Apa itu COD dalam Transaksi Jual Beli, Kelebihan dan Kekurangan COD, Jasa Pengiriman Bayar di Tempat

Apa itu COD?

COD atau dalam bahasa bulenya Cash On Delivery merupakan proses tidak terpisahkan dalam proses jual beli. COD merupakan salah satu pilihan kesepakatan metode pembayaran yang ditawarkan penjual kepada pembeli. 

Apa itu COD


Salah Kaprah COD

Jika Anda merupakan mantan kaskuser, mungkin masih ada di benak Anda kalo COD artinya Pembeli dan Penjual bertemu di suatu tempat untuk melakukan transaksi. Misal gini; "Yuk Gan kita COD-an di Taman Puring", maka Anda dan pembeli sepakat bertemu di Taman Puring untuk melakukan transaksi. 

Sebenarnya hal ini keliru, proses COD sendiri yang benar adalah barang di antar ke tempat/ rumah pembeli dan kemudian pembeli membayarkan sesuai harga yang ditetapkan penjual.

Bahasa sederhananya; COD adalah bayar di tempat

Tempat siapa? Tempat pembeli pastinya.


COD memiliki beberapa keuntungan dan kerugian bagi penjualnya, apa sajakah keuntungan dan kerugian sistem COD ini? yuk kita simak satu per satu.


Kelebihan COD

Penjual yang menerapkan COD memiliki peluang lebih besar barangnya dibeli, karena pembeli merasa diuntungkan dengan tidak perlu repot datang ke tempat penjual. Atau jika kita bicara jual beli secara online, khususnya di marketplace seperti Tokped atau neng Sopi, pembeli bisa pesan barangnya dulu dan baru membayar ketika barang pesanan sudah tiba. Penjual yang menerapkan COD barangnya lebih cepat laku dibandingkan dengan penjual yang tidak menerapkan COD.


Kekurangan COD

Dibalik keuntungannya, COD juga punya kelemahan (baca kekurangan) yaitu tidak adanya jaminan yang pasti untuk penjual bahwa barangnya pasti dibayar. Jika jual beli konvensional, Anda sudah capek-capek antar barangnya ke rumah pembeli, ternyata pembeli membatalkan transaksi seenaknya dengan alasan tidak punya uang atau uangnya terpakai atau berbagai alasan lainnya. Anda rugi waktu dan rugi tenaga. Tidak jauh berbeda di jual beli online, barang sudah dikirimkan, ketika tiba di tujuan, pembeli tidak mau menerima dengan berbagai alasan yang tadi telah disebutkan. Artinya, barang yang seharusnya sudah jadi duit, diretur ke penjual, modal mandek tidak bisa berputar karena barang tidak jadi laku.


Jasa Pengiriman Bayar di Tempat/COD

Untuk lebih memudahkan transaksi Anda, beberapa penyedia jasa pengiriman kini menyediakan layanan COD atau bayar di tempat

Jasa pengiriman tersebut antara lain:

  • JNE.
  • JNT.
  • TIKI.
  • POS Indonesia.
  • Ninja Xpress.
  • SiCepat.
Dari ulasan di atas, sekarang Anda bisa menentukan pola pembayaran yang paling tepat untuk transaksi Anda, terlepas apakah transaksi Anda konvensional atau transaksi online melalui marketplace.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu COD dalam Transaksi Jual Beli, Kelebihan dan Kekurangan COD, Jasa Pengiriman Bayar di Tempat"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel