Pengalaman Bekerja dan Proses Rekrutmen di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Pada kesempatan yang lalu saya sudah membagikan pengalaman kerja montir di perusahaan HPH, yang saya jalani kurang lebih dua tahun. Dan sebagai kelanjutannya saya akan membagikan pengalaman kerja sebagai maintenance di PT. Showa Indonesia Manufacturing.



PT. Showa Indonesia Manufacturing, perusahaan pembuat Shock Absorber yang berlokasi di Jababeka Industrial Park ini termasuk salah satu perusahaan bonafid yang banyak diincar oleh para pencari kerja. Namun anehnya, di perusahaan otomotif ini saya justru tidak betah, dan hanya bertahan selama tiga bulan.

Proses Rekrutmen di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Saya termasuk beruntung, karena "termasuk mudah" mencari pekerjaan, entah karena dulu suka lelaku puasa mutih atau karena nilai di ijasah STM saya yang bukan kaleng-kaleng, Gubrakk ! bercanda bos:D

Proses rekrutmen di PT. Showa Indonesia Manufacturing saya lewat perusahaan subcont, jadi status kerja saya di Showa juga karyawan Subcont, bukan karyawan asli Showa. Ciri khasnya, kalau karyawan showa murni seragamnya putih polos, sedangkan karyawan subcont ada pelet hijaunya di bagian lengan.


Tes Fisik di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Meskipun karyawan subcont, saya juga menjalani tes fisik di PT. Showa Indonesia Manufaturing. Di depan HRD dan manajer bagian saya akan ditempatkan, saya disuruh berbaris dan buka baju. Cuma itu tok. Intinya mereka mencari ada tatonya atau tidak, dan saya walaupun lulusan STM tapi saya jauh dari tato dan tawuran, jadi aman-aman saja.

Pemeriksaan Kesehatan di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Untuk pemeriksaan kesehatan di Showa, saya jujur lupa, jadi tidak saya jelaskan. Mungkin kalau sekarang pakai ya tidak jauh dari tes visus mata, dan tes buta warna. 

Psikotes di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Bagian ini saya juga lupa, sudah 20 tahun yang lalu, jadi skip aja


Penempatan kerja di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Di PT. Showa Indonesia Manufacturing, saya ditempatkan di bagian maintenance. Jobdesknya nggak jauh dari perbaikan mesin, yang kebanyakan terdiri dari mesin CNC Lathe, sama Drilling. 

Fasilitas di PT. Showa Indonesia Manufacturing

Fasilitas yang diberikan perusahaan untuk karyawan terbilang bagus. Jam 07.00 pagi dapat minum teh manis, lalu jam 09.00 pagi dapat minum susu, kemudian jam 11.00 siang makan siang. Kalau pas lagi lembur jam 19.00 dapat kopi sama roti, itu di luar perhitungan upah lembur ya.

Nah demikian sedikit pengalaman yang dapat saya bagikan saat bekerja di PT. Showa Indonesia Manufacturing. Walau hanya 3 bulan bekerja di Showa, namun saya bisa yakinkan bahwa Showa adalah perusahaan yang bagus untuk dijadikan sandaran bekerja. Sebaliknya, Showa adalah perusahaan dengan rasa Jepang, jadi kalian akan dituntut untuk memiliki etos kerja yang baik sesuai standar Jepang.

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Bekerja dan Proses Rekrutmen di PT. Showa Indonesia Manufacturing"

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur

Apa itu tindihan? Tindihan merupakan suatu kondisi di mana pada saat kita tidur, seolah-olah ada kekuatan yang tidak kasat mata yang meni...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel