9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Konten [Tampil]
Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Montana menyatakan "Burung Merpati adalah salah satu makhluk yang paling cerdas, dan makhluk yang memiliki keahlian fisik paling mahir di dunia binatang"

Kecerdasan burung merpati
Merpati merupakan burung yang cerdas

9 Kecerdasan Burung Merpati

Merpati, dengan kemampuannya telah diuji coba dalam berbagai percobaan dalam perbandingan  psikologi, termasuk percobaan dengan hewan kognisi, dan sebagai hasilnya kita memiliki cukup data
kecerdasan seekor pengetahuan tentang Kecerdasan Merpati:

  1. Merpati dapat mengenali 26 surat dalam bahasa Inggris
  2. Merpati dapat diajarkan tindakan yang relatif kompleks dan merespon secara berurutan, dan dapat belajar untuk membuat tanggapan dalam urutan yang berbeda.
  3. Dalam sebuah tes ilmiah telah ditemukan bahwa merpati dapat membedakan foto yang berbeda dan bahkan dapat membedakan antara dua manusia yang berbeda dalam sebuah foto.
  4. Studi yang dilakukan di Keio University di Jepang menunjukkan bahwa merpati bisa belajar untuk membedakan antara lukisan Van Gogh, dan Chagall berdasarkan beberapa fitur isyarat, pola dan warna.
  5. Merpati mampu mengingat banyak individu dalam gambar untuk waktu yang lama, misalnya ratusan gambar untuk periode beberapa tahun.
  6. Merpati memiliki kemampuan untuk membagi perhatian antara dimensi yang berbeda dari stimulus reaksi spontan akibat suatu rangsangan, tapi seperti manusia dan hewan lainnya kinerja mereka dengan beberapa dimensi lebih buruk daripada dengan stimulus satu dimensi.
  7. Merpati mudah belajar untuk menanggapi di hadapan stimulus sederhana dan menahan respon di hadapan stimulus yang berbeda, atau membuat tanggapan yang berbeda apabila dihadapkan pada rangsangan yang berbeda. 
  8. Merpati dapat membedakan individu merpati lainnya, dan dapat menggunakan perilaku merpati lainnya sebagai isyarat respon untuk menanggapi mereka.
  9. Merpati dengan mudah belajar membuat suatu tanggapan secara berbeda terhadap kategori yang berbeda dari suatu rangsangan, misalnya dengan menggunakan gambar segitiga hijau atau manusia.

Semua ini adalah kapasitas yang cenderung ditemukan pada kebanyakan spesies mamalia dan burung. Selain itu merpati memiliki kemampuan yang tidak biasa, mungkin unik, untuk mempelajari rute kembali ke rumah mereka dari jarak jauh. Perilaku merpati ini adalah berbeda dari migrasi
burung lainnya, yang biasanya terjadi secara rutin setiap tahun, sedangkan merpati lebih fleksibel; Namun mekanisme serupa dapat terlibat.

Selain itu, mungkin diantara sedikit binatang yang mampu lulus dalam tes cermin; apakah binatang mengaku bayangannya sebagai gambar dari dirinya sendiri-bersama dengan simpanse umum, bonobo, orangutan, lumba-lumba Afrika beo abu-abu, gagak, gajah, dan manusia.

Baca juga:
Jenis Burung Merpati/ Dara Berdasarkan Kemampuan Terbang, Ukuran, Bentuk Badan dan Warna Bulu

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak