Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Menyetir Jarak Jauh

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Menyetir

Mengantuk ketika sedang menyetir adalah hal yang lumrah, apalagi pada saat menempuh perjalanan jauh yang jaraknya ratusan kilometer. Tiap orang punya cara masing-masing untuk mengatasi rasa mengantuk yang mendera ketika dalam perjalanan. Tidak ada aturan baku untuk mengatasi rasa mengantuk.

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Menyetir


Saya akan share beberapa tips agar tidak mengantuk selama mengemudi dalam perjalanan jarak jauh. Tidak 100% work tapi setidaknya bisa membantu mengatasi rasa kantuk. Karena obat ngantuk sesungguhnya adalah dengan tidur !

Okay, kita mulai..

  1. Hindari perut kenyang ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Sebisa mungkin jangan makan nasi ketika sedang mengemudi jarak jauh, karena kandungan karbohidrat yang mengenyangkan pada nasi akan membuat kantuk datang lebih cepat. Lapar dong? pasti. Untuk itu sediakan camilan ringan untuk mengatasi rasa lapar kita.
  2. Istirahat setiap dua jam sekali. Berhentilah setiap dua jam sekali, dan lakukan olah raga ringan untuk sekedar melepaskan penat. Batas aman mengemudi adalah maksimal 4 jam, artinya jika melebihi 4 jam, kalian harus ganti sopir. Namun jika terpaksa tidak ada sopir pengganti, pada saat mencapai 4 jam mengemudi, lakukan tidur berkualitas selama 10-15 menit untuk me-restart tubuh kalian.
  3. Jangan mengarahkan AC langsung ke muka atau ke badan. Hembusan udara AC hanya akan mempercepat datangnya kantuk. 
  4. Buka sedikit jendela ketika kalian merasa mulai mengantuk untuk mendapatkan udara segar.
  5. Minum kopi akan membantu kalian untuk mengatasi rasa kantuk ketika mengemudi karena kopi mengandung kafein, tapi jangan berlebihan, karena kopi memiliki dampak buruk untuk kesehatan ketika dikonsumsi secara berlebihan.
Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan ketika kalian merasa mengantuk. Lebih baik menepi dan beristirahat sejenak untuk mengembalikan stamina kalian. Keselamatan kalian di perjalanan jauh lebih utama.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Menyetir Jarak Jauh"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel