Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Arti dan Manfaatnya

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu ibadah yang disunnahkan untuk dijalankan setiap hari Senin dan hari Kamis. Dalam melakukan puasa Senin Kamis, yang terpenting adalah memperkuat niat yakni semata-mata karena Allah. Hadist Riwayat Bukhari dan Abu Daut menyatakan;

 "Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat."


Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Arti dan Manfaatnya

Baca juga: Rukun Puasa, Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Perkara yang Membatalkan Puasa

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Berikut ini niat puasa hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa'ala
Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala

Berikut ini niat puasa hari Kamis


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala
Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala.


Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis  memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa, dan memiliki keunggulan di banding dengan jenis puasa sunnah lainnya. Selain berpahala, puasa Senin Kamis juga memiliki manfaat terhadap kesehatan badan

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh (detoksifikasi)

bacaan niat puasa senin kamis
photo via us.womensbest.com

Puasa Senin Kamis bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh Anda. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh, yaitu dengan berolahraga, selain itu caranya adalah dengan berpuasa. Ketika tubuh berhenti menerima asupan makanan dan minuman minimal dalam waktu sehari, maka racun di dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan efektif.

Pengeluaran racun ini bisa melalui keringat, buang air kecil, atau saat melakukan buang air besar. Jika racun-racun di dalam tubuh Anda telah keluar, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.


2. Mengurangi Kadar Lemak Berlebih di Dalam Tubuh

bacaan niat puasa senin kamis

kolesterol dan jantung merupakan masalah kesehatan yang umumnya disebabkan oleh lemak berlebih di dalam tubuh. Dengan melakukan puasa Senin Kamis maka dapat mengurangi kadar lemak berlebih di dalam tubuh Anda. Dengan demikian, kandungan lemak berlebih akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

3. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

bacaan niat puasa senin kamis

Dengan melakukan puasa Senin Kamis, maka organ tubuh yang selama ini bekerja secara terus menerus memiliki waktu untuk beristirahat, Dengan demikian maka organ di dalam tubuh kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari gangguan penyakit pencernaan seperti masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

bacaan niat puasa senin kamis

Melakukan puasa Senin Kamis  bermanfaat untuk mengatur tingkat gula darah dalam tubuh Anda. Puasa yang Anda jalankan dapat menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi.

Hal tersebut juga akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya adalah tubuh akan mengalami penurunan gula darah. Puasa Senin Kamis juga akan membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang memicu terjadinya penyakit diabetes.

Manfaat puasa akan membantu mengurangi resistensi insulin. Berkurangnya resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga memungkinkan untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel dengan lebih efisien.

5. Menyehatkan Jantung

bacaan niat puasa senin kamis

Puasa Senin Kamis juga bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya Atherosclerosis atau penyumbatan arteri yang disebabkan oleh partikel lemak. Tidak adanya asupan makanan dan minuman selama berpuasa akan memaksa tubuh untuk menggunakan cadangan lemak di dalam tubuh sebagai pengganti energi.

Hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Berkurangnya produksi adrenalin dan non adrenalin juga akan membantu tubuh untuk menjaga metabolisme agar tetap stabil sehingga tekanan darah pun akan ikut turun.

Menjadikan puasa Senin Kamis sebagai ibadah yang rutin dilakukan aka sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung, yaitu dengan membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" LDL dan trigliserida.

6. Melancarkan Metabolisme Tubuh

manfaat puasa senin kamis

Ketika berpuasa, maka kandungan kadar neurotransmiter norepinefirin akan meningkat, sehingga metabolisme tubuh juga ikut meningkat. Dengan berpuasa, tubuh akan terbiasa untuk bertahan berjam-jam tanpa makanan dan minuman, menggunakan sumber lemak, dan mengangkat racun yang ada di dalam tubuh.

Dengan berbuka menggunakan makanan bergizi seimbang, metabolisme akan terbangun ulang dan meningkatkan level energi. Jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat berbuka dan sahur di antaranya adalah buah-buahan yang kaya akan serat, sayuran, gandum, protein tanpa lemak, dan air mineral.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat puasa senin kamis

Puasa Senin Kamis, selain sebagai bentuk ibadah yang berpahala, juga bermanfaat membantu menurunkan berat badan. Dengan metabolisme yang lancar, puasa Senin Kamis bermanfaat untuk penurunan berat badan.

Puasa ternyata lebih efektif daripada pembatasan kalori untuk kehilangan lemak. Puasa sekaligus juga bisa menjaga jaringan otot tetap kuat.

Dengan berpuasa tidak serta merta menurunkan berat badan Anda secara drastis,  namun, apabila Anda berpuasa diimbangi dengan nutrisi yang cukup maka penurunan berat badan dapat dicapai.

Kredit: merdeka.com

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Arti dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel