Pengertian dan Panduan Memilih Merpati Balap

Pengertian merpati balap.

Merpati balap atau masyarakat umum menyebutnya dengan nama merpati aduan merupakan hasil dari pembiakan secara khusus burung merpati  agar memiliki kemampuan terbang lebih cepat, dan insting untuk pulang yang lebih kuat.

Gambar burung merpati balap
Merpati Balap


Panduan memilih merpati balap


Merpati balap banyak digemari masyarakat, entah untuk dikoleksi ataupun juga untuk diikutkan dalam kontes perlombaan. Beriku ini beberapa panduan memilih merpati balap yang dapat Anda coba;

  • Pemilihan piyik hendaknya dari keturunan ras merpati balap sprint jawara, bulu berwarna abu-abu, coklat atau tritis, bermata jernih namun tajam, dan ketika dipegang akan terasa lentur.
  • Untuk kandang, buatlah kandang minimal berukuran 2x1x1 meter. Kandang dan gupon (rumah merpati) upayakan untuk selalu dibersihkan dan dipel setiap hari,agar tidak ada kotoran
  • Jemur merpati setiap pagi antara 2 hingga 3 jam, dan mandikan merpati 1 kali seminggu, dilatih sprint 4 kali dalam seminggu, 
  • Berikan merpati campuran jagung, kacang hijau, dan beras merah untuk makanan sehari-hari, serta berikan vitamin yang diperlukan. Jangan lupa segera berikan obat bila sakit.
  • Merpati yang sakit umumnya memiliki ciri-ciri  yang dapat dilihat dari  warna kotorannya, apakah berwarna putih atau hijau. Penyakit biasanya berawal dari makanan yang kotor saat pergantian musim. Untuk mengobatinya, berikan telur ayam kampung yang dicampur dengan madu kunci serta kolesom setiap 2 hari sekali.
  • Merpati balap sprint jawara hanya boleh berketurunan satu kali satu tahun. Jika lebih dari itu pecahkan saja telurnya bila bertelur. Saat tepat bagi merpati balap jawara untuk berketurunan adalah ketika bulunya rontok (saat istirahat).
  • Jauhkan merpati balap dari merpati liar karena bisa tertular penyakit.
  • Untuk merawat merpati balap, membutuhkan kesabaran, ketelatenan dan totalitas. Jika anda merasa tidak bisa memberikannya, berikan tugas perawatan itu pada orang lain yang bisa anda upah.

Demikian Pengertian dan Panduan Memilih Merpati Balap yang bisa Anda terapkan ketika memutuskan untuk merawat merpati balap. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Jenis Burung Merpati/ Dara Berdasarkan Kemampuan Terbang, Ukuran, Bentuk Badan dan Warna Bulu

0 Response to "Pengertian dan Panduan Memilih Merpati Balap"

Post a Comment

Perayaan Tahunan di Jepang

Seperti halnya di Indonesia yang memiliki kalender event Pariwisata, Jepang juga punya perayaan yang diselenggarakan di sepanjang tahun dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel