Free Download Thrive Quiz Builder Wordpress Plugins Plus Tutorial

Thrive Quiz Builder

Thrive Quiz builder merupakan salah satu plugin wordpress yang memiliki beragam fitur keren untuk membuat quiz online. Berbeda dari plugin quiz lainnya, plugin thrive quiz builder ini memungkinan kita untuk membuat pertanyaan yang bercabang dari masing-masing jawaban. Jika pada plugin yang lain pertanyaan disusun urut, maka pada plugin thrive quiz builder ini dari masing-masing jawaban bisa diturunkan pertanyaan yang lain.


Pada gambar di atas, kawan-kawan bisa lihat alur pertanyaan quiz yang bercabang, karena memang plugin Thrive Quiz Builder ini memungkinkan untuk kita membuat quiz online dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks.

Berapa kocek yang harus kawan-kawan keluarkan untuk mendapatkan plugin ini?

Dari laman resmi thrive, untuk single license plugin ini dibandrol harga US$ 67, tapi jangan kuatir, kawan-kawan dapat tinggalin alamat email gmail di kolom komentar, dan saya akan membaginya gratis.

Plugin yang saya miliki bukan versi terbaru, namun memiliki fitur yang sama dan bisa digunakan untuk membuat quiz online ini dengan berbagai variasinya. Karena hal tersebut pula, untuk instalasi plugin ini tidak bisa melalui backoffice wordpress - menu add plugin, namun harus melalui cpanel. Saya akan tunjukkan step by step caranya.


Instalasi plugin Thrive Quiz Builder melalui Cpanel

Langkah awal yang dapat kalian lakukan adalah pergi ke Cpanel, dan login, masuk ke File Manager, kemudian pada public html, klik Go



Dalam contoh kali ini saya akan install pada domain latihansoal.top, dan pergi ke folder wp-content



Dari wp-content, pergilah ke folder plugins



Kemudian klik upload pada bagian atas,


Kemudian kita cari lokasi di mana file plugin thrive quiz builder ini pada komputer kita, lalu pilih select file


Setelah instalasi komplit kembali ke folder plugin pada Cpanel, seperti pada gambar di bawah ini:


Sejauh ini kita telah berhasil mengupload master file plugin thrive quiz builder ke dalam hosting kita, namun file masih berbentuk zip, sehingga kita harus mengekstraknya terlebih dahulu agar terinstall pada backoffice wordpress kita.


Klik extract, lalu extract files


Setelah proses extract selesai, lalu klik close, dan kita telah memiliki plugin thrive quiz builder di dalam wordpress kita

Membuat Soal Online


Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan plugin thrive quiz builder, selesai.

Membuat Soal / Quiz Online



Cara membuat quiz online menggunakan plugin thrive quiz builder

Untuk membuat quiz online, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Masuk ke backoffice wordpress, klik Thrive Dashboard - Thrive Quiz Builder

Belajar Membuat Soal Online

Pilih template quiz yang tersedia, jika build from scratch artinya bikin quiz dari nol, sama sekali dari awal. Jika kalian memilih List Building, erat kaitannya dalam mengumpulkan data email audience, sedangkan pilihan Social Shares, tujuan akhirnya agar quiz bisa dishare ke media sosial.

Belajar Membuat Quiz Online

Selanjutnya adalah beri nama quiz agar mudah diingat, karena nanti kita akan ambil short codenya dan ditempel pada postingan.

Belajar Membuat Soal / Quiz Online


Pilihan evaluasi skor, apakah menggunakan nilai, apakah berupa angka atau pilihan benar salah, ataukah berupa persentase. Kalian bebas menentukan pilihan, di sini saya memilih persentase, klik percentage lalu klik save





Langkah berikutnya adalah memilih template model quiz. Kalian bisa scroll ke bawah untuk menentukan model quiz yang dikehendaki


Setelah memilih model quiz, berikutnya adalah membuat pertanyaan, kalian tarik ke bawah scrollbar-nya. Pada kotak Questions, klik Manage

Untuk membuat pertanyaan klik Add Question;


Pada pilihan soal terdapat 2(dua) macam pilihan yaitu Multiple Choice With Button dan Multiple Choice with Images. Kalian bebas menentukan, dan di sini saya coba pakai multiple choice with button


Okay, kita akan membuat contoh soal sekarang...


Pilihan jawaban, jangan lupa klik save


Ulangi prosesnya jika ingin membuat pertanyaan dan jawaban baru

Hubungkan pertanyaan ke-1 dan ke-2 dengan menarik garis pada bulatan-bulatan di bawah kotak. Kawan-kawan juga dapat membuat kombinasi pertanyaan baru dan dihubungkan dengan masing-masing jawaban.

Balik lagi ke dashboard pengaturan quiz, klik Create A Social Share Badge




Pilih template social share badge yang hendak kalian gunakan, lalu klik Choose Template. Selanjutnya kalian bisa utak atik tampilannya, mengganti gambar background, teks maupun kalimat yang akan digunakan.



Dan step terakhir yang paling penting adalah shortcode. Kalian mau bikin sebanyak dan sebagus apapun tampilan quiz, kalau kalian nggak copy shortcode-nya dan tidak ditaruh di postingan maka quiz kalian tidak akan tampil.



Paste-kan shortcode pada postingan/ artikel, dan update postingan.


Selesai, next artikel saya akan buat tutorial plugin yang lain dan Inshaa Allah saya akan bagikan gratis juga plugin-nya.


Baca juga:
Tutorial Thrive Headline Optimizer Untuk Mendongkrak SEO dan Mendatangkan Pengunjung
Download Gratis dan Review Plugin YOAST SEO PREMIUM

Belum ada Komentar untuk "Free Download Thrive Quiz Builder Wordpress Plugins Plus Tutorial"

Posting Komentar

Meminta Sumbangan Pembangunan Masjid Di Tengah Jalan, Tidak Adakah Cara Yang Lebih Baik?

Artikel ini saya buat sebagai sikap kritis saya atas maraknya penggalangan dana untuk pembangunan masjid yang dilakukan di tengah jalan. Say...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel