Tips Membeli Durian Yang Sebaiknya Kalian Tahu

Tips Membeli Durian 

Membeli durian itu gampang-gampang susah. Antara penjual yang nakal dan ngasih durian yang jelek saat ketemu pembeli yang awam atau pembelinya sendiri yang memang tidak bisa memilih dan membedakan mana durian bagus mana durian yang jelek. Batas antara keduanya terlalu tipis.

Tips Membeli Durian
Tips membeli durian, photo via tanamanmart.com

Nah agar tidak salah pilih ketika membeli durian, pembeli  harus tau ilmunya. Berikut ini beberapa tips memilih durian, walaupun tidak selalu tepat namun dapat dijadikan pegangan saat membeli durian.

  1. Pilihlah durian yang kelima juringnya terisi sempurna. Jika ada juring yang kosong atau tidak tumbuh secara sempurna, biasanya bentuk buahnya tidak simetris, duri mengecil dan mengumpul.
  2. Periksa seluruh permukaan kulit buah, jangan sampai mendapati lubang bekas gesekan ulat. Umumnya lubang ini memiliki ukuran sebesar kepala jarum pentul dan warna kulit di sekelilingnya menjadi coklat.
  3. Pilih bentuk durian yang bulat dan membola karena umumnya memiliki daging buah yang lebih tebal dibandingkan dengan durian yang memiliki bentuk bulat memanjang.
  4. Jangan membeli durian yang dibungkus daun aren, karena daun tersebut menyembunyikan bagian-bagian yang cacat atau kemungkinan ujung kulit buahnya ternyata sudah merekah sehingga dagingnya sudah masuk angin.
  5. Durian yang masak akan beraroma tajam terutama pada bagian ujung buah.
  6. Durian yang masak ketika dipukul kulitnya menggunakan tangkai pisau akan bersuara blug ..blug..blug, sebaliknya bila buah masih mentah akan berbunyi plek plek plek.
  7. Tangkai durian yang dipotong dengan pisau, menunjukkan buah dipetik sebelum masak. Durian ini baru bisa dimakan setelah diperam selama 2 hingga 3 hari. Durian matang pohon memiliki ciri tangkai buah yang ujung tangkai buahnya tidak rata karena terlepas dari dahannya secara alami.
Demikian tips membeli durian agar kalian tidak salah pilih, karena pastinya kesel kan, sudah beli mahal-mahal tapi dapat durian yang jelek.



Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Durian Yang Sebaiknya Kalian Tahu"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel