksen pengucapan British English terdengar jelas dan mudah dipahami.



6. Selanjutnya, kita disediakan pilihan tipe suara yang akan digunakan, apakah suara laki-laki, perempuan, atau anak-anak.



7.  Selanjutnya kita pastekan artikel ke dalam kotak yang telah disediakan, lalu klik "Import speech"

8. Pengubahan teks ke suara selesai, selanjutnya kita bisa merekam suara yang telah dihasilkan menggunakan sound recorder atau perangkat lain dan kita masukkan ke dalam video yang akan kita buat.



Note:
Teman teman juga dapat menggunakan aplikasi text to speech yang ada di google playstore, sekarang sudah tersedia banyak pilihan

0 Response to "Cara bikin Video Youtube Berbahasa Inggris Memanfaatkan Aplikasi Text To Speech"

Post a Comment

Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume Lamaran Pekerjaan

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tahapan  Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume. Sebagian mungkin sudah ada yang t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel