Aneka Macam Pembasmi dan Perangkap Tikus, Kelebihan dan Kekurangannya

Tikus merupakan binatang pengerat yang paling menyebalkan, selain sifatnya yang merusak, tikus juga menimbulkan penyakit yang membahayakan, bahkan bisa mengakibatkan kematian  penderitanya. Ya, leptospirosis, penyakit yang dipicu dari kencing tikus ini sangat berbahaya bagi manusia. Jadi jika di rumah Anda ada tikus, sangat dianjurkan untuk membasminya. Bagaimana caranya? kita akan review satu persatu aneka macam alat pembasmi dan perangkat tikus;

Perangkap tikus massal

perangkap tikus efektif
Foto via Lazada.co.id/Wasera
Kelebihan:
  • Sesuai namanya, perangkap ini dapat menangkap beberapa ekor tikus sekaligus, tidak hanya seekor. Saya pernah menangkap 7 ekor tikus sekaligus dalam semalam menggunakan perangkap tikus model ini.
  • Cukup praktis, dan mudah digunakan, Anda tinggal taruh umpan di dalamnya, dan letakkan perangkap pada tempat  yang sering dilewati tikus.

Untuk mematikan tikus yang terperangkap di dalamnya biasanya saya merendamnya dalam air hingga tenggelam. Setelah tikus mati, dikeluarkan dari pintu perangkap pada salah satu sisinya. Pernah juga saya setrum pakai listrik, tapi khusus yang ini tidak saya anjurkan karena sangat berbahaya, alih-alih tikusnya mati, justru Anda yang kena setrum.


Perangkap tikus satuan

perangkap tikus ampuh
Foto via tokopedia.com/bangunanmaterial

Jika dilihat mekanisme kerjanya, cuma bisa menangkap seekor tikus saja. Berbeda halnya dengan perangkap tikus massal yang bisa menangkap tikus 1 keluarga besar.

Kelebihan:
  • Menurut saya biasa saja, karena menurut saya lebih efektif pakai perangkap tikus yang massal.
Kekurangan;
  • Memasang umpannya agak susah, posisi pengait umpan ada di dalam perangkap, dan jika umpan mudah lepas, maka perangkap tikus ini kemungkinan akan gagal menangkap tikus.
  • Perangkap tikus ini bekerja berdasarkan per/ pegas, artinya jika per-nya lemah, kemungkinan tikus untuk meloloskan diri masih bisa.

Perangkap tikus jepit

perangkap tikus jepit
Foto via tokopedia.com/afifasastore
Kelebihan perangkap tikus jepit
  • Anda tidak perlu repot membunuh tikusnya, karena tikus yang tertangkap oleh perangkap tikus ini rata-rata pasti mati.
Kekurangan
  • Tidak cocok untuk Anda yang gelian, jijik-an, karena bagian tubuh tikus yang terjepit perangkap ini akan hancur.
  • Mudah berkarat, karena kena darah atau cairan tikus yang terbunuh oleh perangkap tikus ini.
  • Kata orang tua jaman dulu, kalau perangkap tikus ini udah terkena darah tikus, maka tikus lain enggan mendekat, sehingga efektivitasnya berkurang.


Lem Tikus

perangkap tikus terbaik
Foto via bukalapak.com/hobi-koleksi

Kelebihan lem tikus
  • Sangat praktis, tinggal buka plastik pembungkusnya,dan taruh umpan di tengahnya.
  • Dapet tikus? tinggal tutup papannya, dan buang, mau dipakai ulang juga bisa, asal nggak geli aja saat mengambil tikusnya dari papan lemnya.
Kekurangan lem tikus
  • Harganya lumayan mahal, sekitar Rp.18ribu per papan, kalau dapat tikus cuma seekor ya anggap aja biaya tangkap tikusnya per ekor segitu.
  • Yang ketangkep bukan hanya tikus, tapi juga cicak, kecoa, semut dan binatang lainnya.

Racun tikus

racun tikus ampuh

Untuk saya pribadi, racun tikus ini tidak saya rekomendasikan, walaupun mudah diaplikasikan. Mengapa tidak recommended? karena akan merepotkan Anda ketika mencari bangkai tikusnya. Kita tidak akan pernah tahu tikusnya akan mati di mana. Tapi ini sekali lagi opini pribadi saya. Jika Anda punya pertimbangan lain, ya silahkan.

Nah demikian ulasan mengenai Aneka Macam Pembasmi dan Perangkap Tikus, Kelebihan dan Kekurangannya Apapun pilihan perangkap yang Anda pilih, semoga bisa mengurangi populasi tikus yang ada di  rumah Anda.

Baca juga:

Belum ada Komentar untuk "Aneka Macam Pembasmi dan Perangkap Tikus, Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel