9 Tahapan Mendulang Profit dari Facebook

Indonesia dengan 150 juta pengguna facebooknya per tahun 2019 ini merupakan pasar yang sangat menggiurkan bagi para pebisnis, wirausahawan atau bahkan dropshipper sekalipun. Namun untuk membangun sebuah bisnis di mana kita menjadikan facebook sebagai target marketnya, maka ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

cara jualan di facebok
9 Tahapan Mendulang Profit dari Facebook


Berikut ini ada 9 tahapan yang harus dilalui untuk mendulang profit dari facebook yang saya ambil dari intisari bukunya Hermas Puspito, beliau adalah pakar selling dan mentor dari ednovate.

9 Tahapan Mendulang Profit dari Facebook

1. Cari Peluangmu

Ada banyak sekali peluang yang bisa kita manfaatkan di facebook, karena facebook merupakan representasi sosial dari para penggunanya yang tentunya memiliki bermacam-macam kebutuhan. Itu yang harus kita tangkap. Nah, berbicara peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan, kalian bisa membaca artikel yang saya posting sebelumnya: 13 Ide Jualan Paling Menghasilkan di Media Sosial. Kalian bisa memilih ide yang paling sesuai dengan kondisi ada di sekitar kalian.

2. Persiapkan akun

Mempersiapkan akun adalah sangat penting sekali, karena dari akun ini 5 detik pertama yang menentukan akan tercipta. Orang tidak akan tertarik melihat-lihat akun FB kalian bila kalian asal pasang foto profil, atau asal bikin status. Kalian tidak harus memasang foto kalian yang cantik atau ganteng, tapi pasanglah foto yang menarik, elegan dan terlihat profesional. Pasang juga banner "yang menjual" di cover FB kalian, dan tunjukan personal branding kalian.

3. Mulai Membuat Target

Memasang target adalah hal yang penting yang harus kalian lakukan, agar kalian selalu bersemangat dalam menjalankan usaha kalian. Tetapkan berapa target kalian, 10juta per bulankah? 50 juta per bulankah?

4. Perbesar Kolam FB yang tertarget

Ada satu trik yang bisa kalian lakukan ketika ingin memiliki jaringan pertemanan yang tertarget. Jika kalian jualan hijab misalnya, kalian bisa mencari fanspage tentang hijab (milik kompetitor pastinya), nah di setiap postingan di fanspage itu kalian cari daftar orang yang nge-like, lalu tambahkan di daftar pertemanan. Dapat dipastikan bahwa jaringan pertemanan kalian itu tertarget yaitu "penggemar hijab". Lakukan hal ini dengan tekun dan konsisten, tapi jangan pula terlalu agresif, karena bisa ditandai dan diblokir oleh facebook.

5. Posting Konten

Lakukan posting konten dengan selang seling, maksudnya gini, jangan setiap postingan kalian hanya berisi promosi, promosi dan promosi, nanti orang akan cepat jenuh dan akhirnya pergi menjauh. Kalian yang akan rugi. Untuk menyiasatinya lakukan strategi misal dengan 3 kali postingan yang memancing interaksi, baru kalian sisipkan 1 postingan promosi.

6. Membangun interaksi dengan reply dan like

Ini ada hubungannya dengan poin 5, membangun interaksi dengan follower yaitu dengan memposting konten yang bisa memicu orang untuk meninggalkan komentar atau like. Lebih bagus lagi jika postingan itu banyak yang share, itu akan menjangkau lebih banyak lagi audiens.

7. Mulai berjualan

Transaksi penjualan itu akan terjadi bukan hanya karena produk yang bagus, atau promo yang heboh tapi juga karena kedekatan kita dengan calon pembeli. Kita bisa dekat dengan calon pembeli karena adanya interaksi yang dilakukan sebelumnya. Nah jika poin 5 dan poin 6 sudah kalian dapatkan, maka jualan di FB akan relatif lebih mudah karena calon pembeli sudah mengenal dekat dengan kalian..

8. Rencanakan FB dengan matang

Jangan melakukan sesuatu dengan setengah-setengah, begitu juga dengan membangun bisnis di facebook. Lakukan secara all out, terencana dan konsisten.

9. Action dengan konsisten

Konsistensi adalah hal yang sangat penting ketika kita membangun sebuah bisnis di facebook. Kita harus bisa menghilangkan rasa malas dan bosan yang terkadang muncul. Ada 3 hal yang wajib kalian lakukan terkait konsistensi ini yaitu:

  • Konsisten memperbesar kolam prospek
  • konsisten posting status yang bermanfaat 
  • Konsisten membangun interaksi dengan follower
Nah demikian 9 Tahapan Mendulang Profit dari Facebook, untuk penjabaran dan teknis yang lebih lengkap kalian bisa membeli bukunya Hermas Puspito, "10 juta per bulan dari facebook"

Note:
Saya bukan sedang promosi, tapi berhubung ilmu dagingnya saya ambil dari bukunya mas Hermas ya sekalian saya referensikan 😊

0 Response to "9 Tahapan Mendulang Profit dari Facebook"

Post a Comment

Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume Lamaran Pekerjaan

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tahapan  Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume. Sebagian mungkin sudah ada yang t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel